Wahid Fajar Wahyudi (11135142), “Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Commerce Alzafa.com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online”.
Website merupakan media komersial yang digunakan oleh perusahaa/organisasi untuk melakukan kegiatan bisnis. Layanan suatu website perlu diukur untuk mengetahui tingkat kualitas suatu website. Dalam penelitian ini, untuk mengukur kualitas website alzafa.com dengan menggunakan webqual 4.0. Webqual merupakan salah satu metode atau teknik pengukuran kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Adapun instrument-instrument penelitian yang digunakan dalam webqual 4.0 adalah usability, information quality, service interaction dan kepuasan pelanggan. Dalam proses analisa menggunakan teknik survey terhadap 50 responden. Dalam tahap analisa data yang terdiri dari uji validasi, uji realibitas dan penilaian dengan skala linkert. Uji validasi menggunakan rumus Bevariate Pearson dan uji realibitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Sedangkan penilaian menggunakan skala likert digunakan 5 interval yaitu: Sangat Puas, Puas, Netral, Kurang Puas dan Sangat Tidak Puas. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel usability mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian online.
Ardhana, YM Kusuma. 2012. Membuat Website 30 Jutan Rupiah. Jakarta: Jasakom.
Furkonudin, Emi Suryadi dan Darmanto. 2016. Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Commerce Blibli.com Menggunakan Metode WebQual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. ISSN: 2302-3805. Yogyakarta: Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.
Irawan. 2011. Panduan Berinternet Untik Orang Awam. Palembang: Maxicom.
Madcoms. 2015. Mudah Menggunakan Internet Untuk Pemula. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Pratama, I Putu Agus Eka Pratama. 2015. E-Commerce, E-Business dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika.
Putra, Zahreza Fajar Setiara, Mohammad Sholeh dan Naniek Widyastuti. 2014. Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode Webqual 4.0. ISSN: 2338-6312. Yogyakarta: Jurnal JARKOM Vol. 1 No. 2 Januari 2014: 174-184.
Sanjaya, Iman. 2012. Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jakarta: Jurnal Penelitian IPTEK-KOM Volume 14, No. 1 Juni 2012: 1-14.