PENGGUNAAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN SISWA DENGAN METODE PROFILE MATCHING SMK MEDIA TEKNOLOGI BOGOR.

research
  • 27 Aug
  • 2020

PENGGUNAAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN SISWA DENGAN METODE PROFILE MATCHING SMK MEDIA TEKNOLOGI BOGOR.

ABSTRAK

 

Muhammad Adam Rinaldy (11150286), PENGGUNAAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN SISWA DENGAN METODE PROFILE MATCHING SMK MEDIA TEKNOLOGI BOGOR.

 

SMK Media Teknologi  adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di Bogor, Setiap tahunnya SMK Media Teknologi membuka penerimaan siswa baru, setiap siswa SMK Media Teknologi akan ditempatkan pada kelas jurusan sesusai bidang atau kemampuan masing-masing siswa, Salah satu contoh masalah yang penulis ambil adalah disekolah tersebut terdapat 3 jurusan yaitu MM , OTKP dan TSM yang dimana pihak sekolah mengalami kesulitan untuk menentukan jurusan setiap siswanya, karena seiring berjalannya waktu siswa yang mendaftar di SMK Media Teknologi  bertambah banyak. Untuk meringankan pihak sekolah dalam menentukan jurusan siswa, maka penulis melakukan penelitian SPK menggunakan metode PROFILE MATCHING untuk membantu pihak sekolah menentukan penjurusan setiap siswanya. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dari data sekunder dalam bentuk rekap nilai ujian nasional siswa, nilai test psikotes dan minat siswa peneliti akan melakukan perhitungan data nilai rekap nilai ujian siswa sesuai bobot kriteria mata pelajaran, dikarenakan jumlah populasi data yang dikumpukan peneliti terlalu banyak yaitu 100 data digunakanlah rumus slovin untuk mendapatkan sampel penelitian menjadi 80 data dan software Microsoft Excel dan hitung manual untuk menghindari kesalahan pehitungan serta mempercepat perhitungan, Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dari banyaknya sampel yaitu 80 data ditentukanlah bahwa 36 siswa masuk pada jurusan TSM , 24 Siswa masuk pada jurusan OTKP dan 20 siswa masuk jurusan MM.

 

Kata Kunci: Metode PROFILE MATCHING, Menentukan Jurusan, SPK

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula (Pertama). Tegal, Jawa        Tengah: PT. Elex Media Komputindo.

Ahmad, L., & Munawir. (2018). Sistem Informasi Manajemen: Buku Referensi. (Syarifuddin, Ed.) (Perdana). Banda Aceh: Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh (KITA). Retrieved from https://www.academia.edu/attachments/56259839/download_file?st=MTU1NjIyNDM0NCwxMTUuMTc4LjIwNS4xODYsNTQwODQ1MDQ%3D&s=swp-toolbar

Anisya, & Allazi, E. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak Penjadwalan dan Pemesanan Iklan Radio ( Studi Kasus : Radio Classy FM ). Jurnal CoreIT, 3(2), 82–88. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/article/download/4420/pdf

Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I. N., & Suardana, I. W. (2017). EFEKTIVITAS IKLAN   MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM SEBAGAI SALAH             SATU STRATEGI PEMASARAN DI KRISNA OLEH-OLEH KHAS BALI. Jurnal         Analisis Pariwisata, 17(2), 78–83. Retrieved from             https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/download/36484/22056/

Latifah, N., Handayani, P. K., Muzid, S., & Andriawan, Y. (2017). SISTEM PENJADWALAN IKLAN TERINTEGRASI PADA STASIUN RADIO. Jurnal SIMETRIS, 8(1), 369–376. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/download/1021/833

Mujilan, A. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM (1st ed.). Madiun, Jawa    Timur: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.      Retrieved from https://mujilan.files.wordpress.com/2017/05/mujilan_2017-aps-ed1-r           ev01-full-public.pdf

Prasojo, L. D. (2013). SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN. (S. Pujiono, Ed.) (Pertama). Yogyakarta: UNY Press. Retrieved from            http://staffnew.uny.ac.id/upload/132254846/penelitian/BUKU SISTEM INFORMASI             MANAJEMEN PENDIDIKAN-Lantip Diat P.pdf

Saad, S., Masittah, R., & Ariffin, R. (2014). Makna Tersurat dan Tersirat dalam Iklan di Radio Berdasarkan Teori Imej, 01, 65–75. Retrieved from http://journal.ump.edu.my/ijleal/article/download/420/76/

Susanto, A. (2017). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pengembangan Secara      Terpadu (Perdana). Bandung: Linggar Jaya. Retrieved from        http://www.feb.unpad.ac.id/dokumen/files/sim-2017Buku.pdf

Windasari, I. P., & Yana, R. R. (2016). APLIKASI MOBILE KARTU MENUJU SEHAT ( M-KMS ). JURNAL SISTEM KOMPUTER, 6(2), 80–83. Retrieved from http://www.jsiskom.undip.ac.id/index.php/jsk/article/download/123/79

Yazia, V. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN             TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY (Studi     Kasus Blackberry Center Veteran Padang) Vivil Yazia. Journal of Economic and         Economic Education, 2(2), 166–173. Retrieved from http://ejournal.stkip-pgri-        sumbar.ac.id/index.php/economica/article/download/229/672

Yosi, & Wicaksono, T. A. (2017). SISTEM PENDAFTARAN IKLAN RADIO PADA DE. SURYA INFORMATIKA, 4(1), 41–46. Retrieved from http://ejournal.politeknikmuhpkl.ac.id/index.php/surya_informatika/article/download/83/69