ANALISIS KESUKSESAN WEBSITE KJP.JAKARTA.GO.ID: MODEL DELON AND MCLEAN

research
  • 29 Apr
  • 2024

ANALISIS KESUKSESAN WEBSITE KJP.JAKARTA.GO.ID: MODEL DELON AND MCLEAN

ABSTRAK


Achmad Munandar (11220673), Analisis Kjp.Jakarta.go.id: Model Delon and Mclean.

Teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang pesat dan signifikan dari tahun ke tahun. Pengguna teknologi informasi menikmati banyak kemudahan karenanya. Program KJP (Kartu Jakarta Pintar) memiliki website yang bisa diakses warga Jakarta yang berisi beragam akses informasi resmi terkait KJP. Melalui website tersebut pengguna aplikasi dapat mengakses informasi resmi seputar KJP. Website yang saat ini digunakan tentunya akan selalu membutuhkan pengembangan sistem sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Penelitian ini bertujuan melakukan
analisa tingkat kesuksesan website kjp.jakarta.go.id dengan menggunakan metode De-Lone and McLean yang terdiri dari enam variabel yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kegunaan, kepuasan pengguna, manfaat bersih dianggap sebagai salah satu ukuran keberhasilan sistem informasi yang paling penting, dan merupakan sejauh mana kontribusi system informasi terhadap keberhasilan berbagai pemangku kepentingan, baik positif maupun negatif. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan yaitu terdapat pengaruh positif dan negatif dari masing-masing variabel. Terdapat 5 variabel eksogen positif dan berpengaruh signifikan, karena kelima variabel tersebut memiliki nilai T statistic lebih dari 1,66 yaitu K (Kegunaan) terhadap MB (Manfaat Bersih) memiliki nilai 4,939. KL (Kualitas Layanan) terhadap K (Kegunaan) memiliki nilai 4,314. KL (Kualitas Layanan) terhadap KP (Kepusaan Pengguna) memiliki nilai 4.915. KP (Kepuasan Pengguna) terhadap MB (Manfaat
Bersih) memiliki nilai 2.334. KS (Kualitas Sistem) terhadap KP (Kepuasan Pengguna) memiliki nilai 2,768. Sedangkan terdapat tiga variabel bernilai negative karena variabel tersebut memiliki nilai T statistic kurang dari 1,66 yaitu KI (Kualitas Informasi) terhadap K (Kegunaan) memiliki nilai 0,106, KI (Kualitas Informasi) terhadap KP (Kepuasan Pengguna) memiliki nilai 1,356. KS (Kualitas Sistem) terhadap K (Kegunaan) memiliki nilai 0.908.

Unduhan

  • Combaine_PDF.pdf

    ACHMAD MUNANDAR

    •   diunduh 100x | Ukuran 1,056 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] A. A. Purwati, Z. Mustafa, and M. M. Deli, “Management Information System in Evaluation of Bca Mobile Banking Using Delone and Mclean Model,” Journal of Applied Engineering and Technological Science, vol. 2, no. 2, pp. 70–77, 2021, doi: 10.37385/jaets.v2i2.217.

[2] R. Febriani and K. Kunci, “Sistem Informasi Penjualan Alat Ukur Jalan pada CV. Elektra dengan PHP dan MySQL,” Jurnal Ilmiah Komputasi, vol. 19, no. 4, pp. 483–494, 2020, doi: 10.32409/jikstik.19.4.155.

[3] A. Mustopa, S. Agustiani, S. K. Wildah, and M. Maysaroh, “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Perspektif, vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2020, doi: 10.31294/jp.v18i1.7413.

[4] . Shunhaji, A. Z. Sarnoto, and I. Taufikurrahman, “Implementasi
Kebijakan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di MI Tarbiyatul Islamiyah Jakarta Selatan,” Alim | Journal of Islamic Education, vol. 1, no. 2, pp. 251–276, 2019, doi: 10.51275/alim.v1i2.140.

[5] R. Damiaza and D. Fitrianah, “Prediction Analysis of Kartu Jakarta Pintar (KJP) Awardees in Vocational High School XYZ Using C4.5 Algorithm,” Int J Mach Learn Comput, vol. 10, no. 1, pp. 44–50, 2020, doi: 10.18178/ijmlc.2020.10.1.896. 

[6] Y. S. Ruman, “Inklusi Sosial dalam Program Kartu Jakarta Sehat (KJS) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP) di DKI Jakarta,” Humaniora, vol. 5, no. 1, p. 113, 2014, doi: 10.21512/humaniora.v5i1.2989. 

[7] D. Andriyanto, F. Said, F. Titiani, and E. Erni, “Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean,” Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 23, no. 1, pp. 43–48, 2021, doi: 10.31294/p.v23i1.10018.

[8]E. N. Rizaly and A. Rahman, (http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp) “Ainara-LPPIP Pengembangan Sistem
Informasi Pariwisata Berbasis Website Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Potensi Daerah Kabupaten Dompu,” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pariwisata, vol. 1, no. 1, pp. 29–38, 2021.

[9] A. Novitasari and T. Sutabri, “Analisi Kualitas Layanan Website Bkpsdm Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual,” Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, vol. Vol. 1, no. No. 2, pp. 88 94, 2023. 28 29

[10] S. Sarbaini, Z. Zukrianto, and N. Nazaruddin, “Pengaruh Tingkat Kemiskinan Terhadap Pembangunan Rumah Layak Huni Di Provinsi Riau Menggunakan Metode Analisis Regresi Sederhana,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, vol. 1, no. 3, pp. 131–136, 2022, doi: 10.55826/tmit.v1iiii.46.

[11] W. Agustin, U. Rio, R. Muzawi, T. Nasution, and D. Haryono, “Penguatan Pengelolaan Website Desa Untuk Meningkatkan Layanan Administrasi Kependudukan di Desa Pasir Baru Rokan Hulu,” Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 8–17, 2021, doi: 10.25008/abdiformatika.v1i1.132.

[12] V. Julianto, A. Suprianto, Y. Prastyaningsih, and W. Yuliyanti, “Pelatihan Pembuatan Dan Pengelolaan Website Sekolah Sebagai Media Informasi Untuk Operator Sekolah Se-Kecamatan Batu Ampar,” Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 62–67, 2021, doi: 10.59458/jwl.v1i2.14.

[13] N. A. Suryandaru and E. W. Setyaningtyas, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas IV,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 6040–6048, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1803.

[14] I. Salamah, L. Lindawati, M. Fadhli, and R. Kusumanto, “Evaluasi
Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode
Webqual 4.0,” Jurnal Digit, vol. 10, no. 1, p. 1, 2020, doi:
10.51920/jd.v10i1.151. 

[15] Kjp.jakarta.go.id, “No Title.”

[16] N. Suparman and A. Rozali, “Efektivitas Seleksi Kartu Jakarta Pintar Plus Dengan Mekanisme Baru Pada Dinas Pendidikan P4Op Dki Jakarta Tahun 2020,” Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, vol. 20, no. 1, pp. 70–83, 2022, doi: 10.54783/dialektika.v20i1.35.

[17] R. S. A. Indrapuri, “Language Learning Strategies Used by the Students and Their Achievement in English Subject ( a Case Study of Students Who Possess Kartu Jakarta Pintar at SMK Jakarta Pusat I ),” pp. 622–629, 2023.

[18] H. N. Sabeh, M. H. Husin, D. M. H. Kee, A. S. Baharudin, and R. Abdullah, “A Systematic Review of the DeLone and McLean Model of Information Systems Success in an E-Learning Context (2010-2020),” IEEE Access, vol. 9, pp. 81210–81235, 2021, doi: 10.1109/ACCESS.2021.3084815.

[19] N. Seliana, A. I. Suroso, and L. N. Yuliati, “Evaluation of E-Learning Implementation in the University Using Delone and Mclean Success Model,” Jurnal Aplikasi Manajemen, vol. 18, no. 2, pp. 345–352, 2020, doi: 10.21776/ub.jam.2020.018.02.15. 30

[20] K. Çelik and A. Ayaz, “Validation of the Delone and McLean information systems success model: a study on student information system,” Educ Inf Technol (Dordr), vol. 27, no. 4, pp. 4709–4727, 2022, doi: 10.1007/s10639 021-10798-4.

[21] M. B. Yel, S. Sfenrianto, and R. D. Anugrah, “Using DeLone and McLean model for evaluating an e-commerce website,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 725, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/725/1/012108.

[22] A. Purwanto, M. Asbari, and T. I. Santoso, “Analisis Data Penelitian Marketing: Perbandingan Hasil,” Journal of Industrial Engineering & Management Research, vol. 2, no. 4, pp. 216–227, 2021.

[23] S. Iqbal, J. M. Martins, M. N. Mata, S. Naz, S. Akhtar, and A. Abreu, “Linking entrepreneurial orientation with innovation performance in smes; the role of organizational commitment and transformational leadership using smart pls-sem,” Sustainability (Switzerland), vol. 13, no. 8, pp. 1–18, 2021, doi: 10.3390/su13084361.

[24] A. Purwanto, M. Asbari, T. I. Santoso, D. Sunarsi, and D. Ilham, “Education Research Quantitative Analysis for Little Respondents,” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 335–350, 2021, doi: 10.30605/jsgp.4.2.2021.1326.

[25] H. Mohd Thas Thaker, A. Khaliq, A. Ah Mand, H. Iqbal Hussain, M. A. Bin Mohd Thas Thaker, and A. Bin Allah Pitchay, “Exploring the drivers of social media marketing in Malaysian Islamic banks: An analysis via smart PLS approach,” Journal of Islamic Marketing, vol. 12, no. 1, pp. 145–165, 2021, doi: 10.1108/JIMA-05-2019-0095.

[26] V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.

[27] K. J. Atmaja and I. N. S. Wahyu Wijaya, “Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (E-Kuesioner) Stmik Stikom Indonesia,” JST (Jurnal Sains dan Teknologi), vol. 8, no. 1, pp. 55–64, 2019, doi: 10.23887/jst undiksha.v8i1.17290.

[28] R. J. Angelina, A. Hermawan, and A. I. Suroso, “Analyzing E-Commerce Success using DeLone and McLean Model,” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. 5, no. 2, p. 156, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.2.156-162.