Deni Kristiyanto (11220743), Penerapan Metode Design Thinking Untuk Perancangan UI UX Pada Aplikasi Go Imunisasi.
Imunisasi merupakan hal yang sangat penting bagi anak-anak, namun kendala saat antrian imunisasi di rumah sakit atau di puskesmas menjadi masalah bagi setiap orang tua. Selain mengahabiskan waktu yang cukup lama dan juga membutuhkan tidak sedikit effort, jarak dari rumah ke tempat imunisasi juga menjadi masalah tersendiri, belum lagi ketika sudah sampai di tempat imunisasi namun ketersediaan vaksin yang tidak ada menyebabkan calon pasien harus mencari tempat imunisasi yang baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media baru yang memudahkan orang tua atau calon pasien dalam memberikan imunisasi kepada anaknya dengan mengunakan metode design thinking yang memiliki beberapa proses yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test pada pengguna. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan perancangan tampilan aplikasi Go Imunisasi ini dapat mempermudah orang tua dalam memberikan imunisasi kepada anaknya yang bisa dilakukan dirumah tanpa harus mengantri dirumah sakit atau puskesmas sehingga lebih praktis dan menghemat waktu, selain itu juga bisa mendapatkan kepastian ketersediaan vaksin.
Kata kunci: Perancangan, Imunisasi, Design Thinking, User Interface dan User Experience
11220743 Deni Kristiyanto
[1] F. N. Hanum, F. Maulida, and L. Suryani, “Upaya Peningkatan Pemahaman Masyarakat melalui Penyuluhan Pentingnya Imunisasi pada Anak Usia Sekolah,” Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 306–310, Oct. 2022, doi: 10.24036/abdi.v4i2.319.
[2] H. Milaenia Fitri and M. Hidayati, “Pengaruh Lama Waktu Tunggu Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Waringinkurung,” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 1, no. 12, pp. 1789–1795, Dec. 2021, doi: 10.36418/cerdika.v1i12.262.
[3] G. Nabila and S. Wahyuni, MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas. 2022.
[4] N. Aulia, S. Andryana, and A. Gunaryati, “User Experience Design Of Mobile Charity Application Using Design Thinking Method,” SISFOTENIKA, vol. 11, no. 1, p. 26, Dec. 2020, doi: 10.30700/jst.v11i1.1066.
[5] www.halodoc.com, “Apa itu Imunisasi?”
[6] www.organisasi.org, “ARTI DEFINISI/PENGERTIAN IMUNISASI, TUJUAN, MANFAAT, CARA DAN JENIS IMUNISASI PADA MANUSIA.”
[7] ayosehat.kemkes.go.id, “Seputar Imunisasi.”
[8] M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” 2020. [Online]. Available: https://my.cic.ac.id/.
[9] H. Himawan, “Buku_InterfaceUSERExperience_MangarasYanuF,” 2020.
[10] R. Dewi Mentari Mekarsari Loman, “Perbandingan Proses Perancangan UI/UX Secara Teori dan Praktik Saat Internship di Eyesimple Creative Studio,” 2022.
[11] I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, Jun. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.
[12] sokrates.id, “Proses design thinking.”
[13] Arsanti Atifah, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN UI DAN UX PADA APLIKASI NGAJI YUK,” 2022.
[14] D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[15] Yasermi Syahru and J. Bahasa Rupa, “PENERAPAN DESIGN THINKING PADA MEDIA KOMUNIKASI VISUAL,” Online, 2019. [Online]. Available: http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa
[16] A. Primawati and A. Paramita, “Analisis Rancang Bangun Sistem Informasi Status Imunisasi (Sisi) Online.”
[17] A. Ar Razi et al., “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENANGANAN LAPORAN KEHILANGAN DAN TEMUAN BARANG TERCECER,” Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 03, no. 02, 2018, [Online]. Available: http://bit.do/demandia
[18] www.linkedin.com/in/darmawanrdipo/, “Tahapan dalam Design Thinking.”
[19] A. A. Krishnavarty, M. Defriani, and T. I. Hermanto, “UI/UX Design for Language Learning Mobile Application Chob Learn Thai Using the Design Thinking Method,” SinkrOn, vol. 7, no. 3, pp. 1044–1053, Aug. 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i3.11585.
[20] N. H. Zain, I. C. Sayekti, and R. Eryani, “Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1840–1846, Jun. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1051.
[21] M. Agusta and N. Letuna, “INSTRAGRAM SEBAGAI MEDIA EDUKASI VAKSIN COVID-19 DI INDONESIA,” 2020. [Online]. Available: https://covid19.go.id/p/hasil-
[22] Swarnadwitya, “PEMANFAATAN LIMBAH BATIK SISA FASHION DI CIREBON Jurnal Teknologi dan Desain Volume 2 Nomor 2 Januari 2021 | 105,” 2020. [Online]. Available: www.eduhivecreativestudio.com,
[23] www.gramedia.com, “Pengertian Kuesioner.”
[24] D. Haryuda Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “PERANCANGAN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS WEB PADA LAPORTEA COMPANY,” 2021.
[25] https://measuringu.com, “Table SUS.”
[26] www.researchgate.net, “acceptability, grade scale, dan adjective rating.”