Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan E-Marketplace Berdasarkan Fitur Layanan dengan Metode Weighted Product

research
  • 27 Aug
  • 2020

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan E-Marketplace Berdasarkan Fitur Layanan dengan Metode Weighted Product

ABSTRAK

 

 

Deryzky Akbar (11152534), Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan E-Marketplace Berdasarkan Fitur Layanan dengan Metode Weighted Product

 

Dengan adanya e-marketplace konsumen dapat berbelanja apa saja dan dimana saja asalkan terhubung dengan koneksi internet. Namun, dengan perkembangan e-marketplace yang begitu pesat membuat banyaknya bermunculan perusahaan e-marketplace baru sehingga terkadang dapat membingungkan konsumen dalam memilih e-marketplace yang akan digunakan untuk belanja online. Salah satu cara untuk membantu para konsumen dalam mengambil keputusan dalam memilih dan bertransaksi di e-marketplace adalah dengan adanya suatu metode yang dapat memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan secara tepat yaitu, dengan menerapkan metode weighted product yang dapat menyelesaikan masalah dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating attribute dengan atribut bobot yang bersangkutan. Adapun yang menjadi kriteria dalam penelitian ini adalah pengiriman dengan bobot awal 20%, promo 55%, produk 40%, dan pembayaran 15%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rekomendasi alternatif terbaik adalah Shopee dengan nilai vektor 0,338. Sedangkan Tokopedia 0,335 dan Bukalapak 0,327.

 


Unduhan

 

  • ABSTRAK.pdf

    Skripsi_ABSTRAK.pdf

    •   diunduh 309x | Ukuran 230,903
  • DAFTAR ISI.pdf

    Skripsi_DAFTAR ISI.pdf

    •   diunduh 318x | Ukuran 56,650

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). PENGARUH PRESEPSI KEAMANAN, KEMUDAHAN BERTRANSAKSI, KEPERCAYAAN TERHADAP TOKO DAN PENGALAMAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE PADA SITUS JUAL BELI TOKOPEDIA.COM. 5(2), 1–15.

 

Fauziah, D. N., & Wulandari, D. A. N. (2018). Pengukuran kualitas layanan bukalapak.com terhadap kepuasan konsumen dengan metode webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 173–180.

 

Fahmi, I. (2018). Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan: Kualitatif dan Kuantitatif (3rd ed.; M. A. Djalil, Ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

 

Hatta, H. R., Rizaldi, M., & Khairina, D. M. (2016). Penerapan Metode Weighted Product Untuk Pemilihan Lokasi Lahan Baru Pemakaman Muslim Dengan Visualisasi Google Maps. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(3), 85–94. https://doi.org/10.25077/teknosi.v2i3.2016.85-94

 

Khairina, D. M., Ivando, D., & Maharani, S. (2016). Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Andorid. 8(1), 1–8.

 

Nofriansyah, D., & Defit, S. (2017a). MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (pertama; H. Rahmadhani & C. M. Sartono, Eds.). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

 

Nugroho, A. K., & Sari, P. K. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4 . 0. E-Proceeding of Management, 3(3), 2930–2937.

 

Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31–40. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i1.1094

 

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF: Teori dan Aplikasi (10th ed.; S. Rinaldy, Ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

 

Rahman, S. (2014). MENDAPATKAN UANG DARI WEBSITE MARKETPLACE. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

 

Royanti, N. I., & Yunianto, E. (2018). PEMILIHAN E-MARKETPLACE BAGI PEDAGANG BATIK PEKALONGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP-TOPSIS. 36–43.

 

Sari, F. (2017). METODE DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN (1st ed.; D. Novidiantoko &  haris ari Susanto, Eds.). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.


 

Sebastian, D. (2017). Rancang Bangun Website Klasifikasi Untuk Pencarian Produk Pasar Online Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 3(3), 417–432. https://doi.org/10.28932/jutisi.v3i3.655

 

Setiadi, A., & Agustia, R. D. (2019). PENERAPAN METODE AHP DALAM MEMILIH MARKETPLACE E-COMMERCE BERDASARKAN SOFTWARE QUALITY AND EVALUATION ISO/IEC 9126-4 UNTUK UMKM. 1–10.

 

Sudaryono. (2018). METODOLOGI PENELITIAN. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

 

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (26th ed.). bandung: ALVABETA.CV.

 

Syafitri, N. A., Sutardi, & Dewi, A. P. (2016). PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LAPTOP BERBASIS WEB. 2(1), 169–176.

 

Tobagus, A. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pengguna Di Situs Tokopedia. Agora, 6(1), 1–10.

 

Wahyuni, N. (2014). UJI VALIDITAS DAN REABILITAS. Retrieved June 10, 2019, from http://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t-a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/