Kegiatan playgroud merupakan sarana bermain yang menyenangkan untuk anak-anak dan gerak aktif bagi anak pun biasanya sebagian besar bergantung jika anak-anak sedang bermain, dan itu sangat terbantu sekali jika dengan adanya playground untuk anak-anak, apalagi pada era saat ini bahwa perkembangan teknologi yang semakin maju pesat memiliki dampak sangat berpengaruh untuk anak-anak dalam bidang pertumbuhan seperti bermain dan belajar yang terlihat nyata saat ini lebih tertarik bermain gadget dibandingkan dengan gerak aktif di luar maupun di dalam ruangan. Dengan demikian tujuan penulis membuat Sistem Informasi Tempat Penyewaan Playground Berbasis Web ialah membantu memberi solusi para orang tua untuk memberi didikan sejak dini terhadap anak agar tidak hanya bermain dan belajar melalui gadget, tetapi diseimbangkan dengan gerak aktif melalui playground sebagai salah satu sarananya. Selain itu membantu vendor tempat penyewaan playground mendapatkan promosi dan memacu sesama vendor sejenis untuk saling bersaing dengan sehat untuk memperbaiki pelayanan yang berkualitas, dimana hal itu berpengaruh baik pada pasar penyewaan playground itu sendiri. Sistem Informasi Tempat Penyewaan Playground Berbasis Web ini dibangun menggunakan suatu metode pengembangan perangkat lunak yaitu metode waterfall dan disamping itu dalam pengumpulan data, penulis juga melakukan observasi serta studi pustaka guna memperkuat data secara ilmiah dan kuesioner untuk menemukan kekurangan sistem yang sudah berjalan selama ini. Hasil analisa menunjukan bahwa menyediakan data informasi yang aktual dan terpercaya sangat dibutuhkan untuk penyesuaian terhadap perkembangan teknologi yang semakin pesat agar mempermudah perncarian informasi terkait. Sebagai salah satu upaya penyesuaianya ialah dengan memberikan informasi melalui sebuah media pemrograman.
[1] D. Hantono, Ashadi, A. W. Purwantiasning, Anisa, R. D. Nur’aini, and Y. Sari, “Pengadaan Taman Bermain Anak Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda II Dusun Gunung Leutik Kabupaten Bogor,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 236–241, 2020, doi: 10.31849/dinamisia.v4i2.3897.
[2] N. A. Rachmat, M. Nurhidayat, and S. A. Putri, “Perancangan Sarana Permainan Playground Di Taman Superhero Bandung Menurut Aspek Sistem,” vol. 6, no. 3, pp. 4538–4544, 2019, [Online]. Available: https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/155618/jurnal_eproc/perancangan-sarana-permainan-playground-di-taman-superhero-bandung-menurut-aspek-sistem.pdf.
[3] Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, pp. 64–77, 2018, [Online]. Available: https://journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/35/29.
[4] E. Y. Anggraeni, E. Risanto, Y. Basuki, D. Nofianto, A. A. C, and A. Offset, Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi.
[5] A. C. A. Prof. Dr. Sri Mulyani and A. Sistematika, Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika, 2017.
[6] W. I. Rahayu, R. R. Fajri, and P. Hambali, RANCANG BANGUN APLIKASI PENENTUAN DAN SHARE PROMO PRODUK KEPADA PELANGGAN DARI WEBSITE KE MEDIA SOSIAL BERBASIS DESKTOP. Kreatif, 2019.
[7] S. Nurhidayah, M. N. Fauzan, and W. I. Rahayu, Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan PHP. Kreatif, 2020.
[8] D. Hasanudin, R. Andarsyah, C. Prianto, R. M. Awangga, and R. Habibi, Sistem pendukung keputusan tentang beasiswa menggunakan metode Fuzzy MADM dan SAW. Kreatif, 2020.
[9] A. Josi, “Penerapan Metode Prototyping Dalam Membangun Website Desa (Studi Kasus Desa Sugihan Kecamatan Rambang),” Jti, vol. 9, no. 1, pp. 50–57, 2017, [Online]. Available: http://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jti/article/view/108/87.
[10] Elgamar, BUKU AJAR KONSEP DASAR PEMROGRAMAN WEBSITE DENGAN PHP. Ahlimedia Book, 2020.
[11] A. Rahman, M. Ropianto, and M. Kom, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Mainan Anak Berbasis Web,” vol. 1, no. 1, pp. 51–57, 2018, [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/61917558/Jurnal_Perancangan_Rental_Mobil_Mainan_Anak_Berbasis_Web20200128-108678-cllknq.pdf.
[12] D. Hamdani, Y. Rahmadani, and Wahyuni, “Pengembangan Sistem Informasi Penyewaan Perlengkapan Bayi Di Little Joy Bandung,” pp. 265–270, 2017, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1632/1623.
[13] R. S. Kharisma and B. Y. Pamungkas, “Sistem Informasi Rental Kamera Berbasis Website (Studi Kasus : Iframe Rental),” Sistemasi, vol. 9, no. 2, p. 321, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i2.793.
[14] L. S. Lesmana, “Pemodelan UML dan Implementasi E-Learning Mengadopsi Standar LTSA IEEE P1484,” Sist. Informasi, Univ. Puter. Batam, Batam, vol. 1, no. I, pp. 21–29, 2016, [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/telcomatics/article/view/184/240.
[15] R. F. A. Aziza and Y. T. Hidayat, “Analisa Usability Desain User Interface Pada Website,” vol. 13, no. 1, pp. 7–11, 2019, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak/article/view/265.
[16] K. Harianto, H. Pratiwi, and Y. Suhariyadi, SiSTEM MONITORING LULUSAN PERGURUAN TINGGI DALAM MEMASUKI DUNIA KERJA MENGGUNAKAN TRACER STUDY. MEDIA SAHABAT CENDEKIA, 2019.
[17] M. I. Hanafri, M. Iqbal, and A. B. Prasetyo, “Perancangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Komputer Dasar untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android,” J. Sisfotek Glob., vol. 9, no. 1, pp. 87–92, 2019, [Online]. Available: http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/download/237/251.
[18] D. Susandi and S. Sukisno, “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, pp. 5–8, 2017, doi: 10.30656/jsii.v4i0.368.
[19] A. Widarma and H. Kumala, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pengguna Listrik Subsidi Dan Nonsubsidi Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus : PT. PLN Tanjung Balai),” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 165, 2019, doi: 10.36294/jurti.v2i2.432.
[20] V. M. M. Siregar, “SISTEM INFORMASI PENDATAAN LOGISTIK AKTIVA TETAP PT. BANK CENTRAL ASIA, Tbk KANTOR CABANG PEMATANGSIANTAR,” Sistemasi, vol. 7, no. 3, p. 250, 2018, doi: 10.32520/stmsi.v7i3.386.
[21] W. Irmayani and E. Susyatih, “Sistem
Informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Berorientasi Objek,” Khatulistiwa
Inform., vol. V, no. 1, pp. 58–63, 2017, [Online]. Available:
https://media.neliti.com/media/publications/280397-sistem-informasi-anggaran-pendapatan-dan-34825636.pdf.