ABSTRAK
TITO DARMAWAN (11140880), ”PENGUKURAN
KUALITAS WEBSITE HOTEL FORTUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL"
Hotel Fortuna merupakan salah satu sekolah
yang menerapkan media website sebagai media untuk memberikan informasi kepada
pengguna baik siswa ataupun masyarakat umum yang ingin mengetahui informasi
yang ada disekitar hotel. Sebagai media informasi website hotel fortuna tentunya harus mempunyai kualitas yang baik dalam memberikan
informasi sebagai salah satu bentuk layanan. Dari penelitian menegenai
penelitian kualitas layanan pada website hotel fortuna diketahui bahwa terdapat
27 atribut pertanyaan yang
mempengaruhi penilaian responden terhadap
kualitas layanan. Terdapat adanya hubungan positif terhadap layanan yang telah
diberikan website hotel fortuna terhadap
variabel kegunaan (usability),
kualitas informasi (information quality),
kualitas interaksi (service interaction),
dan kepuasan pelanggan. Website hotel fortuna sebaiknya mempertahankan dan
selalu meningkatkan kenerja atribut-atribut kualitas layanan yang dianggap vital dan berkontribusi banyak
oleh pengunjung website, terutama di sisi kuadran B yang berjumlah 7 atribut,
sehinggah para pengunjung merasakan kepuasan dan akan tetap berkunjung terhadap
website hotel fortuna.
DAFTAR PUSTAKA
Agustina,
N. (2016). Kualitas Layanan Website E-Commerce Lazada . co . id Menggunakan
Teknik Pengukuran WebQual. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND
PROFESSIONALS Vol.1, No. 1, Desember 2016, 42-54 E-ISSN: 2548-3587, 1(1),
42–54.
Dirgantara, H.
B., & Sambodo, A. T. (2015). Penerapan Model Importance Performance
Analysis dalam Studi Kasus: Analisis Kepuasan Konsumen bhinneka.com. Jurnal
Sains Dan Teknologi, 2(1), 52–62. Retrieved from http://research.kalbis.ac.id/Research/Files/Article/Full/CANWL8MBTPOVL4NIQWGNIA6H1.pdf
Djaeng, D. S., & Burhanudin, B. (2016). Analisa
Kualitas Website STMIK Bina Mulia Palu Menggunakan Framework WebQual. Jurnal
Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 2(2), 53–63. Retrieved
from http://jesik.web.id/index.php/jesik/article/view/52/34
Fathur, R., & Didik, K. (2017). Pengukuran Kualitas
Website Badan Nasional penanggulangan Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0. Ilmu
Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(1), 31–38.
Hafiz, A. (2017). Mengukur Kualitas Website dengan
Pendekatan Webqual 4.0 Modifikasi. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya,
1(1), 443–457. Retrieved from
https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/783
Kabanga, R.
S., Nugroho, H. A., & Winarno, W. W. (2018). Measuring User Satisfaction
and Website Adoption of Government Website Quality on The Dissemination Food
Security Information (Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Terhadap Kepuasan
Pengguna dan Adopsi Website dalam Diseminasi Informasi Ketahanan Pangan. Journal
Pekommas, 1(1), 45. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010105
Nada, N. Q., & Wibowo, S. (2015). Pengukuran
Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik. Jurnal Informatika Upgris (JIU),
122–131.
Nugroho, A. K., & Sari, P. K. (2016). Analisis
Pengaruh Kualitas Website Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan
Metode Webqual 4 . 0 the Effect Analysis of Tokopedia Website Quality Towards
User Satisfaction Using Webqual 4 . 0 Method. E-Proceeding of Management,
3(3), 2930–2937.
Saryoko, A. (2015). Perancangan Sistem Informasi
Penjualan Furniture Berbasis Web Pada
Pk. Bumi Jaya Bekasi. Perspektif, 13(1), 9–19. Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/1100
Setiyorini,
A., & Janabadra, U. (2018). Analisa Pengukuran Kualitas Layanan Website
Fakultas Teknik. (May).
Syaifullah, & Soemantri, D. O. (2016). PENGUKURAN
KUALITAS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus: CV. Zamrud
Multimedia Network). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1),
19–25.
Syukron, A., & Hasanah, N. (2015). Perancangan
Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas Winong. Jurnal
Bianglala Informatika, 3(1), 28–34.