IMPLEMENTASI APLIKASI PENGENALAN FUTSAL BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH

research
  • 03 Sep
  • 2020

IMPLEMENTASI APLIKASI PENGENALAN FUTSAL BERBASIS ANDROID DENGAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH

ABSTRAK

 

 

 

 

 

 

Khairil Anwar (12145335), Implementasi Aplikasi Pengenalan Futsal Berbasis Android Dengan Algoritma Sequential Search

 

 

 

 

Sistem aplikasi pengenalan futsal ini merupakan sebuah bentuk karya ilmiah untuk memudahkan seseorang untuk mengenali dan memahami dunia futsal sejak dini agar memberikan wawasan dasar sebelum masuk lebih jauh dalam dunia futsal. Biasanya seseorang yang ingin bermain futsal, terlebih dahulu harus mengetahui hal-hal dalam permainan futsal. Pada aplikasi mobile ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi seseorang yang ingin bermain futsal bahkan hobi, untuk mengetahui tentang dunia futsal. Pada fitur info lapangan diharapkan dapat membantu para pecinta futsal untuk menemukan lokasi lapangan futsal yang ada di sekitar Jakarta. Algoritma yang dipakai dalam aplikasi ini adalah Sequential Search. Aplikasi ini telah berhasil dibangun dan diimplementasikan dengan konsep learning and practice. Pada fitur teknik, hasil berupa gambar, penjelasan dan juga video untuk memudahkan pengguna dalam mempraktikkannya langsung. Pada fitur peraturan, hasil berupa gambar serta penjelasan. Dan pada fitur tebak, hasil berupa gambar pemain bola serta pilihan huruf secara acak untuk memunculkan nama pemain tersebut. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembangunan aplikasi ini adalah Android Studio menggunakan bahasa Java.

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

 

 

Amperiyanto, Tri. 2014. Tips Ampuh Android. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

 

 

Android Developer Team.2016.Android Developer Fundamental Course. Jakarta. Android Team

 

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android, 3, 57–62.

 

Destiana, H., & Fajrin, F. (2014). SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG BERBASIS WEB PADA PT . CATUR DAYA PERSADA JAKARTA, XVI(2).

 

Hamzah, B., & Hadiana, O. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PASSING DALAM PERMAINAN FUTSAL, 3(1), 1–7.

 

Hariyanto, Bambang. 2017. Esensi-Esensi Bahasa Pemrograman, Revisi Kelima.

Bandung: Informatika Bandung.

 

Hayati, T., Kurniawati, M., & Witarsa, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kecerdasan Visual melalui Aplikasi Paint di RA Al Muhajirin Kota Cimahi, 2(1), 111–117.

 

Hidayat, D., & Badruzaman. (2018). Alat Bantu Latihan Arkick untuk Meningkatkan Teknik Dasar Passing Futsal, 3(2), 46–49.

 

Juansyah, A. (2015). PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKER BERBASIS ASSISTED – GLOBAL POSITIONING SYSTEM ( A-GPS ) DENGAN PLATFORM ANDROID. Jurnal Ilmiah Komputer Dan

 

Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8. Retrieved from elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375

 

Kadir,  Abdul.  2013.   From  Zero   to  a   Pro,  Pemrograman   Aplikasi  Android.

 

Yogyakarta: CV. Andi Offset.

 

Lengkong, H. N., Sinsuw, A. A. E., & Lumenta, A. S. . (2015). Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 2015(2015), 18–25.

 

Maulana, G. G. (2017). Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemrograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web. Jurnal Teknik Mesin (JTM), 06(Spesial), 69–73.

 

 

 

56


 

Mulyani, Sri. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

 

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis ( Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN ). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, I(3), 31–36.

 

Nurajizah, S., & Saputra, M. (2018). SISTEM PAKAR BERBASIS ANDROID UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT KULIT KUCING DENGAN METODE FORWARD CHAINING, 14(1), 7–14.

 

Nurhidayat, Muhammad. 2018. Jurus Rahasia Menguasai Pemrograman Android.

 

Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

Pamungkas, R. A. (2015). PERANCANGAN ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS SEJAK USIA REMAJA, 2(1), 2011–2016.

 

Pasya, S. A., & Saputro, A. (2018). IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BELAJAR MENGENAL HEWAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI PADA TK BUDI MULIA TANGERANG, 1(5), 416–421.

 

Setiawan, P., Sulistiowati, & Lemantara, J. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Evaluasi Proses Belajar Mengajar Berbasis Web Pada Stikes Yayasan RS. Dr.Soetomo Surabaya, 4(2), 1–6.

 

Siswandi, E., Yarmani, & Sihombing, S. (2017b). PENGARUH METODE LATIHAN TEKNIK DISTRIBUSI TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING ZIG – ZAG PERMAINAN FUTSAL, 1(2), 75–79.

 

Sonita, A., & Sari, M. (2018). IMPLEMENTASI ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCHING UNTUK PENCARIAN NOMOR SURAT PADA SISTEM ARSIP ELEKTRONIK, V, 1–9.

 

Sophian, S. (2014). PENGIMPLEMENTASIAN DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PENGENDALIAN STOK BARANG PADA TOKO SWASTIKA SERVIS (SS) BANGUNAN DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0 DIDUKUNG DENGAN DATABASE MySQL, 16(2).

 

Syarifudin, M. B., Sulistyorini, & Supriatna. (2018). Pengembangan Model Latihan Passing Futsal Berbasis Aplikasi Android, 2(2), 74–79.

 

Wibowo, K. (2015). Analisa Konsep Object Oriented Programming Pada Bahasa Pemrograman Php. Khatulistiwa Informatikaw, 3(2), 151–159. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

 

Wijaya, H., & Sari, W. S. (2015). Rancang Bangun Mobile Commerce Berbasis Android pada Toko Duta Buku Semarang. UDiNus, 14(2), 98–107.

 

 

57


 

Wijayanti, D. I. P. R., & Kushartanti, B. M. W. (2014). MODEL TES KETERAMPILAN DASAR FUTSAL BAGI PEMAIN KU 10-12 TAHUN, 2, 32–45.

 

Yudhanto, Yudha & Wijayanto, Ardi. 2017. Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo

 

Yuniarto, A., Supriyadi, & Sudjana, I. N. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING TEKNIK DASAR DAN PERATURAN PERMAINAN FUTSAL, 2, 51–62.