Melati Wasti (11152264), Implementasi Metode Weighted Product dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Layanan Uang Elektronik Terbaik
Penelitian ini dilakukan untuk membantu pengguna dalam memilih uang elektronik terbaik. Dimana uang elektronik lebih mudah digunakan dari pada uang konvensional. Dengan menggunakan lima kriteria yaitu : kemudahan, keamanan, promosi, kecepatan dan kenyamanan. Penelitian ini dilakukan pada pengguna uang elektronik di kota Bekasi yang berpenduduk 3.013.851 jiwa dengan menggunakan sampel sebanyak 44 responden. Metode yang digunakan yaitu, metode weighted product. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rekomendasi alternatif uang elektronik yang pertama diperoleh oleh OVO memiliki nilai 0,394 dengan kriteria yang sangat berpengaruh positif yaitu nilai kemudahan (K1) = 206, keamanan (K2) = 204, promosi (K3) = 169, kecepatan (K4) = 203, kenyamanan (K5) = 183. Rekomendasi alternatif uang elektronik yang kedua diperoleh oleh Go-Pay memiliki nilai 0,359 dengan kriteria yang sangat berpengaruh positif yaitu nilai kemudahan (K1) = 182, keamanan (K2) = 168, promosi (K3) = 166, kecepatan (K4) = 183, kenyamanan (K5) = 180. Rekomendasi alternatif uang elektronik yang ketiga diperoleh oleh Dana memiliki nilai 0,227 dengan kriteria yang sangat berpengaruh positif yaitu nilai kemudahan (K1) = 115, keamanan (K2) = 126, promosi (K3) = 117 kecepatan (K4) = 124, kenyamanan (K5) = 111.
Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Uang Elektronik, Metode Weighted Product
DAFTAR PUSTAKA
Bank Indonesia. (2018). Peraturan
Bank Indonesia tentang Uang Elektronik, 4–5.
Retrieved
from https://www.bi.go.id/id/peraturan/sistem-pembayaran/Pages/PBI-200618.aspx (29
April 2019)
Fahmi, I. (2016).
Teori dan Teknik
Pengambilan Keputusan Kualitatif
dan Kuantitatif. (M. A. Djalil, Ed.) (2nd ed.). Depok: PT
RajaGrafindo Persada.
Hikmah, A.
B., & Wiguna, W. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Kasir
Lotte Mart Menggunakan Metode Weighted Product, 3(2), 186– 196. (30
April 2019)
Khafiyah, N. N. (2019). Pengaruh
Persepsi Mahasiswa Mengenai Uang Elektronik Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi
OVO. Retrieved from http://jurnal.iicet.org/index.php/jppi/article/view/182/211
(28 April 2019)
Khairina, D. M., Ivando, D.,
& Maharani, S. (2016). Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi
Pemilihan Smartphone Android, 8(1), 1–8. Retrieved from http://ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/47
(28 April 2019)
Nofriansyah, D., & Defit, S.
(2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung
Keputusan. (H. Rahmandhani & C. M. Sartono, Eds.) (Pertama).
Yogyakarta: CV Budi Utama.
Quthbi, Z. H. (2016). 27 Keputusan Menggunakan E Money. Pengaruh
Kemudahan, Manfaat, Keamanan, dan Privasi. Retrieved from
https://gilib.uin-suka.ac.id/20129/2/12390013_BAB-1_IV_atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
(09 April 2019)
Samosir, C.
B. H., & K, A. B. P. (2015). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Produk ENERVON-C. Jurnal Ilmiah
Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 267–422. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/96826-ID-jurnal-pengaruh-persepsi-harga-dan-promo.pdf%0A
(28 Mei 2019)
Sandi, M. (2018). Kuisioner Penggunaan Kartu E-Money Bank Mandiri,
3(September). Retrieved from
http://eprints.umpo.ac.id/4042/8/LAMPIRAN.pdf
(28 Mei 2019)
Sari, F. (2017). Metode dalam
Pengambilan Keputusan. (D. Novidiantoko & H. A.
Susanto, Eds.) (Pertama).
Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sodik, S.
S. & A.
(2015). Dasar Metodologi
Penelitian (1st ed.).
Yogyakarta:
Literasi Media Publishing.
Sudaryono.
(2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
41
Sudjatmika, F. V. (2017).
Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan
Pembelian secara Online di Tokopedia.com, 5(1). (29 Mei 2019)
Umar, F. (2015). Pengaruh
kenyamanan, kepercayaan, dan kelengkapan fitur terhadap keputusan penggunaan, Vol
5 No 1, 1–10. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/download/3960/3725 (29
Mei 2019)
Umar,
H. (2019). Metode Riset Manajemen Perusahaan. (I. Febrianto &
Fajarianto, Eds.) (1st ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Usman, R. (2017).
Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran. Yuridika, 32(1),
134. https://doi.org/10.20473/ydk.v32i1.4431 (08 April 2019)
Wardhani, S. (2018). Menuju
Masyarakat tanpa Uang Tunai. Retrieved from
https://www.validnews.id/MENUJU-MASYARAKAT-TANPA-UANG-TUNAI-AMn (08 April 2019)