ABSTRAK
Bulan Cabianita (11161274), Animasi Interaktif Pengenalan Benda-Benda Dalam Rumah Pada Anak Usia 2-3 Tahun Berbasis Android
Sebuah proses pembelajaran anak usia dini saat ini diperlukan media yang tidak membuat anak cepat bosan dan lupa dengan teknik pembelajarannya . Beberapa anak usia dini saat ini telah mengikuti perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat pada era ini. Dalam proses belajar, anak usia dini lebih berminat atau sangat antusias dengan pembelajaran dalam bentuk digital. Dan tekonologi saat ini semakin berkembang, salah satunya di Bidang pendidikan. Terkadang, anak akan cepat bosan, lupa dan kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh orang tua dalam bentuk buku. Anak-anak akan lebih menyukai sebuah pembelajaran dalam bentuk gambar lucu dan juga suara yang di satukan dalam bentuk permainan digital karena mereka bisa belajar sambil bermain. Perangkat lunak yang digunakan untuk membangun animasi interaktif tersebut adalah Adobe Flash Profesional CS6, Adobe Photoshop CS6 dan Adobe Audacity CS6.
Kata Kunci: Anak, Animasi Interaktif, Android
ABSTRACT
Bulan Cabianita (11161274), Interactive Animation Introduction of In House Objects At 2-3 Years Old Age Based Android
An early childhood learning process is currently required media that does not make children quickly bored and forget the learning techniques. Some early childhood nowadays has been following the rapidly growing technology development in this era. In the learning process, early childhood is more interested or very enthusiastic about learning in digital form. And technology currently growing, one of them in the field of education. Sometimes, the child will quickly get bored, forget and pay less attention to what is delivered by parents in book form. Children will prefer a learning in the form of funny pictures and also sounds that united in the form of digital games because they can learn while playing. The software used to build interactive animation is Adobe Flash Professional CS6, Adobe Photoshop CS6 and Adobe Audacity CS6.
Key Word: Children, Interactive Animation, Android
DAFTAR PUSTAKA
Afrian.2014. Perancangan Aplikasi Game Asah Otak Tebak Kata Berbasis Android dengan menggunakan metode linear congruent method (LCM). ISSN:2301-9425. Medan: Pelita Informatika Budi Darma Vol.6,No1 Maret 2014
Bunga Pratiwi, Herlawati. 2015. Animasi Interaktif Pengenalan Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Pada SD Widya Bhakti Bekasi. ISSN 2527-9777.Bekasi:Bina Insani ICT Journal Vol. 2, No. 1 Maret 2015: 15. Diambildari:http://ejournalbinainsani.ac.id/index.php/BIICTJ/article/view/235 (12 Juni 2017)
Indarti. 2017. Aplikasi Pengenalan Pahlawan Nasional Di Pulau Jawa Untuk Siswa SD Berbasis Android Studi Kasus Pada SDN Pondok Pinang 10 Pagi Jakarta Selatan. ISSN:1978-1946 & E-ISSN:2527-6514. Sukabumi: STMIK Nusa Mandiri Sukabumi Jurnal Pilar Nusa Mandiri Volume 13 No.1 Maret 2017. Diambildari :http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/ index.php/pilar/article/download/349/281+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id (03 Agustus 2017)
Mayya,Dwiza&Rangga. Aplikasi Animasi Interaktif Pencampuran Tiga Warna Primer dan Pengenalan Bentuk Geometri Pada Paud Al-Muslimun. Jurnal Informatika Vol I No 2 September 2014. Diambil dari: http://ejournal.bsi.ac.id/assets/files/Informatika_Vo_I_No_2_September_2014-mayya_165-172.pdf (03 Agustus 2017)
Rianfartawijaya.2015.pengertianedukasidanpengertiangame.http://www.rianfarta wijaya.com/2015/02/pengertian-edukasi-dan-pengertian-game.html
Rusman .2010.Model - Model Pembelajaran. Bandung : Rajawali Pers
Soetam,Rizky (2011) . Konsep Dasar rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta:Prestasi Pustaka
Sukamto, Rosa Ariani dan M. Shalahuddin.2013. rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung:Informatika
Wibawanto, Wandah.2017.Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif.Jawa Timur:Cerdas Ulet Kreatif
Binanto,iwan (2010). Multimedia Digital - Dasar teori dan Pengembangannya. Yogyakarta:Andi.