Pengukuran Kualitas Layanan Website SIPOLINK (Sistem Informasi Poliklinik) Menggunakan Metode Webqual 4.0 Pada Poliklinik Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

research
  • 02 Sep
  • 2020

Pengukuran Kualitas Layanan Website SIPOLINK (Sistem Informasi Poliklinik) Menggunakan Metode Webqual 4.0 Pada Poliklinik Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

ABSTRAK

 

Ali Mustopa (11180934), Pengukuran Kualitas Layanan Website SIPOLINK (Sistem Informasi Poliklinik) Menggunakan Metode Webqual 4.0 Pada Poliklinik Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

 

Sistem Informasi Poliklinik (SIPOLINK) digunakan sebagai sistem informasi yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pelayanan para pasien lebih efektif dan efisien dalam melakukan monitoring terhadap rekam medis yang terjadi pada Poliklinik Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Sebagai instansi yang menangani permasalah dibidang kesehatan tentunya dengan adanya Sistem Informasi Poliklinik (SIPOLINK) hal tersebut tentunya akan nilai tambahan dari layanan utamanya terutama bagi para penggunanya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kualitas layanan website Sistem Informasi Poliklinik (SIPOLINK) berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna Sistem Informasi Poliklinik (SIPOLINK) menggunakan metode webqual yang terdiri dari 3 variabel yaitu kualitas kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi (interaction quality). Data yang digunakan adalah data primer, yaitu dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert dengan 26 pernyataan kepada 30 responden. Data yang diperoleh dan diolah menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 21. Berdasarkan variabel webqual, hasil analisis menyatakan kulitas interaksi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, sedangkan kualitas kegunaan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.

 


Unduhan

  • DAFTAR ISI.pdf

    Skripsi_DAFTAR ISI.pdf

    •   diunduh 335x | Ukuran 551 KB
  • cover.pdf

    Skripsi_cover.pdf

    •   diunduh 305x | Ukuran 187 KB

 

  • DAFTAR PUSTAKA.pdf

    Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf

    •   diunduh 194x | Ukuran 441,114
  • ABSTRAK.pdf

    Skripsi_ABSTRAK.pdf

    •   diunduh 298x | Ukuran 352,208

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Agustina, N. (2016). Kualitas Layanan Website E-Commerce Lazada . co . id Menggunakan Teknik Pengukuran WebQual, 1(1), 42–54.

 

Astuti, A. P., & Sari, P. K. (2016). Analisis Kualitas Website Lazada Indonesia Berdasarkan Metode WebQual 4.0 dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna. E-Proceeding of Management, 3(2), 1341–1348.

 

Ferdika, M., Kuswara, H., & Kunci, K. (2017). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT Era Makmur Cahaya Damai Bekasi, 1(2), 175–188.

 

Furkonudin, Suryadi, E., & Darmanto. (2016). Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Commerce Blibli.Com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 7–12.

 

Hekhmatyar, O. G., & Supriyadi, D. (2017). Measurement Satisfaction Information System Quality Service On BSI Using Webqual And CSI, 2(2), 2–7.

 

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

 

Khairunnisa, & Wasiyanti, S. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Depok Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Swabumi, VI, 35–43.

 

Monalisa, S. (2016). Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan Metode Webqual ( Studi Kasus : UIN Suska Riau ). Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, ISSN 2407-0939, 13(2), 181–189.

 

Navyca, L. R., Sulistiowati, & Susilo, T. H. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer Akuntansi. Retrieved from sir.stikom.edu/id/eprint/1927/%0A%0A

 

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Alfabet.

 

Rohman, F., & Kurniawan, D. (2017). Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, III, 31–38.

 

Santoso, S. (2013). Menguasai SPSS 21 di Era Informasi. PT. Elex Media Komputindo.

 

Sinnun, A. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan CSI. Jurnal Informatika, 4(1), 146–154.

 

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Alfabet.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Supriyatna, A. (2015). ANALISIS DAN EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 43–52.

 

Syukron, A., & Hasan, N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas Winong. Jurnal Bianglala Informatika, 3(1), 28–34.

 

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality, Satisfaction (3rd ed.). Andi.

 

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

 

Widiyanto, M. A. (2013). STATISTIKA TERAPAN : Konsep & aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

 

www.spssindonesia.com. (n.d.).