PT. Securindo Packatama Indonesia, merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa perparkiran yang saat ini juga mengelola parkir kendaraan di Komplek Mangga Dua Mas Jakarta. Karena dikawasan komplek tersebut banyak berdiri ruko-ruko dan perkantoran yang juga tempat terjadinya transaksi perbelanjaan sehingga setiap harinya banyak yang hilir mudik untuk parkir dikawasan komplek tersebut.Permasalahan yang biasanya terjadi dilapangan yaitu kemacetan saat jam pulang kantor dikarena pelanggan yang menggunakan jasa parkir pulang kerja diwaktu yang bersamaan sehingga antri keluar area parkir lama. Kadang tejadi di pos masuk atau mesin tempat keluar nya tiket error dikarenakan mesin panas mengakibatkan CPU tidak berfungsi sehingga tidak dapat untuk melakukan sensor motor atau mobil. Dan ada juga pengguna mobil dan motor yang suka parkir pararel atau parkir sembarangan yg bukan di lot parkir sehingga menyebabkan mobil yang mau parkir susah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Servqual yang dianalisa berdasarkan lima dimensi yaitu Tangibles, Reliability, Responsivness, Assurance, Emphaty. Teknik pengumpulan data menggunakan purpose sampling dengan 100 responden. Hasilperhitungan GAP dari lima item dimensi yang diujikan Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, hanya satu item yang bernilai positif yaitu dimensi Ketanggapan (Responsiveness), dengan jumlah GAP 0,135. Ini menjadi indikasi bahwa pelanggan hanya mendapat kepuasaan pada satu item saja yaitu kemampuan petugas untuk cepat dan tanggap dalam menghadapi masalah yang timbul dilokasi parkir.Sedangkan secara keseluruhan nilai GAP Servqual menunjukkan nilai negatif, hal ini menunjukkan bahwa apa yang diharapkan oleh pelanggan masih belum sesuai dengan apa yang didapat.
[1] A. Ilosa, “Kualitas Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan umum Kota Yogyakarta,” Natapraja, vol. 4, pp. 107–126, 2016.
[2] F. Tjiptono, Service,
Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset,
2016.
[3] D. J. Priansa, Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer.
Bandung: Alfabeta,
2017.
[4] P. Kotler and K. L. Keller, Marketing
Managemen. New Jersey: Pearson
Education,Inc., 2016.
[5] Amstrong and Kotler, Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition. England: Pearson Education,Inc., 2015.
[6] D. Suryapranatha, “Analisis Tingkat Pelayanan Jasa Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) Fuzzy di Instalasi Rawat Inap Kelas III Suatu Rumah Sakit,” Buana Ilmu, vol. 1 No.1 Nov, pp. 56–65, 2016.
[7] Harpito, “Analisa Kapasitas dan Karakter Fasilitas Parkir Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau,” Tek. Ind., vol. 4 No 1, pp. 35–42, 2018.
[8] E. S. Perangin-angin, “Pengaruh Kualitas Dimensi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Hafiz / Hafizah Talking Doll,” Akrab Juara, vol. 4 Nomor 1, pp. 123–132, 2019.
[9] E. Sutinah and O. R. Simamora, “Metode Fuzzy Servqual Dalam Mengukur Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Layanan BPJS Kesehatan,” Informatika, vol. 5 Nomor 1, pp. 90–101, 2018.
[10] S. Masshitah, “Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Produk Mainan Edukasi Smart Hafiz,” Aksara Public, vol. 2 No 4 Edi, pp. 261– 267, 2018.
[11] M. Mustofa, Handoyo, and D. Ernawati, “Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Metode Service Quality (Ervqual) Fuzzy di PT. Pos Indonesia Sidoarjo,” Tekmapro, 2016.
[12] N. F. Kartika and Suprayogi, “Implementasi Fuzzy Service Quality Terhadap Tingkat Kepuasan Layanan Mahasiswa,” Sisfotenika, vol. 7 No 1 Jan, pp. 28–49, 2017.
[13] B. Harto, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Servqual Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Bengkel Resmi Bajaj Padang),” TekNOIF, vol. 3 No 1, pp. 20-3-, 2015.
[14] A. E. Nugraha, Kusnadi, and S. Dampang, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Lahan Parkir terhadap Kepuasan Civitas Kampus,” J. Ind. Eng. Manag. Syst., vol. 12 No 1, pp. 52–57, 2019.