Sekarang ini, mendaki gunung sudah menjadi sebuah gaya
hidup bagi kalangan anak muda. Industri outdoor yang memproduksi pakaian, tas
dan sepatu olahraga pun ikut berkembang dan mengikuti keinginan pasar. Setiap
perusahaan dalam memproduksi produknya memiliki merek tersendiri. Toko Pos 1
merupakan salah satu toko yang menjual berbagai alat pendakian yang biasa
digunakan para pendaki untuk naik gunung. Selain itu, toko Pos 1 juga sulit
mendapatkan informasi yang update mengenai tingkat penjualan perperiode. Oleh
sebab itu, dibutuhkanlah suatu sistem pendukung keputusan dan metode yang dapat
digunakan untuk merancang sebuah strategi bisnis yang dapat menyediakan suatu
informasi yang efisien dan efektif, yaitu data mining dengan menggunakan metode
asosiasi algoritma apriori. Penulis mengkhususkan mengambil produk tas gunung
saja sebagai bahan penelitian dengan memilih delapan merek, meliputi Avtech,
Consina, Co-trek, Cozmed, Eiger, Forester, Rei, Rugi. Dalam menganalisa data,
penulis menggunakan perhitungan algoritma
apriori dengan menguji hipotesis dua variable
antara nilai support dan nilai confidence. Setelah itu, dilakukan
perhitungan algoritma apriori menggunakan
Tanagra. Bedasarkan Analisa yang dilakukan penulis, bahwa carrier yang paling
diminati oleh pendaki adalah Avtech, Consina, Cozmed. Dari hasil tersebut bisa
digunakan oleh toko pos 1 untuk mempersiapkan stok merek produk tas gunung yang
banyak dibeli oleh pembeli dan menambah persediaan merek.
Anas, A. (2016).
Untuk Mendapatkan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan Smpn 3 Batanghari. Jurnal Ilmiah Media SISFO, 10(2), 628–641.
Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk
analisa data penjualan. Jurnal Pilar Nusa
Mandiri, 12(2), 121–129.
Choiriah, W.
(2016). Penggunaan Algorithma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui
Tingkatkesetiaan Konsumen ( Brand Loyality ) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor
( Studi Kasus Dealer Honda Rumbai ). Penggunaan
Algoritma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kesetiaan Konsumen
(Brand Loyality) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor (Studi Kasus Dealer Honda Rumbai), 7(1),
44–52.
Kanti, S., &
Indrajit, R. E. (2017). Implementasi Data Mining Penjualan Handphone Oppo Store
Sdc Tanggerang Dengan Algoritma Appriori. IMPLEMENTASI
DATA MINING PENJUALAN HANDPHONE OPPO STORE SDC TANGGERANG DENGAN ALGORITMA
APPRIORI, (November), 1–2.
Listriani, D.,
Setyaningrum, A. H., & M.A, F. E. (2016). Penerapan Metode Asosiasi
Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus
Toko Buku Gramedia Bintaro ). Jurnal
Teknik Informatika Vol 9 No. 2, Universitas Islam Negeri Jakarta, 9(2), 120–127. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619
Muflikhah, L.,
Ratnawati, D., & Putri, R. (2018). Data
Mining - Lailil Muflikhah, Dian Eka Ratnawati, Rekyan Regasari MP - Google Buku
(pertama). Retrieved from
https://books.google.co.id/books?id=V_NqDwAAQBAJ&printsec=frontcover&
dq=data+mining&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi6jIWMzJbiAhVCcq0KHYVK
D-QQ6AEIMDAB#v=onepage&q=data mining&f=false
Nursikuwagus, A.,
& Hartono, T. (2017). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan
Dengan Berbasis Web. Simetris :
Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 701. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.784
Purnia, D. S.,
& Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata
Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT
(Indonesian Journal ON COmputr and Information Technologi), 2(2), 31–39. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/2776
Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data Mining
Analisa Pola Pembelian Produk. Teknik
Informatika, (1), 19–24. Retrieved from
50
http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1267/12
00
Sikumbang, E. D.
(2018). Penerapan Data Mining Dengan Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), 9986(September), 1–4.
Suryadi,
H. (2015). Pengantar Data Mining.
Yogyakarta. Yogyakarta: Andi. Sugiyono. (2015). Metode penelitian
pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&DNo
Title. In Metode penelitian pendekatan kuantitatif,
kualitatif dan R&D (pp. 80– 84). Bandung: Alfabeta.