Bagus Prio Sanyoto (11170925), Duanda Malik Ramadhan (11170433) Pemanfaatan E –Commerce Sebagai Pengembangan Bisnis Sikat
Di era global saat ini permasalahan yang muncul bukan lagi ada pada ketiadaan sumber daya alam yang terbatas, namun ide dan kreativitas individu yang terbatas. Era globalisasi merupakan era dimana ide dan kerja keras bermain. Mendeskripsikan konsep pembuatan sikat idustri. M Menjadikan sumber pengetahuan tambahan didalam industri kreatif, serta dapat memberikan kontribusi didalam perkembangan UMKM. E-Commerce (Electronic Commerce) adalah salah satu teknologi yang berkembang pesat pada pembelian serta penjualan barang serta jasa melalui jaringan electronik seperti internet. Tapan perencanaan ini dengan e-commerce merupakan suatu cara berbelanja secara online yang memang seiring dengan kehadiran internet dalam kehidupan kita. Banyak orang mendapatkan manfaat dan kemudahan berbisnis melalui internet. Menurut David Baum, e-commerce merupakan suatu teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen serta komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.Aplikasi e- commerce yang dibuat yaitu sebuah alat transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet berbasis web. Web ini di gunakan untuk mempermudah dalam penjulan sikat kepada masyarakat dan perusahaan yang membutuhkan sikat. Menganalisis kelayakan dari usaha yang dijalankan sehingga bisa digunakan untuk membantu pengambilan keputusan rencana usaha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan proses pembelian dan penjualan barang atau produk antara dua belah pihak melalui internet dan sejenis mekanisme bisnis electronik dengan focus pada transaksi bisnis berbasis individu menggunakan internet sebagai media pertukaran barang atau produk baik antar bisnis dengan individu.
Duanda Malik Ramadhan dan Bagus Prio Sanyoto
[1] S. Marti’ah, “Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dalam Perspektif Ilmu Pendidikan,” Edutic - Sci. J. Informatics Educ., vol. 3, no. 2, pp. 75–82, 2017, doi: 10.21107/edutic.v3i2.2927.
[2] W. Febriantoro, “Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-,”
Manajerial, vol. 3, no. 5, pp. 184–207, 2016.
[3] E. R. Onainor, “No Title No Title No Title,” vol. 1, no. 5, pp. 105–112, 2019.
[4] Sudaryono, E. Rahwanto, and R. Komala, “E-commerce dorong perekonomian Indonesia, selama pandemi covid 19 sebagai entrepreneur,” J. Manaj. dan bisnis prodi kewirausahaan, vol. 2, no. 3, pp. 200–213, 2020.
[5] R. G. Anggara and G. Anggadwita, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Technopreneur : Studi Kasus Pada Bandung Techno Park Analysis the Factors That Influence Technopreneur ’ S Success : Case Study At Bandung Techno Park,” ISSN 2355-9357 e-Proceeding Manag. Vol.5, No.2 Agustus 2018, vol. 5, no. 2, pp. 1601–1608, 2018.
[6] H. Semuel and K. Y. Setiawan, Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase, vol. 12, no. 1. 2018, pp. 47–52.
[7] Fauzi, R. Irviani, and S. Mukodimah, “Pendampingan Pemasaran Produk Hasil Home Industry Berbasis Media Sosial Dalam Upaya Memberdayakan Ibu Rumah Tangga Di,” J. PkM Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 55–68, 2020.
[8] A. WIBOWO, “Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, Dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi (Studi Kasus Mahasiswa Fe Unesa Yang Terdaftar Di Galeri Investasi Fe Unesa),” J. Ilmu Manaj., vol. 7, no. 1, pp. 192–201, 2018.
[9] A. Darmawan, K. Kurnia, and S. Rejeki, “Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal,” J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 8, no. 2, pp. 44–56, 2019, doi: 10.32639/jiak.v8i2.297.
[10] S. Bakhri, “Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal,” Al-Amwal J. Ekon. dan Perbank. Syari’ah, vol. 10, no. 1, p. 146, 2018, doi: 10.24235/amwal.v10i1.2846.
[11] Y. D. Fernandes and D. Marlius, “Peranan Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Utama Padang,” pp. 1–12, 2018, doi: 10.31227/osf.io/wrh3p.
[12] W. Wahyudin et al., “PENDIRIAN BUSINESS PLAN DI DAERAH KARAWANG,” vol. 1, no. 1, pp. 169–179, 2020.
P. M. Informatika and S. Pringsewu, “PENERAPAN E-COMMERCE BERBASIS
BUSINESS TO CONSUMERS
UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN
PRODUK,” vol. 15, no. 2, pp. 109–116, 201