Alquran wajib selalu dipelajari dan difahami agar dapat diamalkan dalam
kehidupan sehari-hari, Al-qur’an menggunakan bahasa arab yang kita kenal dengan
huruf hijaiyyah. Mempelajari huruf hijaiyyah merupakan langkah awal dalam
membaca dan memahami isi Alquran. Alquran sangat efektif diajarkan pada usia
dini, di mana usia emas untuk
mempejari sesuatu, namun sifat yang dimiliki seorang anak terkadang enggan
untuk belajar dan cendrung untuk bermain Sehingga dibutuhkan suatu media
pembelajaran yang bisa membatu anak dalam mempermudah dalam mempelajarinya.
Proses pembelajaran hendaknya berlangsung secara interaktif, inspiratif,
dan menyenangkan, oleh sebab itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang bisa
membatu anak dalam mempermudah proses belajar. Perkembangan smartphone dengan os android dapat digunakan untuk mendukung
pembuatan suatu aplikasi pembelajaran. Pembuatan aplikasi mengenal hijaiyyah berbasis android ini di rancang
menggunakan software android studio
3.2 dan menggunakan bahasa pemrograman Java.
Pengembangan sistem menggunakan
model waterfall yaitu analisis,
desain, implementasi, testing dan maintenance. Aplikasi ini menampilkan
tentang pengenalan huruf hijaiyyah secara
berjenjang dengan membuat pemisahan huruf hijaiyyah dengan berharokat dan
bertanwin dengan hasil keluarannya berbentuk huruf dan suara. Dengan
menggunakan metode algoritma Fisher-Yates
Shuffle pada kuis sehingga
membuat pertanyaan tidak membosankan. Aplikasi ini diharapkan menjadi salah
satu media pembelajaran bagi orang tua dalam membantu mengenalkan huruf
Hijaiyyah.Aplikasi ini berjalan di device android dengan platform
minimal 4.1.1 (Jelly Bean).
ix
![]() |
Kata Kunci: Android, Hijaiyyah, Android Studio,
java, Algoritma, Fisher Yates Shuffle.
Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). Penerapan Teknologi
Augmented Reality pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Teknik Komputer AMIK BSI, 2(1), 122–131.
Akil, I. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Dengan Model Unified
Process Studi Kasus: Sistem Informasi Journal. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1),
11.
Alfarizi, S., Mulyawan, A. R., & Basri, H. (2018). Rancang Bangun
Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Uml ( Unified
Modelling Language
) Pada Cv Harum Catering Karawang. Indonesian Journal on Networking and
Security, 7(4), 27–31.
Ari, A., Elva, M., & Iman, N. (2018). Aplikasi Komputer dan
Smartphone Berbasis Android untuk Menangani Reservasi Hotel pada Citi Smart
Hotel - BSD. Jurnal Teknik Komputer Amik
Bsi, IV(2), 2.
https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3597
Brucles, L.
D., Kurniawan, R., & Adrianto, S. (2017). Aplikasi Panduan Praktis Obat
Herbal Untuk Penyakit Dalam Berbasis Platform Android. Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 9(2), 40–46.
Daulay, M. R.
(2014). Studi Pendekatan Al-Qur’an. Thariqah
Ilmiah, 01(01), 31–45. Fajar, H., & Suharyanto. (2019). Aplikasi Pengetahuan Kehamilan Dan Perhitungan
Masa Kehamilan
Berbasis Android Menggunakan
Metode Algoritma Naegele.
Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan
Teknologi Komputer, 4(2), 231–238.
Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Perancangan Animasi
Interaktif Pengenalan Huruf Alfabet Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik Komputer Amik Bsi, 59–67.
Hardyana, S.
E., & Herlawati. (2016). Pulau Indonesia Berbasis Android Pada Tk Kupu-
Kupu Mungil Bekasi. Jurnal Teknik
Komputer AMIK BSI, II(ISSN
2442-2436), 9– 21.
Harumy, T. H. F., & Dkk. (2016). BELAJAR DASAR ALGORITMA &
PEMPROGRAMAN
C++ (1st
ed.). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Huda, N.
(2019). Aplikasi Bahasa Isyarat
Pengenalan Huruf Hijaiyyah Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Runggu. 08, 1–6.
Pseudocode,
J., Efendi, R., Purwandari, E. P., & Aziz, M. A. (2016). Berbasis Marker
Augmented Reality Pada Platform Android. Sensors
Have the Potential to Capture Various Observable Aspects of Expert Performance
and the Environment in Which the Expert Performs. Some of These Aspects May Not
Be Visible or Obvious to the Apprentice. Sensors Can Make Invisible Aspects of
the Task, II(September), 124–
134.
85
Satyaputra,
Alfa M.Sc. & Aritonang, E. M. S. K. (2016). Let`s Build Your Android Apps with Android Studio (Pertama).
Jakarta: Elex Media Komputindo.
Vadlya Maarif, Hidayat Muhammad Nur, W. R. (2018). Aplikasi
pembelajaran ilmu tajwid berbasis android. Evolusi,
6(1), 91–100. Retrieved from
https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/view/3586
Wijayanto
Ardhi, Y. Y. (2018). Mudah Membuat dan
Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
winarno, & Puspitasari, D. (2015). Rancang
Bangun Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Karyawan Berbasis Web. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(2), 186–196. Retrieved from
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/152