SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN E-COMMERCE TERBAIK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

research
  • 24 May
  • 2023

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN E-COMMERCE TERBAIK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Permasalahan yang sering terjadi di e-commerce seperti pada sistem  pembayaran, kualitas produk yang sangat tidak bagus, meragukan kepercayaan atas pelanggan sehingga terjadi kejadian yang tidak diinginkan, kurang nya promosi, tampilan serta fitur yang masih kurang lengkap. membuat pelanggan kecewa atas permasalahan tersebut, sehingga pelanggan belum bisa menentukan e-commerce terbaik untuk mereka gunakan sehari-hari. Dilakukan penelitian dengan studi banding ke beberapa e-commerce yaitu, Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, Jd.Id, dan Zalora lalu melakukan analisis data untuk mencari kriteria alternatif dari masing-masing e-commerce. Bertujuan untuk memberikan solusi dalam pengambilan keputusan kepada masyarakat yang menggunakan e-commerce dengan menerapkan sistem pendukung keputusan menentukan e-commerce terbaik menggunakan metode weighted product. Weighted product sendiri merupakan metode pengambilan keputusan dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating atribut dimana rating setiap atribut dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. didapatkan hasil yaitu shopee menjadi e-commerce terbaik di peringkat pertama, di peringkat kedua ada Tokopedia, dan di peringkat ketiga ada Zalora. Penerapan metode wp digunakan untuk memberikan alternatif keputusan terbaik dalam menentukan e-commerce terbaik. proses penentuan keputusan dilakukan perhitungan dengan metode weighted product dimulai menentukan nilai kriteria dan alternatif, perbaikan bobot, perhitungan vektor S, vektor V, pemberian rangking. dimana hasil dengan nilai tertinggi merupakan nilai yang di pilih sebagai peringkat pertama dan menyatakan e-commerce tersebut yang terbaik yang di rekomendasikan untuk dipilih.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] R. Sistem, S. Kasus, and A. Jayanusa, “Jurnal Resti Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha,” vol. 1, no. 1, pp. 64–69, 2017.

[2] S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” vol. 10, pp. 182–189, 2018.

[3] P. M. Hasugian, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Dosen Berprestasi Dengan Metode Simple Additive Weighting,” vol. 4, no. 1, 2019.

[4] R. Sistem, “Metode Weighted Product dalam Pemilihan Penerima Beasiswa Bagi,” vol. 1, no. 10, pp. 87–93, 2021.

[5] G. M. Marakas and J. A. O'Brien, Pengantar Sistem Informasi. Jakarta : Salemba Empat, 2017.

[6] A. Misdram, “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching (studi Kasus : PT. Metsuma Anugrah Graha),” no. c, pp. 18–23, 2019.

[7] J. Manajemen and S. Informasi, “Sistem Pendukung Keputusan Perancangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kabupaten Pringsewu Mengugnakan Metode Weighted Product (WP).” vol.7, no. 02, 2017

[8] W. Hutahaean and P. S. Hasugian, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Bedah Rumah Menggunakan Metode Weighted Product Pada Kecamatan Borbor,” vol. 4, no. 1, pp. 113–117, 2021.

[9] L. Adyana, H. Leslie, and H. Spits, “Sistem Pendukung Keputusan Penentu Penerima Reward Guru Dengan Metode Weighted Product ( WP ),” vol. 14, no. 2, pp. 122–129, 2021.

[10] T. Dengan, M. Metode, J. Veronika, and B. Ginting, “Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan e-Commerce,” vol. 4, pp. 225–228, 2020.

[11] Sutarman, S.Kom., M.Kom. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

[12] M. Ramdan, “E-COMMERCE,” November, 2022.

[13] Y. L. R. Rehatalanit, “Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis.”

[14] N. P. Herlambang, S. C. Wijaya, Y. H. Kristanto, R. Duanda, and E. R. Wolowutung, “Pelatihan Pemasaran Hasil Tani Secara Digital Melalui Aplikasi ECommerce Dan Pembuatan Alat Penampung Air Hujan Sederhana di Desa Semanu,” vol. 1, no. 1, pp. 26–32, 2021.

[15] Sutarman, S.Kom., M.Kom. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara, 2012.

[16] H. A. Septilia, “Sistem pendukung keputusan pemberian dana bantuan menggunakan metode ahp,” vol. 1, no. 2, pp. 34–41, 2020.

[17] D. Metode and S. A. W. Dan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi” vol. 11, no. 28, 2019.

[18] D. O. Wibowo and A. T. Priandika, “Sistem pendukung keputusan pemilihan gedung pernikahan pada wilayah bandar lampung menggunakan metode topsis,” vol. 2, no. 1, pp. 73–85, 2021.

[19] S. Kasus and P. T. Jaya, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus,” vol. 9, no. 1, pp. 71–81, 2019.

[20] K. Pusat, J. Re, M. No, and A. L. Iii, “Plaza Asia Dengan Menggunakan Metode Weighted Product " pp. 121–130.

[21] R. M. Siburian, M. Hutabarat, and J. Sains, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Beras Miskin (Raskin) Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus Desa Hiliweto Kecamatan Onohazumba) vol. 17, no. 02, pp. 130–137, 2022.

[22] D. Kecamatan, P. Labu, P. Ardella, and P. M. Hasugian, “Penerapan Metode Weight Product ( WP ) Untuk Menentukan Pengalokasian Pendistribusian Telur Terbaik,” vol. 4, no. 1, pp. 14–19, 2021.

[23] G. Surya, P. Gede, and S. Cipta, “Komparasi Metode AHP-SAW dan AHP-WP pada SPK Penentuan E-Commerce Terbaik di Indonesia Comparison of AHP-SAW and AHP-WP Methods on DSS to Determine the Best E-Commerce in Indonesia,” vol. 08, no. 4, pp. 346–356, 2020.

[24] P. S. Informatika and U. I. Pgri, “Pengaruh Web E-Commerce, Kualitas Produk Dan Kualitas,” vol. 10, no. 1, pp. 87–95, 2018.

[25] J. Management, “Pengaruh Harga , Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-commerce Tokopedia,” vol. 20, no. 1, pp. 40–50, 2021.

[26] Ni Made Maitri P,“Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di E-Commerce Lazada,"vol. 1, pp. 419–433, 2021.

[27] F. Prathama, L. Sahetapy, P. M. Bisnis, P. S. Manajemen, U. K. Petra, and J. Siwalankerto, “Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen ECOmmerce Lazada,” vol. 7, no. 1, 2019.

[28] J. Bisnis, “Pengaruh Atribut Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Pariaman di Toko Online Shopee,” vol. 1, no. 2, pp. 26–41, 2020.

[29] Ginee, "Sejarah Shopee Indonesia", Ginee, 19 Oktober 2021, [Online]. Tersedia: https://ginee.com/id/insight/sejarah-shopee indonesia/ [Diakses tanggal 25 Oktober 2022]


[30] Ginee, "Sejarah Shopee Indonesia", Ginee, 19 Oktober 2021, [Online]. Tersedia: https://ginee.com/id/insight/sejarah-shopee indonesia/ [Diakses tanggal 25 Oktober 2022]


[31] R. Isparwati, "Sejarah Dan Profil Perusahaan Shopee : Kapan Berdiri, CEO, Alamat Kantor", 2020 Tersedia: https://riniisparwati.com/profil-perusahaan-shopee/ [Diakses tanggal 25 Oktober 2022]

[32] Romindo, Muttaqin, D. H Saputra, D. W Purba, M. Iswahyudi, A. R Banjarnahor, A. H. P Kusuma, F. Effendy, O. K Sulaiman, J. Simarmata, "E-Commerce Implementasi, Strategi dan Inovasinya" Yayasan Kita Menulis, 2019.

[33] I. Gamayanto, “Pengembangan strategi e-commerce dan CRM pada Lazada . com dalam menghadapi globalisasi The Development of e-commerce and CRM strategy on Lazada . com to face the globalization,” vol. 8, no. 2, pp. 153–165, 2018.

[34] R. Syauqii, H. Hafiar, A. Sani, "Simbol, Makna Dan Kontruksi Coporate Identity Melalui Logo Baru PT. Global Digital Niaga (Blibli.Com)" 2019

[35] J. Teknologi et al., “Model Desa Cerdas Dalam Pelayanan Administrasi (Studi Kasus : Desa Kotabaru Barat Kecamatan Martapura Kabupaten Oku Timur,” vol. 2, no. 2, pp. 40–51, 2021.

[36] S. Tridestia, E. R. Asih, A. W. Hayati, and J. Gizi, “Gambaran Variasi Menu Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Di Taman Sari Sakato Katering Kota Pekanbaru," vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021.

[37] M. H. Natanael et al., “Penerapan Metode Weughted Product Pada Sistem Penunjang Keputusan Untuk Pemilihan Anggota Terbaik Naposo,” vol. 12, no. 1, pp. 41–48, 2021.