Dompet digital adalah salah satu dari banyaknya jenis fintech yang berkembang cukup pesat saat ini. Dompet digital merupakan suatu alat pembayaran digital yang menyerupai dompet asli. Dengan penggunaan dompet digital para penggunanya kini dapat melakukan segala jenis pembayaran dengan cepat dan mudah baik transaksi yang dilakukan secara online naupun offline. Untuk itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan kenyamanan dan kepuasan dari para penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat (rate) rata – rata yang didapatkan, apakah sudah memenuhi standar dari kelima aspek usability testing yang ada. Pada penelitian ini melibatkan 51 responden ShopeePay, 52 responden GoPay, dan 47 responden Dana yang berdomisili di DKI Jakarta. Berdasarkan hasil dari penelitian yang ada dapat disimpulkan tingkat (rate) usability testing yang ada pada ketiga aplikasi dompet digital tesrebut menjelaskan bahwa, dompet digital shopeepay termasuk kategori Sangat Baik dengan nilai skor rata – rata sebesar 4.35, sedangkan untuk aplikasi Gopay dan DANA termasuk kategori Baik dengan skor nilai rata – rata yang diperoleh dompet digital Gopay sebesar 3.98 dan DANA sebesar 4.16. Hal ini menunjukan bahwa pengalaman para pengguna terhadap ketiga aplikasi tersebut sudah memenuhi kelima aspek pada usability testing antara lain : learnability, memorability, efficiency, errors dan satisfactions
11190178 - KEZIA WIDYANA
[1] R. Dwi Pambudi, “Perkembangan Fintech Di Kalangan Mahasiswa Uin Walisongo,” 2019. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony
[2] A. L. Afriani and K. Hayati, “Analisis Faktor-Faktor Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Melalui Technology Acceptance Model (Tam),” J. Komunikasi, Masy. dan Keamanan, vol. 4, 2022.
[3] Admin, “Fasilitasi Pembayaran Online Melalui E-Wallet di Website,” duitku.com, Mar. 08, 2022.
[4] D. A. Putri, “Pengujian Usability Aplikasi pada E-Wallet dengan Menggunakan Metode System Usabilty Scale,” SMATIKA J., vol. 12, no. 01, pp. 114–122, Jul. 2022, doi: 10.32664/smatika.v12i01.682.
[5] V. Rinaldy Leonard, B. Zaman, S. Bahri, T. Informatika, and S. Kharisma Makassar, “Perancangan Ulang Ui/Ux Pada Website Lelangyuk Menggunakan Pendekatan User Centered Design,” Jtriste, vol. 9, no. 1, pp. 31–45, 2022, [Online]. Available: https://lelangyuk.com
[6] Ani Mardatila, “Pengertian Teknologi Informasi, Fungsi, Tujuan,Serta Manfaatnya,” Merdeka.com, Dec. 08, 2022.
[7] A. Taufik, S. Kom, M. Bernadus Gunawan Sudarsono, and M. Kom, Pengantar Teknologi Informasi. 2022.
[8] D. Rianto Rahadi, Financial Technology. 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/354521803
[9] Y. Y. Yuningsih, G. Raspati, and A. Riyanto, “Jurnal Mirai Management Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Technology Terhadap Keberlangsungan Usaha Pelaku UMKM,” vol. 7, pp. 531–540, 2022.
[10] M. Riadi, “Fintech (Financial Technology),” kajianpustaka.com, Apr. 27, 2022.
[11] S. Efendi and B. A. Keliat, “Pencegahan Kekambuhan Klien Skizofrenia Berbasis Mobile Apps dan Mobile Web: Systematic Review,” J. Penelit. Kesehat. “SUARA FORIKES” (Journal Heal. Res. “Forikes Voice”), vol. 11, p. 10, Mar. 2020, doi: 10.33846/sf11nk202.
[12] Suktami and S. E. Pitri, “Aplikasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan Dukungan SMS Gateway Pada SMK KRIDAWISATA Bandar Lampung,” J. Inf. dan Komput., vol. 6, pp. 23–23, 2018.
[13] V. D. Ramadhanty, R. Indra Permana, B. Rida, S. Fauzia, and N. A. Rakhmawati, “312 Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi Analisis Faktor Penggunaan Dompet Digital Di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Surabaya,” 2021, [Online]. Available: http://jurnal.mdp.ac.id
[14] L. T. H. Hutami, “Intensi Penggunaan Electronic Wallet Generasi Millenial Pada Tiga StartUP ‘Unicorn’ Indonesia Berdasarkan Modifikasi TAM”.
[15] T. Wahyuningrum, “Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak.” 2021. Accessed: Jul. 08, 2023. [Online]. Available: https://repository.ittelkompwt.ac.id/7797/1/Mengukur usability perangkat lunak.pdf
[16] G. F. Garant, “Analisa Pengaruh User Experience Terhadap Customer Loyalty Dengan Trust Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Digital Payment Dana”.
[17] S. D. Puspitasari, “Analisis Usability Pada Aplikasi Microsoft Word Berdasarkan Model Nielsen.”
[18] M. Hertzum, Usability Testing: A Practitioner’s Guide to Evaluating the User Experience, vol. 1, no. 1. 2020. doi: 10.2200/S00987ED1V01Y202001HCI045.
[19] Y. Nurhadryani, S. K. Sianturi, I. Hermadi, and H. Khotimah, “Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile Usability Testing to Enhance Mobile Application User Interface”, [Online]. Available: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jika
[20] M. Yusuf1, A. Rachmadi2, and R. I. Rokhmawati3, “Evaluasi Desain Antarmuka Pengguna Website Kabupaten Blitar Menggunakan Metode Usability Testing (Studi Pada Dinas Pemerintahan Kabupaten Blitar),” 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[21] “Jakob Nielsen - Usability Engineering-AP Professional (1993).pdf.”
[22] Y. Dwi Wijaya, I. Bagas Kurniawan, Z. Jauhari Wahid, and J. Timur, “Evaluasi Aplikasi Pencarian Bakat ‘APIK’ Dengan Menggunakan Usability Testing,” J. IT CIDA, vol. 4, no. 1, 2018.
[23] J. Sains, D. Teknologi, P. Sukmasetya, A. Setiawan, and E. R. Arumi, “Penggunaan Usability Testing Sebagai Alat Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi”.
[24] N. A. Murti, “Analisis Usability Testing Pada Aplikasi Transportasi Online Untuk Mengukur Kepuasan Pengguna,” Sist. Inf. |, vol. 7, no. 1, pp. 19–24, 2020.
[25] W. Ginting and I. M. Sudarma, “Analisis Usability Aplikasi Sistem Informasi Destinasi Wisata Pulau Ambon Berbasis Android”, doi: 10.25126/jtiik.202072775.
[26] Y. Sriyeni, M. I. Mi’raj, and M. Veronica, “Evaluasi Kualitas Aplikasi Smartkit Menggunakan Metode Usabilty Testing.”
[27] J. Shadiq and D. Tjahjadi, “Kepuasan pelanggan dan minat beli ulang serta dampaknya pada loyalitas penggunaan transportasi secara online,” Informatics Educ. Prof., vol. 3, no. 1, pp. 99–108, 2018.