Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan, beberapa bulan ini UMKM warga kelurahan cipayung mengalami penurunan dan bahkan dalam UMKM jenis Jasa & Kerajinan sangat memperihatinkan dikarenakan bisa dalam 1 bulan tidak mendapatkan kustomer, sistem informasi pemasaran UMKM yang bermanfaat sebagai penunjang taraf hidup dan pemasukan sehari-hari warga kelurahan cipayung sehingga warga kelurahan cipayung dapat mempromosikan UMKM milik mereka sehingga warga cipayung maupun luar cipayung dapat mengetahui UMKM yang ada di kelurahan cipayung dan dapat memesan produk maupun jasa dengan melakukan kontak kepada pemiliknya, metode pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara, dan daftar pustaka, sedangkan metode pengembanga sistem menggunakan waterfall, dan hasil penelitian ini yaitu Website UMKM ini dapat digunakan untuk sarana promosi dan juga jual beli khususnya bagi warga kelurahan Cipayung Jakarta Timur.
[1] M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean,” J. Manaj. Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018, [Online]. Available: http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32.
[2] U. Nugraha and M. L. R. Pardiniasa, “Analisis sistem informasi pemasaran produk berbasis web dengan pemodelan uml,” Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 2540–2542, 2017.
[3] A. E. Pratama, Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung, 2015.
[4] F. Suprapto, Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia, 2018.
[5] R. Sukamto and M. Salahudin, Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo, 2018.
[6] A. Rohi, 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2018.
[7] J. Hutahaean, Konsep Sistem Imformasi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
[8] B. Nugroho, Aplikasi Pemrograman Web Dinamis Dengan PHP Dan MySQL. Yogyakarta: Gava Media, 2018.
[9] P. Hidayatullah and J. Kawistara, Pemrograman Web. Bandung: Informatika Bandung, 2015.
[10] R. Fitriana, W. Kurniawan, and S. Sarah, “Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Online Pengrajin di Bekasi (Studi Kasus: BM),” J. Metris, vol. 17, pp. 63–70, 2016.
[11] H. Magdalena, “Strategi Memanfaatkan E-Commerce Dalam Memasarkan Makanan Khas Bangka ( Studi Kasus : Aneka Citra Snack ) The Strategy of Exploiting E-Commerce in The Marketing Of Bangka Peculiar Food ( Case Study : Aneka Citra Snack ),” Cogito Smart, vol. 3, no. 2, pp. 286–298, 2017.
[12] L. Indrayani, F. Awopi, S. Zabir, S. Informasi, and S. Informasi, “Sistem informasi pemasaran usaha kecil menengah (ukm) berbasis website,” vol. 17, no. 1, pp. 111–116, 2020.
[13] T. F. Setiawan, B. Suharjo, and M. Syamsun, “Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong),” Manaj. IKM J. Manaj. Pengemb. Ind. Kecil Menengah, vol. 13, no. 2, p. 116, 2019, doi: 10.29244/mikm.13.2.116-126.
[14] E. Murtiasri, S. Murtini, and C. B. Adhiani, “Rancang Bangun Sistem Jejaring Pemasaran Berbasis Web E-Commerce bagi Usaha Mikro , Kecil dan Menengah di Kabupaten Semarang,” Semin. Nas. UNIMUS, pp. 341–347, 2019.
[15] J. Samodra, A. S. Pahlevi, and Y. A. L. Hermanto, “Pasar Desa Digital Berbasis Web Sebagai Media Promosi Bagi Umkm,” J. KARINOV, vol. 2, no. 3, p. 177, 2019, doi: 10.17977/um045v2i3p177-180.
[16] Mutmainnah and H. Mulyono, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada,” J. Manaj. Sist. Informasi, STIKOM Din. Bangsa, vol. 3, no. 4, pp. 845–855, 2018.
[17] M. Yusuf and H. Mulyono, “Analisis Dan Perancangan Sistem
Informasi Promosi Berbasis Web Pada Asosiasi UMKM Muaro Jambi,” J. Manaj.
Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 845–855, 2018, [Online]. Available:
http://jurnalmsi.stikom-db.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/137/113.