Penerapan Metode Algoritma Apriori Dalam Analisa Penjualan Merek Tas Gunung Pada Toko Pos 1

research
  • 27 Aug
  • 2020

Penerapan Metode Algoritma Apriori Dalam Analisa Penjualan Merek Tas Gunung Pada Toko Pos 1

ABSTRAK

 

 

Mochammad Nizar (11152585), Penerapan Metode Algoritma Apriori Dalam Analisa Penjualan Merek Tas Gunung Pada Toko Pos 1.

 

Sekarang ini, mendaki gunung sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi kalangan anak muda. Industri outdoor yang memproduksi pakaian, tas dan sepatu olahraga pun ikut berkembang dan mengikuti keinginan pasar. Setiap perusahaan dalam memproduksi produknya memiliki merek tersendiri. Toko Pos 1 merupakan salah satu toko yang menjual berbagai alat pendakian yang biasa digunakan para pendaki untuk naik gunung. Selain itu, toko Pos 1 juga sulit mendapatkan informasi yang update mengenai tingkat penjualan perperiode. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah suatu sistem pendukung keputusan dan metode yang dapat digunakan untuk merancang sebuah strategi bisnis yang dapat menyediakan suatu informasi yang efisien dan efektif, yaitu data mining dengan menggunakan metode asosiasi algoritma apriori. Penulis mengkhususkan mengambil produk tas gunung saja sebagai bahan penelitian dengan memilih delapan merek, meliputi Avtech, Consina, Co-trek, Cozmed, Eiger, Forester, Rei, Rugi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan perhitungan algoritma apriori dengan menguji hipotesis dua variable antara nilai support dan nilai confidence. Setelah itu, dilakukan perhitungan algoritma apriori menggunakan Tanagra. Bedasarkan Analisa yang dilakukan penulis, bahwa carrier yang paling diminati oleh pendaki adalah Avtech, Consina, Cozmed. Dari hasil tersebut bisa digunakan oleh toko pos 1 untuk mempersiapkan stok merek produk tas gunung yang banyak dibeli oleh pembeli dan menambah persediaan merek.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

Anas, A. (2016). Untuk Mendapatkan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan Smpn 3 Batanghari. Jurnal Ilmiah Media SISFO, 10(2), 628–641.

 

Badrul, M. (2016). Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 121–129.

 

Choiriah, W. (2016). Penggunaan Algorithma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkatkesetiaan Konsumen ( Brand Loyality ) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor ( Studi Kasus Dealer Honda Rumbai ). Penggunaan Algoritma Apriori Data Mining Untuk Mengetahui Tingkat Kesetiaan Konsumen (Brand Loyality) Terhadap Merek Kenderaan Bermotor (Studi Kasus Dealer Honda Rumbai), 7(1), 44–52.

 

Kanti, S., & Indrajit, R. E. (2017). Implementasi Data Mining Penjualan Handphone Oppo Store Sdc Tanggerang Dengan Algoritma Appriori. IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN HANDPHONE OPPO STORE SDC TANGGERANG DENGAN ALGORITMA APPRIORI, (November), 1–2.

 

Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & M.A, F. E. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ). Jurnal Teknik Informatika Vol 9 No. 2, Universitas Islam Negeri Jakarta, 9(2), 120–127. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti/article/view/5602/3619

 

Muflikhah, L., Ratnawati, D., & Putri, R. (2018). Data Mining - Lailil Muflikhah, Dian Eka Ratnawati, Rekyan Regasari MP - Google Buku (pertama). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=V_NqDwAAQBAJ&printsec=frontcover& dq=data+mining&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwi6jIWMzJbiAhVCcq0KHYVK D-QQ6AEIMDAB#v=onepage&q=data mining&f=false

 

Nursikuwagus, A., & Hartono, T. (2017). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 701. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.784

 

Purnia, D. S., & Warnilah, A. I. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Kacamata Menggunakan Algoritma Apriori. IJCIT (Indonesian Journal ON COmputr and Information Technologi), 2(2), 31–39. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/2776

 

 

Santoso, H., Hariyadi, I. P., & Prayitno. (2016). Data Mining Analisa Pola Pembelian Produk. Teknik Informatika, (1), 19–24. Retrieved from

 

 

 

50


http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/download/1267/12 00

 

 

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Dengan Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), 9986(September), 1–4.

 

Suryadi, H. (2015). Pengantar Data Mining. Yogyakarta. Yogyakarta: Andi. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&DNo

Title. In Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (pp. 80– 84). Bandung: Alfabeta.