ABSTRAK
Muhammad Adam Rinaldy (11150286), PENGGUNAAN
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN SISWA DENGAN METODE PROFILE
MATCHING SMK MEDIA TEKNOLOGI BOGOR.
SMK Media Teknologi
adalah sekolah menengah kejuruan yang berada di Bogor, Setiap tahunnya SMK Media Teknologi membuka penerimaan siswa baru, setiap siswa SMK Media Teknologi akan ditempatkan pada kelas jurusan sesusai bidang
atau kemampuan masing-masing siswa, Salah
satu contoh masalah yang penulis ambil adalah disekolah tersebut terdapat 3
jurusan yaitu MM , OTKP dan TSM yang dimana pihak sekolah mengalami kesulitan
untuk menentukan jurusan setiap siswanya, karena seiring berjalannya waktu
siswa yang mendaftar di SMK Media Teknologi
bertambah banyak. Untuk meringankan pihak sekolah dalam menentukan
jurusan siswa, maka penulis melakukan penelitian SPK menggunakan metode PROFILE MATCHING untuk
membantu pihak sekolah menentukan penjurusan setiap siswanya. Dalam penelitian
ini data dikumpulkan dari data sekunder dalam bentuk rekap nilai ujian nasional
siswa, nilai test psikotes dan minat siswa
peneliti akan melakukan perhitungan data nilai rekap nilai ujian siswa sesuai
bobot kriteria mata pelajaran, dikarenakan jumlah populasi data yang dikumpukan
peneliti terlalu banyak yaitu 100 data
digunakanlah rumus slovin untuk mendapatkan sampel penelitian menjadi 80 data dan software Microsoft Excel dan hitung manual untuk menghindari kesalahan pehitungan
serta mempercepat perhitungan, Hasil yang didapat
dari penelitian ini adalah dari banyaknya sampel yaitu 80 data ditentukanlah
bahwa 36
siswa masuk pada jurusan TSM , 24 Siswa masuk pada jurusan OTKP dan 20 siswa masuk
jurusan MM.
Kata Kunci: Metode PROFILE MATCHING, Menentukan Jurusan, SPK
Abstrak 11150286
Daftar Pustaka 11150286
Lembar Judul 11150286
Daftar Isi 11150286
DAFTAR PUSTAKA
Abdulloh, R. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula
(Pertama). Tegal, Jawa Tengah: PT. Elex Media
Komputindo.
Ahmad, L., & Munawir. (2018). Sistem Informasi Manajemen:
Buku Referensi. (Syarifuddin, Ed.) (Perdana). Banda Aceh: Lembaga Komunitas
Informasi Teknologi Aceh (KITA). Retrieved from
https://www.academia.edu/attachments/56259839/download_file?st=MTU1NjIyNDM0NCwxMTUuMTc4LjIwNS4xODYsNTQwODQ1MDQ%3D&s=swp-toolbar
Anisya, & Allazi, E. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak
Penjadwalan dan Pemesanan Iklan Radio ( Studi Kasus : Radio Classy FM ). Jurnal
CoreIT, 3(2), 82–88. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/article/download/4420/pdf
Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I. N., & Suardana, I. W.
(2017). EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA
SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM SEBAGAI SALAH SATU
STRATEGI PEMASARAN DI KRISNA OLEH-OLEH KHAS BALI. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2),
78–83. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/download/36484/22056/
Latifah, N., Handayani, P. K., Muzid, S., & Andriawan, Y.
(2017). SISTEM PENJADWALAN IKLAN TERINTEGRASI PADA STASIUN RADIO. Jurnal
SIMETRIS, 8(1), 369–376. Retrieved from
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/download/1021/833
Mujilan, A. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
(1st ed.). Madiun, Jawa Timur: Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Retrieved from
https://mujilan.files.wordpress.com/2017/05/mujilan_2017-aps-ed1-r ev01-full-public.pdf
Prasojo, L. D. (2013). SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN.
(S. Pujiono, Ed.) (Pertama). Yogyakarta:
UNY Press. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/132254846/penelitian/BUKU
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PENDIDIKAN-Lantip Diat P.pdf
Saad, S., Masittah, R., & Ariffin, R. (2014). Makna
Tersurat dan Tersirat dalam Iklan di Radio Berdasarkan Teori Imej, 01,
65–75. Retrieved from http://journal.ump.edu.my/ijleal/article/download/420/76/
Susanto, A. (2017). Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan
Pengembangan Secara Terpadu
(Perdana). Bandung: Linggar Jaya. Retrieved from http://www.feb.unpad.ac.id/dokumen/files/sim-2017Buku.pdf
Windasari, I. P., & Yana, R. R. (2016). APLIKASI MOBILE
KARTU MENUJU SEHAT ( M-KMS ). JURNAL SISTEM KOMPUTER, 6(2),
80–83. Retrieved from http://www.jsiskom.undip.ac.id/index.php/jsk/article/download/123/79
Yazia, V. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
HANDPHONE BLACKBERRY (Studi Kasus
Blackberry Center Veteran Padang) Vivil Yazia. Journal of Economic and Economic Education, 2(2),
166–173. Retrieved from http://ejournal.stkip-pgri- sumbar.ac.id/index.php/economica/article/download/229/672
Yosi,
& Wicaksono, T. A. (2017). SISTEM PENDAFTARAN IKLAN RADIO PADA DE. SURYA
INFORMATIKA, 4(1), 41–46. Retrieved from
http://ejournal.politeknikmuhpkl.ac.id/index.php/surya_informatika/article/download/83/69