ABSTRAK
Muhamad
Roofiq (12150036), Aplikasi Pembelajaran Sholat Pada Anak Usia Dini Berbasis
Android
Perkembangan teknologi menjadikan
handphone tidak lagi berfungsi sebagai sarana komunikasi tetapi fiturnya
semakin diperkaya, sehingga lebih fungsional. Tujuan dari penulisan skripsi ini
yaitu merancang mobile application informasi shalat untuk memudahkan umat islam
mendapatkan informasi mengenai tata cara pelaksanaan sholat wajib terutama
untuk proses pembelajaran shalat pada anak seringkali menemui kendala seperti
keterbatasan info, media dan mobilitas yang tinggi, Oleh karena itu terkadang
kita membutuhkan media pembelajaran yang bisa dibawa kemana –mana seperti
aplikasi tuntunan shalat pada handphone ini. Aplikasi ini dapat menampilkan
menu shalat yang berisi tuntunan shalat wajib, detil gerakan shalat yang berisi
gambar gerakan shalat beserta lafadz dan suaranya. Pemodelan aplikasi ini
menggunakan UML (Unified Modeling
Language), yang menyertakan Use Case
Diagram, Class Diagram, Sequence
Diagram, dan Activity Diagram. Dengan dibuatnya aplikasi ini dengan
algoritma fisher yates shuffle
diharapkan dapat membantu proses pembelajaran shalat untuk anak, dengan mudah
yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Sedangkan untuk
pengembangannya kedepan diharapkan dapat membuat menu shalat sunah, penambahan
suratan pendeknya dalam Al-Quran.
ABSTRACT
Muhamad
Roofiq (12150036), Prayer Learning
Application in Early Childhood Based on Android
Technological
developments make mobile phones no longer function as a means of communication
but the features are increasingly enriched, making it more functional. The
purpose of this thesis is to design a mobile application for prayer information
to make it easier for Muslims to get information about the procedures for the
implementation of the obligatory prayers, especially for the process of
learning prayer in children often encounter obstacles such as limited info,
media and high mobility, therefore sometimes we need media learning that can be
taken anywhere - such as prayer guidance application on this handphone. This
application can display the prayer menu that contains mandatory prayer
guidelines, prayer details that contain images of prayer movements along with
lafadz and their sounds. This application modeling uses UML (Unified Modeling
Language), which includes Use Case Diagrams, Class Diagrams, Sequence Diagrams,
and Activity Diagrams. By making this application with the Fisher Yates Shuffle
algorithm is expected to help the process of learning prayer for children,
easily which can be used anytime and anywhere. As for the future development,
it is expected to be able to make the sunnah prayer menu, adding a short letter
in the quran
Keywords: Fisher Yates Shuffle,
Prayers, Multimedia
DAFTAR PUSTAKA
Abdurahman,
H., & Ririh, A. (2014). test 1, 8(2), 61–69.
Budiman, A., & Ariani, D. (2014). Aplikasi Interaktif
Pengenalan Pahlawan Revolusi Indonesia Berbasis Multimedia ( Studi Kasus di MI
AL-GINA ), 4(2), 2–6.
Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). SISTEM
INFORMASI PENJADWALAN DOKTER BERBASSIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK
CODEIGNITER ( STUDI KASUS : RUMAH SAKIT YUKUM MEDICAL CENTRE ), 11(2),
30–37.
Dewi, M. A., Anggraeni, V. D., Mudjadi, S. A., &
Wicaksono, A. (2014). APLIKASI REKAPITULASI ELEKTRONIK ABSENSI GURU &
PEGAWAI ( AREA-GP ) PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS, 2014(Sentika).
Dian, W. P. (2016). GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI
MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI, 1(1), 46–58.
Firman, A., Wowor, H. F., & Najoan, X. (2016). Sistem
Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web, 5(2).
Haditama, I., Slamet, C., & Fauzy, deny. (2016). FUZZY TSUKAMOTO DALAM GAME KUIS
TEBAK, I(1), 51–58.
Hidayat, A., Rizki, S. D., & Saputra, D. (2016).
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI BERBASISKAN WEB PADA SEKOLAH
MENENGAH ATAS NEGERI 5 BUKITTINGGI DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PERMROGRAMAN PHP, 6(2),
40–44.
HR. Tirmidzi, no. 413
Indah, A. A. (2014). PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI
SUMBER, 3(1).
Kusniati, H., & Saputra, N. (2016). Culture is a way of life that developed and shared by a group of people
, and inherited from one technology as a competitive sector that can added
value to the business processes that run . The development of information and
communication technology make, 9(1), 9–18.
Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan
Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas VIII Abstrak, 6(2301), 58–64.
Lesmana, H. C., Isnanto, R. R., & Widianto, E. D. (2016).
Perancangan Aplikasi Android “ SHOLAT YUKK ” sebagai Media Pembelajaran, 4(4),
502–509. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.4.2016.502-509
Madcoms. (2018). Memanfaatkan
Aplikasi Pendukung Android Pada Sistem Operasi Windows.
Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Rahman, F., & Hidayat, W. (2016). APLIKASI PETERNAKAN
AYAM BROILER BERBASIS ANDROID ANDROID BASED APPLICATION Rumusan Masalah Tujuan
Batasan Masalah, 2(2), 580–589.
Rahmawati, A., Kridalukmana, R., & Windasari, I. P.
(2015). Pembuatan Sistem Informasi Rental Mobil dengan Menggunakan Java dan
Mysql, 3(3), 335–342.
Rakhmah, S. N. (2016). Pembuatan Aplikasi E-Hadits Pada
Smartphone Berbasis Java Eclipse, 62–72.
Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain
Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal, 2(1), 6–12.
Swara, G. Y., & Pebriadi, Y. (2016). Jurnal TEKNOIF
ISSN : 2338-2724 REKAYASA PERANGKAT LUNAK PEMESANAN TIKET BIOSKOP Jurnal TEKNOIF
ISSN : 2338-2724, 4(2), 27–39.
Tjandra, S., & Pickerling, C. (2015). APLIKASI
METODE-METODE SOFTWARE TESTING PADA CONFIGURATION , COMPATIBILITY DAN USABILITY
PERANGKAT LUNAK, 367–374.