ABSTRAK
Deryzky Akbar (11152534), Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan E-Marketplace Berdasarkan Fitur Layanan dengan Metode Weighted Product
Dengan adanya e-marketplace konsumen dapat berbelanja apa saja dan dimana saja
asalkan terhubung dengan koneksi internet. Namun, dengan perkembangan e-marketplace yang begitu pesat membuat
banyaknya bermunculan perusahaan e-marketplace
baru sehingga terkadang dapat membingungkan konsumen dalam memilih e-marketplace yang akan digunakan untuk
belanja online. Salah satu cara untuk membantu para konsumen dalam mengambil
keputusan dalam memilih dan bertransaksi di e-marketplace
adalah dengan adanya suatu metode yang dapat memberikan rekomendasi sebagai
bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan secara tepat yaitu, dengan
menerapkan metode weighted product
yang dapat menyelesaikan masalah dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating attribute dengan atribut bobot
yang bersangkutan. Adapun yang menjadi kriteria dalam penelitian ini adalah
pengiriman dengan bobot awal 20%, promo 55%, produk 40%, dan pembayaran 15%. Hasil
dari penelitian ini menunjukan bahwa rekomendasi alternatif terbaik adalah
Shopee dengan nilai vektor 0,338. Sedangkan Tokopedia 0,335 dan Bukalapak 0,327.
Skripsi_SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN.pdf
Skripsi_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Skripsi_DAFTAR ISI.pdf
DAFTAR PUSTAKA
Alwafi, F.,
& Magnadi, R. H. (2016). PENGARUH PRESEPSI KEAMANAN, KEMUDAHAN
BERTRANSAKSI, KEPERCAYAAN TERHADAP TOKO DAN PENGALAMAN BERBELANJA TERHADAP
MINAT BELI SECARA ONLINE PADA SITUS JUAL BELI TOKOPEDIA.COM. 5(2),
1–15.
Fauziah, D.
N., & Wulandari, D. A. N. (2018). Pengukuran kualitas layanan bukalapak.com
terhadap kepuasan konsumen dengan metode webqual 4.0. Jurnal Ilmu
Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 173–180.
Fahmi, I. (2018). Teori
dan Teknik Pengambilan Keputusan: Kualitatif dan Kuantitatif (3rd ed.; M.
A. Djalil, Ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Hatta, H. R.,
Rizaldi, M., & Khairina, D. M. (2016). Penerapan Metode Weighted Product
Untuk Pemilihan Lokasi Lahan Baru Pemakaman Muslim Dengan Visualisasi Google
Maps. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3),
85–94. https://doi.org/10.25077/teknosi.v2i3.2016.85-94
Khairina, D.
M., Ivando, D., & Maharani, S. (2016). Implementasi Metode Weighted
Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Andorid. 8(1), 1–8.
Nofriansyah,
D., & Defit, S. (2017a). MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) PADA
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (pertama; H. Rahmadhani & C. M. Sartono,
Eds.). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Nugroho, A.
K., & Sari, P. K. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website Tokopedia
Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4 . 0. E-Proceeding of
Management, 3(3), 2930–2937.
Picaully, M.
R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di
Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31–40.
https://doi.org/10.28932/jmm.v18i1.1094
Prasetyo, B.,
& Jannah, L. M. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF: Teori dan
Aplikasi (10th ed.; S. Rinaldy, Ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Rahman, S.
(2014). MENDAPATKAN UANG DARI WEBSITE MARKETPLACE. Jakarta: PT Elex
Media Komputindo.
Royanti, N.
I., & Yunianto, E. (2018). PEMILIHAN E-MARKETPLACE BAGI PEDAGANG BATIK
PEKALONGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP-TOPSIS. 36–43.
Sari, F.
(2017). METODE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN (1st ed.; D. Novidiantoko
& haris ari Susanto, Eds.).
Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Sebastian, D.
(2017). Rancang Bangun Website Klasifikasi Untuk Pencarian Produk Pasar Online
Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor. Jurnal Teknik Informatika Dan
Sistem Informasi, 3(3), 417–432.
https://doi.org/10.28932/jutisi.v3i3.655
Setiadi, A.,
& Agustia, R. D. (2019). PENERAPAN METODE AHP DALAM MEMILIH MARKETPLACE
E-COMMERCE BERDASARKAN SOFTWARE QUALITY AND EVALUATION ISO/IEC 9126-4 UNTUK
UMKM. 1–10.
Sudaryono.
(2018). METODOLOGI PENELITIAN. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono.
(2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (26th
ed.). bandung: ALVABETA.CV.
Syafitri, N.
A., Sutardi, & Dewi, A. P. (2016). PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT
DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAPTOP BERBASIS WEB. 2(1),
169–176.
Tobagus, A.
(2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pengguna Di
Situs Tokopedia. Agora, 6(1), 1–10.
Wahyuni, N.
(2014). UJI VALIDITAS DAN REABILITAS. Retrieved June 10, 2019, from
http://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/