Sistem Informasi Reservasi Workspace Berbasis Web Pada PT. Snapindo Waralaba Sukses (SNAPY) Jakarta Dengan Metode Waterfall

research
  • 30 Oct
  • 2023

Sistem Informasi Reservasi Workspace Berbasis Web Pada PT. Snapindo Waralaba Sukses (SNAPY) Jakarta Dengan Metode Waterfall

ABSTRAK

Rahmat Hadi Riyanto (11213179), “Sistem Informasi Reservasi Workspace Berbasis Web Pada PT. Snapindo Waralaba Sukses (SNAPY) Jakarta Dengan Metode Waterfall”.

Perusahaan yang melayani pembuatan, pencatakan, penyewaan komputer dan penyewaan workspace salah satunya adalah PT. Snapindo Waralaba Sukses atau lebih dikenal dengan Snapy. Dalam sistem yang berjalan yang terjadi adalah adanya antrian penyewaan workspace oleh pelanggan. Dengan pelanggan yang melebihi
kapasitas akan menimbulkan permasalahan pada antrian karena jumlah pelanggan yang datang melebihi jumlah fasilitas pelayanan yang disediakan. Selain itu proses reservasi juga cukup merepotkan bagian penyewaan workspace karena pelanggan harus datang langsung ke PT. Snapindo Waralaba Sukses (Snapy) dan juga sering melakukan pemesanan secara mendadak. Disamping itu reservasi penyewaan workspace dilakukan tanpa komputerisasi. Berdasarkan uraian penjelasan diatas untuk dapat meningkatkan layanan reservasi penyewaan workspace pada PT. Snapindo Waralaba Sukses (Snapy), memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai layanan jasa yang disediakan PT. Snapindo Waralaba Sukses (Snapy) dan memberikan kemudahan kepada bagian penjualan jasa dalam melakukan proses pengolahan data, pencarian data sampai dengan pembuatan laporan, diperlukan sebuah media atau sistem informasi berbasis website yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh PT. Snapindo Waralaba Sukses (Snapy). Model pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Waterfall.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] S. Zuhri, A. H. Hasya, and R. A. Nastiti, “Desain Meja Kerja Multi Fungsi Sebagai Penunjang Kualitas Kerja,” J. Envirotek, vol. 14, no. 1, pp. 19–25, 2022.

[2] W. A. Sholikhah, F. Pradana, and S. Sutrisno, “Pengembangan Sistem Informasi dan Pemesanan Co-Working Space berbasis Web (Studi Kasus EZO Space Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 1112–1118, 2021.

[3] A. S. Rosa and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Revisi. Bandung: Informatika, 2018.

[4] C. Purnama, Sistem Informasi Manajemen, vol. 2, no. 1. Mojokerto: Insan Global, 2016.

[5] J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

[6] Mulyadi, Sistem Akuntansi, 4th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2016.

[7] M. B. Romney and Steinbart, Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat, 2015.

[8] S. Setiani, S. Herlambang, and L. J. Tjung, “Strategi Pengelolaan Coworking Space Untuk Menghadapi Persaingan Bisnis (Objek Studi: Conclave Wijaya, Kelurahan Petogongan. Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan),” J. Sains, Teknol. Urban, Perancangan, Arsit., vol. 2, no. 2, p. 2851, 2020, doi: 10.24912/stupa.v2i2.8881.

[9] F. E. Ngoranmele, A. Sasmito, and A. D. Susanti, “Kantor Sewa dengan Pendekatan Konsep Ruang Kerja Bersama (Rental Office with Co-Working Space Concept Aprroach),” J. Archit., vol. 6, no. 1, pp. 3–6, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AS/article/view/1451%0Ahttp://jurnal.unpand.ac.id/index.php/AS/article/download/1451/1415.

[10] S. Ipnuwati, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Minak Singa,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 4, no. 2, pp. 12–20, 2014, doi: 10.36448/jsit.v4i2.536.

[11] A. Sukmaidrayana and R. Sidik, “Aplikasi Grosir Pada Toko RSIDIK Bungursari Tasimalaya,” J. Manaj. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 1–30, 2017, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

[12] M. Susanti, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pasar Minggu Jakarta,” J. Inform., vol. 3, no. 1, pp. 91–99, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/304.

[13] S. Bakhri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sembako Menggunakan Model Waterfall (Studi Kasus : Koperasi Karyawan PT. Frisian Flags,” J. KHATULISTIWA Inform., vol. 3, no. 1, pp. 70–82, 2015. [14] P. Sutopo, D. Cahyadi, and Z. Arifin, “Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, p. 23, 2018, doi: 10.30872/jim.v11i1.199.

[15] B. Santoso and B. O. Lubis, “Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Koleksi Museum Sejarah Jakarta Berbasis pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,” in Sintak 2019, 2019, pp. 145–157.

[16] S. Supriady and N. G. Ginasta, “Rancang Bangun Aplikasi Penyewaan Coworking Space Berbasis Web,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 3, pp. 123–127, 2022.