APLIKASI EDUKASI MENGENAL HIJAIYYAH UNTUK USIA DINI BERBASIS ANDROID DENGAN PENERAPAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE

research
  • 01 Sep
  • 2020

APLIKASI EDUKASI MENGENAL HIJAIYYAH UNTUK USIA DINI BERBASIS ANDROID DENGAN PENERAPAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE

ABSTRAK

 

Akbar Sofi (12150057), Aplikasi Edukasi Mengenal Hijaiyyah Untuk Usia Dini Berbasis Android dengan Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle

 

Alquran wajib selalu dipelajari dan difahami agar dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, Al-qur’an menggunakan bahasa arab yang kita kenal dengan huruf hijaiyyah. Mempelajari huruf hijaiyyah merupakan langkah awal dalam membaca dan memahami isi Alquran. Alquran sangat efektif diajarkan pada usia dini, di mana usia emas untuk mempejari sesuatu, namun sifat yang dimiliki seorang anak terkadang enggan untuk belajar dan cendrung untuk bermain Sehingga dibutuhkan suatu media pembelajaran yang bisa membatu anak dalam mempermudah dalam mempelajarinya. Proses pembelajaran hendaknya berlangsung secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan, oleh sebab itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang bisa membatu anak dalam mempermudah proses belajar. Perkembangan smartphone dengan os  android dapat digunakan untuk mendukung pembuatan suatu aplikasi pembelajaran. Pembuatan aplikasi mengenal hijaiyyah berbasis android ini di rancang menggunakan software android studio 3.2 dan menggunakan bahasa pemrograman Java. Pengembangan sistem menggunakan model waterfall yaitu analisis, desain, implementasi, testing dan maintenance. Aplikasi ini menampilkan tentang pengenalan huruf hijaiyyah secara berjenjang dengan membuat pemisahan huruf hijaiyyah dengan berharokat dan bertanwin dengan hasil keluarannya berbentuk huruf dan suara. Dengan menggunakan metode algoritma Fisher-Yates Shuffle pada kuis sehingga membuat pertanyaan tidak membosankan. Aplikasi ini diharapkan menjadi salah satu media pembelajaran bagi orang tua dalam membantu mengenalkan huruf Hijaiyyah.Aplikasi ini berjalan di device android dengan platform minimal 4.1.1 (Jelly Bean).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ix


 

ABSTRACT

 

Akbar Sofi (12150057), Educational Application to Know Hijaiyyah for Early Childhood Based on Android with the Application of the Fisher Yates Shuffle Algorithm

Text Box: The Koran must always be studied and understood so that it can be practiced in daily life, the Koran uses Arabic as we know it with the letter hijaiyyah. Studying hijaiyyah letters is the first step in reading and understanding the contents of the Koran. The Koran is very effective taught at an early age, where the golden age is to learn something, but the nature of a child is sometimes reluctant to learn and tends to play. So we need learning media that can help children facilitate learning. The learning process must be interactive, inspiring, and fun, therefore learning media are needed that can help children in facilitating the learning process. The development of smartphones with the Android OS can be used to support the creation of learning applications. Making an application to recognize Android-based Hijaiyyah was designed using Android Studio
3.2 software and using the Java programming language. System development uses the waterfall model, namely analysis, design, implementation, testing and maintenance. This application displays about the introduction of hijaiyyah letters in stages by separating hijaiyyah letters with hedges and farming with output in the form of letters and sounds. By using the Fisher-Yates Shuffle algorithm method on the quiz so that questions are not boring. This application is expected to be one of the learning media for parents in helping to introduce Hijaiyyah letters. This application runs on android devices with a platform of at least 4.1.1 (Jelly Bean).


 

Kata Kunci: Android, Hijaiyyah, Android Studio, java, Algoritma, Fisher Yates Shuffle.

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Teknik Komputer AMIK BSI, 2(1), 122–131.

Akil, I. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Dengan Model Unified Process Studi Kasus: Sistem Informasi Journal. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1), 11.

Alfarizi, S., Mulyawan, A. R., & Basri, H. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Uml ( Unified Modelling Language

) Pada Cv Harum Catering Karawang. Indonesian Journal on Networking and Security, 7(4), 27–31.

Ari, A., Elva, M., & Iman, N. (2018). Aplikasi Komputer dan Smartphone Berbasis Android untuk Menangani Reservasi Hotel pada Citi Smart Hotel - BSD. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, IV(2), 2. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3597

Brucles, L. D., Kurniawan, R., & Adrianto, S. (2017). Aplikasi Panduan Praktis Obat Herbal Untuk Penyakit Dalam Berbasis Platform Android. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 9(2), 40–46.

Daulay, M. R. (2014). Studi Pendekatan Al-Qur’an. Thariqah Ilmiah, 01(01), 31–45. Fajar, H., & Suharyanto. (2019). Aplikasi Pengetahuan Kehamilan Dan Perhitungan

Masa  Kehamilan  Berbasis  Android  Menggunakan  Metode  Algoritma   Naegele.

Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 4(2), 231–238.

Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik Komputer Amik Bsi, 59–67.

Hardyana, S. E., & Herlawati. (2016). Pulau Indonesia Berbasis Android Pada Tk Kupu- Kupu Mungil Bekasi. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, II(ISSN 2442-2436), 9– 21.

Harumy,    T.    H.    F.,    &    Dkk.    (2016).    BELAJAR                  DASAR   ALGORITMA     &

PEMPROGRAMAN C++ (1st ed.). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Huda, N. (2019). Aplikasi Bahasa Isyarat Pengenalan Huruf Hijaiyyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Runggu. 08, 1–6.

Pseudocode, J., Efendi, R., Purwandari, E. P., & Aziz, M. A. (2016). Berbasis Marker Augmented Reality Pada Platform Android. Sensors Have the Potential to Capture Various Observable Aspects of Expert Performance and the Environment in Which the Expert Performs. Some of These Aspects May Not Be Visible or Obvious to the Apprentice. Sensors Can Make Invisible Aspects of the Task, II(September), 124– 134.

85


 

Satyaputra, Alfa M.Sc. & Aritonang, E. M. S. K. (2016). Let`s Build Your Android Apps with Android Studio (Pertama). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Vadlya Maarif, Hidayat Muhammad Nur, W. R. (2018). Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid berbasis android. Evolusi, 6(1), 91–100. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/view/3586

Wijayanto Ardhi, Y. Y. (2018). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

winarno, & Puspitasari, D. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Karyawan Berbasis Web. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(2), 186–196. Retrieved                                                                                      from

http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/152