Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Customer Service Terbaik Bank Mandiri Kelapa Gading Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

research
  • 12 Sep
  • 2020

Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Customer Service Terbaik Bank Mandiri Kelapa Gading Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

ABSTRAK
 
Hikmatul Banat (11170095), Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Customer Service Terbaik Bank Mandiri Kelapa Gading Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)
 
Dalam penentuan customer service terbaik terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Penilaian ini berdasarkan penilaian kinerja customer service, yakni Cross Selling, Greeting, Service Recovery, Grooming dan Discipline.Demi efisiensi dan efektifitas kerja maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan. Dengan tujuan untuk membangun dan memberikan alternatif sebuah sistem penunjang keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan customer service terbaik dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP), dimana masing-masing kriteria dalam hal ini dibandingkan satu dengan yang lain sehingga memberikan hasil customer service terbaik. Sistem penunjang keputusan ini membantu dan memberikan alternatif dalam melakukan pemilihan customer service terbaik. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambilan keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan customer service sehingga akan didapatkan customer service yang layak menjadi terbaik. Consistency Ratio Hierarchy / CRH < 10% yaitu 0.04761137 atau 4,8%. Customer Service terbaik Bank Mandiri Kelapa Gading adalah Ajeng Diah.
 
Kata Kunci: Sistem Penunjang Keputusan, AHP, Pemilihan Customer Service
 
 

Unduhan

  • DAFTAR PUSTAKA.PDF

    Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.PDF

    •   diunduh 168x | Ukuran 227 KB
  • JUDUL SKRIPSI.PDF

    Skripsi_JUDUL SKRIPSI.PDF

    •   diunduh 268x | Ukuran 100 KB

 

  • ABSTRAK.PDF

    Skripsi_ABSTRAK.PDF

    •   diunduh 216x | Ukuran 134,361
  • DAFTAR ISI.PDF

    Skripsi_DAFTAR ISI.PDF

    •   diunduh 248x | Ukuran 133,527

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA
 
Indrajani, I. (2011). Perancangan Sistem Basis Data pada Klinik. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 2(1), 218-228.
Jasril, J., Haerani, E., & Afrianty, I. (2012, May). Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Fuzzy AHP (FAHP). In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Jogiyanto, H. M. (2008). Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Kiling, T. P. (2016). Peran Komunikasi Frontliner Dalam Meningkatkan Pelayanan Di PT Bni (Persero) Tbk Kantor Layanan Kawangkoan. JURNAL ACTA DIURNA, 5(3).
Kusrini,2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pengambil Keputusan. Yogyakarta : Andi.
 
Maya, Y. D. L. W. R., & Sari, H. R. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Saw (Simple Additive Weighting) Studi Kasus Pt. Pertamina RU II Dumai. Sistem Informasi, Politeknik Caltex Riau.
Muhammad, Abulwafa. 2010. Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus PT. United Tractors Tbk Cabang. Padang). Jural Tekhnologi Informasi & Pendidikan, Vol.1, No.2, Maret 2010.
 
Murdianto, H., Khairina, D. M., & Hatta, H. R. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Per Triwulan PT. Cahaya Fajar Kaltim PLTU Embalut Tanjung Batu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting.
Mustagfirin, A. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan frontliner terhadap kepuasan nasabah di BRI Syariah KCP Demak (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Pernadi, dkk.2015. Implementasi Analitical Hierarchy Proces (AHP) untuk penilaian Kinerja Pada bagian Customer Service Representative (CSR) di PT. Bank Permata Tbk.  Jurnal Ilmiah Komputasi , Volume 14 nomor: 1, Juni 2015 ISSN: 1412-9434.