Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap E-commerce Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting).

research
  • 25 Oct
  • 2021

Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap E-commerce Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting).

Reza Muhammad Lutfi (12160021), Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap E-commerce Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting).

 

Belanja online merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayanan, dan melalui internet. Perkembangan bisnis secara online di Indonesia sekarang sangat pesat, salah satunya dengan melakukan belanja secara online. Toko online atau sering kita sebut e-commerce merupakan bentuk perubahan yang disajikan oleh internet dari segi inovasi dalam berbelanja dengan memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksinya. Tujuan penulis adalah untuk menentukan e-commerce yang terbaik, maka dari itu penulis menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dikarenakan metode tersebut mampu untuk melakukan penilaian secara lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot preferensi yang sudah ditentukan, selain itu metode SAW juga dapat menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada kerana adanya proses perangkingan setelah menentukan bobot untuk setiap atribut.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

[1]      D. A. Irwantoko, “Online Shop,” 2012. https://id.scribd.com/doc/141079915/Online-Shop.

 

[2]      L. Nusarika and N. Purnami, “PENGARUH PERSEPSI HARGA, KEPERCAYAAN, DAN ORIENTASI BELANJA TERHADAP NIAT BELI SECARA ONLINE (STUDI PADA PRODUK FASHION ONLINE DI KOTA DENPASAR),” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, 2015.

 

[3]      A. K. Setiowati, “SIKAP ONLINE SHOPPING DAN NIAT PENCARIAN INFORMASI TERHADAP NIAT DAN PERILAKU BELANJA,” J. Manaj. Bisnis, 2012.

[4]      Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. ‘Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.’ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1,” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. 2013, doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.

[5]      S. H. Kusumadewi, “Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM),” Graha Ilmu Yogyakarta, 2006.

[6]      D. Nofriansyah, “Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan,” Deepublish, 2014. .

[7]      T. Sutabri, Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2012.

[8]      R. R. Rerung, E-Commerce. Yogyakarta, 2018.

[9]      J. Åberg and N. Shahmehri, “The role of human Web assistants in e-commerce: An analysis and a usability study,” Internet Res., 2000, doi: 10.1108/10662240010322902.

[10]    S. Nurlela, A. Akmaludin, S. Hadianti, and L. Yusuf, “PENYELEKSIAN JURUSAN TERFAVORIT PADA SMK SIRAJUL FALAH DENGAN METODE SAW,” J. Pilar Nusa Mandiri, 2019, doi: 10.33480/pilar.v15i1.1.

[11]    F. Agustini and E. R. Ariska, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DENGAN MODEL FUZZY MODEL ATTRIBUTE DECISION MAKING (FMADM) PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DTPEDULI,” J. Techno Nusa Mandiri, 2019, doi: 10.33480/techno.v16i1.107.

[12]    ni kadek sukerti, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING METHODE ( SAW ) DALAM MEREKOMENDASIKAN Tahun Jumlah Wisatawan Pengertian Sistem Pengambil Keputusan,” in SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING METHODE ( SAW ) DALAM MEREKOMENDASIKAN Tahun Jumlah Wisatawan Pengertian Sistem Pengambil Keputusan, 2018.

[13]    D. A. Putri, “Penerapan Metode Fuzzy Saw Sebagai Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap Perusahaan,” J. Techno Nusa Mandiri, 2018.

[14]    Muqorobin, A. Apriliyani, and Kusrini, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Dengan Metode SAW,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., 2019.

[15]    E. Erdawati, A. Linarta, S. Adrianto, and P. Yunita, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN DOSEN BERKUALITAS DI STMIK DUMAI MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING,” I N F O R M A T I K A, 2019, doi: 10.36723/juri.v8i2.132.

[16]    F. Laurent, “PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GO-JEK MELALUI KEPUASAN PELANGGAN,” Agora, 2016.

[17]    A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.