Ali Mustopa (11180934), Pengukuran Kualitas Layanan Website
SIPOLINK (Sistem Informasi Poliklinik) Menggunakan Metode Webqual 4.0
Pada Poliklinik Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat
Sistem Informasi Poliklinik
(SIPOLINK) digunakan sebagai sistem informasi yang dirancang untuk meningkatkan
kualitas pelayanan para pasien lebih efektif dan efisien dalam melakukan
monitoring terhadap rekam medis yang terjadi pada Poliklinik Pemerintah
Provinsi Kalimantan Barat. Sebagai instansi yang menangani permasalah dibidang
kesehatan tentunya dengan adanya Sistem Informasi Poliklinik (SIPOLINK) hal
tersebut tentunya akan nilai tambahan dari layanan utamanya terutama bagi para
penggunanya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kualitas
layanan website Sistem Informasi Poliklinik (SIPOLINK) berpengaruh terhadap
kepuasan pengguna. Penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna Sistem
Informasi Poliklinik (SIPOLINK) menggunakan metode webqual yang terdiri dari 3 variabel yaitu kualitas kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas
interaksi (interaction quality).
Data yang digunakan adalah data primer, yaitu dengan menyebarkan kuesioner
menggunakan skala likert dengan 26 pernyataan kepada 30 responden. Data yang
diperoleh dan diolah menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan
menggunakan SPSS 21. Berdasarkan variabel webqual, hasil analisis
menyatakan kulitas interaksi tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna,
sedangkan kualitas kegunaan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan
pengguna.
Skripsi_DAFTAR ISI.pdf
Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Astuti, A. P., &
Sari, P. K. (2016). Analisis Kualitas Website Lazada Indonesia Berdasarkan
Metode WebQual 4.0 dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna. E-Proceeding
of Management, 3(2), 1341–1348.
Ferdika, M., Kuswara, H.,
& Kunci, K. (2017). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT Era
Makmur Cahaya Damai Bekasi, 1(2), 175–188.
Furkonudin, Suryadi, E.,
& Darmanto. (2016). Evaluasi Kualitas Layanan Website E-Commerce Blibli.Com
Menggunakan Metode Webqual 4.0 Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar
Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 7–12.
Hekhmatyar, O. G., &
Supriyadi, D. (2017). Measurement Satisfaction Information System Quality
Service On BSI Using Webqual And CSI, 2(2), 2–7.
Hutahaean, J. (2015). Konsep
Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Khairunnisa, &
Wasiyanti, S. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Depok Terhadap
Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Swabumi, VI,
35–43.
Monalisa, S. (2016).
Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan
Metode Webqual ( Studi Kasus : UIN Suska Riau ). Jurnal Sains, Teknologi Dan
Industri, ISSN 2407-0939, 13(2), 181–189.
Navyca, L. R.,
Sulistiowati, & Susilo, T. H. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan
Website PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan
Metode Webqual 4.0. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer Akuntansi.
Retrieved from sir.stikom.edu/id/eprint/1927/%0A%0A
Riduwan. (2015). Belajar
Mudah Penelitian. Alfabet.
Rohman, F., &
Kurniawan, D. (2017). Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan
Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan
Teknologi Komputer, III, 31–38.
Santoso, S. (2013). Menguasai
SPSS 21 di Era Informasi. PT. Elex Media Komputindo.
Sinnun, A. (2017).
Analisis Kepuasan Pengguna LMS Berbasis Web Dengan Metode Servqual, IPA dan
CSI. Jurnal Informatika, 4(1), 146–154.
Sugiyono. (2012). Metode
Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Alfabet.
Sugiyono. (2014). Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyatna, A. (2015).
ANALISIS DAN EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN PIECES
FRAMEWORK. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 43–52.
Syukron, A., & Hasan,
N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas
Winong. Jurnal Bianglala Informatika, 3(1), 28–34.
Tjiptono, F., &
Chandra, G. (2011). Service, Quality, Satisfaction (3rd ed.). Andi.
Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem
Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Widiyanto, M. A. (2013). STATISTIKA
TERAPAN : Konsep & aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan,
Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
www.spssindonesia.com.
(n.d.).