Implementasi Metode Weighted Product dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Layanan Uang Elektronik Terbaik

research
  • 27 Aug
  • 2020

Implementasi Metode Weighted Product dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Layanan Uang Elektronik Terbaik



Melati Wasti (11152264), Implementasi Metode Weighted Product dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Layanan Uang Elektronik Terbaik



Penelitian ini dilakukan untuk membantu pengguna dalam memilih uang elektronik terbaik. Dimana uang elektronik lebih mudah digunakan dari pada uang konvensional. Dengan menggunakan lima kriteria yaitu : kemudahan, keamanan, promosi, kecepatan dan kenyamanan. Penelitian ini dilakukan pada pengguna uang elektronik di kota Bekasi yang berpenduduk 3.013.851 jiwa dengan menggunakan sampel sebanyak 44 responden. Metode yang digunakan yaitu, metode weighted product. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rekomendasi alternatif uang elektronik yang pertama diperoleh oleh OVO memiliki nilai 0,394 dengan kriteria yang sangat berpengaruh positif yaitu nilai kemudahan (K1) = 206, keamanan (K2) = 204, promosi (K3) = 169, kecepatan (K4) = 203, kenyamanan (K5) = 183. Rekomendasi alternatif uang elektronik yang kedua diperoleh oleh Go-Pay memiliki nilai 0,359 dengan kriteria yang sangat berpengaruh positif yaitu nilai kemudahan (K1) = 182, keamanan (K2) = 168, promosi (K3) = 166, kecepatan (K4) = 183, kenyamanan (K5) = 180. Rekomendasi alternatif uang elektronik yang ketiga diperoleh oleh Dana memiliki nilai 0,227 dengan kriteria yang sangat berpengaruh positif yaitu nilai kemudahan (K1) = 115, keamanan (K2) = 126, promosi (K3) = 117 kecepatan (K4) = 124, kenyamanan (K5) = 111.



Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Uang Elektronik, Metode Weighted Product














 

 


Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

Bank Indonesia. (2018). Peraturan Bank Indonesia tentang Uang Elektronik, 4–5.

 

Retrieved from https://www.bi.go.id/id/peraturan/sistem-pembayaran/Pages/PBI-200618.aspx (29 April 2019)

 

Fahmi,  I.  (2016).  Teori  dan  Teknik  Pengambilan  Keputusan  Kualitatif  dan Kuantitatif. (M. A. Djalil, Ed.) (2nd ed.). Depok: PT RajaGrafindo Persada.

 

Hikmah, A. B., & Wiguna, W. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Kasir Lotte Mart Menggunakan Metode Weighted Product, 3(2), 186– 196. (30 April 2019)

 

Khafiyah, N. N. (2019). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Uang Elektronik Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO. Retrieved from http://jurnal.iicet.org/index.php/jppi/article/view/182/211 (28 April 2019)

 

Khairina, D. M., Ivando, D., & Maharani, S. (2016). Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android, 8(1), 1–8. Retrieved from http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/47 (28 April 2019)

 

Nofriansyah, D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. (H. Rahmandhani & C. M. Sartono, Eds.) (Pertama). Yogyakarta: CV Budi Utama.

 

Quthbi, Z. H. (2016). 27 Keputusan Menggunakan E Money. Pengaruh Kemudahan, Manfaat, Keamanan, dan Privasi. Retrieved from https://gilib.uin-suka.ac.id/20129/2/12390013_BAB-1_IV_atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf (09 April 2019)

 

Samosir, C. B. H., & K, A. B. P. (2015). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk ENERVON-C. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 267–422. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/96826-ID-jurnal-pengaruh-persepsi-harga-dan-promo.pdf%0A (28 Mei 2019)

 

Sandi,   M.    (2018).    Kuisioner    Penggunaan    Kartu    E-Money    Bank    Mandiri,

3(September). Retrieved from http://eprints.umpo.ac.id/4042/8/LAMPIRAN.pdf

 

(28 Mei 2019)

 

Sari, F. (2017). Metode dalam Pengambilan Keputusan. (D. Novidiantoko & H. A.

Susanto, Eds.) (Pertama). Yogyakarta: CV Budi Utama.

 

Sodik,  S.  S.  &  A.  (2015).  Dasar  Metodologi  Penelitian  (1st  ed.).  Yogyakarta:

Literasi Media Publishing.

 

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

 

 

 

 

41


 

 

Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian secara Online di Tokopedia.com, 5(1). (29 Mei 2019)

 

Umar, F. (2015). Pengaruh kenyamanan, kepercayaan, dan kelengkapan fitur terhadap keputusan penggunaan, Vol 5 No 1, 1–10. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/download/3960/3725 (29 Mei 2019)

 

Umar, H. (2019). Metode Riset Manajemen Perusahaan. (I. Febrianto & Fajarianto, Eds.) (1st ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Usman, R. (2017). Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. Yuridika, 32(1), 134. https://doi.org/10.20473/ydk.v32i1.4431 (08 April 2019)

 

Wardhani, S. (2018). Menuju Masyarakat tanpa Uang Tunai. Retrieved from https://www.validnews.id/MENUJU-MASYARAKAT-TANPA-UANG-TUNAI-AMn (08 April 2019)