Penerapan Data Mining Analisa terhadap Data Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang dengan Metode Algoritma Apriori

research
  • 09 Sep
  • 2020

Penerapan Data Mining Analisa terhadap Data Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang dengan Metode Algoritma Apriori


Algoritma Apriori salah satu algoritma data mining dalam pembentukan asosiasi rule mining. Algoritma apriori adalah proses ekstraksi informasi dari suatu database, dilanjutkan dengan melakukan frequent item/itemset dan candidate generation dalam pembentukan asosiasi rule mining guna mendapatkan hasil nilai minimum support dan nilai minimum confidence. Pada database yang cukup besar, algoritma apriori banyak menghasilkan pattern frequent item/itemset (pola sering muncul suatu item/itemset) yang banyak, karena harus melakukan candidate generation serta merekam database secara berulang-ulang. Penelitian ini membahas tentang frequent item/itemset pada algoritma apriori dengan menghasilkan frequent yang sedikit, tanpa melakukan candidate generation dan meminimalkan tahapan penyelesaian yang dimulai pada k-1 item atau tahapan pertama pada algoritma apriori selanjutnya digunakan dengan metode FP-Growth. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan FPGrowth sangat signifikan dengan algoritma apriori, efesien dari segi waktu, tahap penyelesaian lebih cepat, sedikit menghasilkan pattern frequent item/itemset dan lebih terperinci dalam memaparkan hasil frequent item karena hasil frequent yang bernilai < 1 masih diperlihatkan, tidak di hapus.


Unduhan

 

REFERENSI

Halim, J. (2017). Penerapan Data Mining Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Pelayanan Di Bimbingan Belajar Al-Misbah Dengan Menggunakan Metode K-Means. Jurnal SAINTIKOM Vol. 16, No. 1, Januari 2017 .

 

Hidayat, A. Z., & Wijanarto. (2017). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN “DAPOER EMAK” PATI.


Nursikuwagus, A., & Hartono, T. (2016). IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS PENJUALAN DENGAN BERBASIS WEB. Jurnal SIMETRIS, Vol 7 No 2 November 2016 .


Oktaviyani, permadi, j., & Aprianti, W. (2017). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK TRANSAKSI PENJUALAN OBAT PADA APOTEK AZKA. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 21 Oktober 2017 .


 Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic .


Ristianingrum, & Sulastri. (2017). IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. Prosiding SINTAK 2017 .

 

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

 

Syahdan, S. A., & Sindar, A. (2018). Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi .


Tonara, D. B. (2015). Hierarchical Market Basket Analysis berbasis Algoritma Apriori. JUISI, Vol. 01, No. 01, Februari 2015 .