CV. Rencang Karya Cibitung merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi atau penyedia di sektor industrial yang saat ini berfokus pada pendistribusian produk APD dan K3. Akan tetapi, selama ini penjualan produknya masih melalui cara konvesional yaitu penjualan hanya kepada customer yang sudah terdaftar di sistem perusahaan tersebut. Sistem tersebut dirasa masih kurang terutama dalam cakupan pemasaranya dan juga kurang efisien di era teknologi modern ini. Perusahaan membutuhkan sebuah pembaharuan sistem yang dapat mendongkrak pemasaran serta menghubungkan customer secara langsung, maka diperlukan solusi untuk merancang desain antar muka dengan menggunakan metode design thingking, mengumpulkan atribut pengguna menggunakan tools user persona, serta melakukan pengujian UX (user interface) menggunakan usability testing. Pengujian yang dilakukan menggunakan usability testing dimana setiap responden diberikan link prototype, lalu menggunakan secara langsung sistem yang dibuat. Hasil pengujian prototype mendapatkat hasil skor 81,5 yang termasuk dalam katagori B “excelent” yang mempresentasikann kemudahan pengguna dalam penggunaan sistem ini. Berdasarakan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibuat dapat digunakan sebagai terobosan baru untuk memperluas pemasaran.
11190271 - PURWONO RAHARJO
[1] L. Yana Siregar, M. Irwan Padli Nasution Prodi Manajemen, and U. Negeri Islam Sumatera Utara, “HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis DEVELOPMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY ON INCREASING BUSINESS ONLINE,” vol. 2, no. 1, pp. 71–75, 2020, doi: 10.30606/hjimb.
[2] D. Herawan, “DESIGN THINKING APPROACHES IN DEVELOPMENT OF INDONESIA HIGHER EDUCATION STARTUP,” 2019. [Online]. Available: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/jobs
[3] K. Angelina, E. Sutomo, and Nurcahyawati Vivine, “10. Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking 70-78,” Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking Sales Application UI UX Design by Aligning Business Needs using Design Thinking Approach, 2023, doi: 10.38204/tematik.v9i1.915.
[4] E. C. Shirvanadi, M. Idris, S. Kom, and M. Kom, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center).”
[5] D. A. Dermawan, I. G. P. , D. Alif Gunawan, A. Buditjahjanto, I. G. A. S. Sidhimantra, and H. Z. Fahmi, USER INTERFACE DESAIN, Cetakan 1 Mei 2023., vol. 21 x 29,7 cm. klaten, Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha, 2023.
[6] Jubilee Digital, Desain UI/UX dengan Figma. Jubilee Digital, 2023.
[7] R. Pramudita, R. W. Arifin, A. Nurul Alfian, and N. Safitri, “PENGGUNAAN APLIKASI FIGMA DALAM MEMBANGUN UI/UX YANG INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK TASIKMALAYA,” Shilka Dina Anwariya, vol. 3, no. 1, 2021, [Online]. Available: www.youtube.com,
[8] S. T. , M. T. Alvianus Dengen, APLIKASI MOBILE?: PENGIDENTIFIKASI NYAMUK MALARIA, vol. 14,5 x 21 cm. Penerbit Adab, 2022.
[9] S. T. , M. T. Eddy Tungadi, S. ST. , M. Eng. Muhammad Nur Yasir Utomo, and S. T. , PG. Dipl. B. M. Com. I. Ph. D. Irfan Syamsuddin, Desain dan Pemrograman Web, Cetakan 1, 2022., vol. 15,5 x 23 cm. Yogyakarta: Nas Media Pustaka, 2022.
[10] D. L. Wahyudin, Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, 2020.
[11] S. Kom. , M. K. Virdyra Tasril, S. Kom. , M. K. Ade Rizka, S. Psi. , M. P. Munisa, and Siti Dewi Murni, KECANDUAN GADGET Dengan Pendekatan Lean Ux. Pasaman Barat, Sumatera Barat: CV Azka Pustaka, 2023.
[12] Sabil Husein Ananda, “Metode_Design_Thinking_untuk_Inovasi_Bisnis,” vol. 15,5 x 23,5 cm, pp. 1–118, Oct. 2018.
[13] I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, Jun. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.
[14] U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “SYSTEM USABILITY SCALE VS HEURISTIC EVALUATION: A REVIEW,” Jurnal SIMETRIS, vol. 10, no. 1, 2019.
[15] D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[16] G. Nabila and S. Wahyuni, MDP STUDENT CONFERENCE (MSC) 2022 Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas.
[17] C. S. Surachman, M. Riyan Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in.”
[18] Z. Aulia, P. Prasetyo, O. Virgantara Putra, and T. Harmini, “Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Situs Olah-Oleh TPS3R Kota Batu.” [Online]. Available: https://journals.upiyai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/issue/archive
[19] M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, and M. H. Aufan, “PERANCANGAN UI/UX SEMARANG VIRTUAL TOURISM DENGAN FIGMA,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 4, no. 1, pp. 43–52, Aug. 2022, doi: 10.21580/wjit.2022.4.1.12079.
[20] D. Kembara, “PERSEPSI PELANGGAN TENTANG PRODUK DAN HARGA DI CV. RENCANG,” Bekasi, 2018.
[21] S. Pd. , M. Si. , dkk. Hardani, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, vol. 15,5 x 23 cm. Kalangan Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu, 2020.
[22] lia S. Anggraini and K. Nathalia, DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Dasardasar panduan untuk pemula), Cetakan VII, 2020., vol. 17,5 x 25. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia, 2020.
[23] R. F. Sunartama, P. Sukmasetya, and M. Maimunah, “Implementasi Design Thinking pada UI/UX Bank Sampah Digital Banjarejo Berbasis Android,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 10, no. 2, p. 590, Apr. 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i2.6078.
[24] A. F. FATIMAH, “ANALISA DAN DESAIN KEMBALI UI/UX APLIKASI MARKETPLACE UMKM DIGIDESA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING TUGAS" AKHIR,” 2021