Dapat
mengenal huruf hijaiyyah adalah dasar dari proses menghafal Al-Qur-an, untuk
dapat menghafal Al-Qur’an siswa-siswa terlebih dahulu harus bisa mengenal huruf
hijaiyyah. Dilihat dari karakter pembelajarannya maka materi dalam mata
pelajaran huruf hijaiyyah membahas tentang bentuk dan cara menyebut huruf
hijaiyyah. Permasalahan yang muncul karena waktu belajar yang sedikit di sekolah sehingga membuat target pembelajaran mengalami kemunduran. Media pembelajaran
huruf hijaiyyah ini akan menyelesaikan masalah yang terjadi. Dengan perangkat
aplikasi mobile yang dapat di gunakan
dimanapun sehingga siswa-siswa dapat belajar tidak hanya terbatas di sekolah.
Media pembelajaran ini menyajikan visualisasi bentuk huruf diserta audio cara
pelafalan huruf sehingga menjadikan pembelajaran menjadi sangat menarik dan
menyenangkan.
Afrizal, A. S. (2017). RANCANG BANGUN APLIKASI
PEMBELAJARAN DASAR PEMROGRAMAN BERBASIS MOBILE PHONE. Jurnal Teknik
Informatika Politeknik Sekayu (TIPS), VI(1), 1–19. Retrieved from http://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/view/142
Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H.
(2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE
ANALYSIS. Jurnal
Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, I(3),
31–36. Retrieved from
jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/70/50.pdf
Noor, M., & Lutviani, R. M. (2016). Aplikasi Pintar
Membaca Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Sains & Informatika, 2(2), 97–106. Retrieved from
jsi.politala.ac.id/index.php/JSI/article/view/35
Pratama, N. A., & Hermawan, C. (n.d.). APLIKASI
PEMBELAJARAN TES POTENSI AKADEMIK BERBASIS ANDROID. JNTETI, nn(nn), 1–6.
Retrieved from
jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/11
Pratama, Y. A., & Junianto, E. (2015). SISTEM PAKAR
DIAGNOSA PENYAKIT GINJAL DAN SALURAN KEMIH DENGAN METODE BREADTH FIRST
SEARCH. Jurnal Informatika, II(1), 212–221. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/69
Purwanti, I. (2013). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN
HURUF HIJAIYAH BERPLATFORM ANDROID UNTUK MADRASAH BACA TULIS AL
QURAN AL-FATTAH DESA
WIDODAREN KABUPATEN
NGAWI. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika
Dan Komputer FTI UNSA 2013 PERANCANGAN, 2(1), 123–130. Retrieved from
http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/734
Ramadhan, F., Tambunan,
T., & Aditya, B. R. (2016).
APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAHSIN ( MAQDIS ) BERBASIS ANDROID. E-
Proceeding of Applied Science, 2(1), 97–107. Retrieved
from http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/107374/aplikasi-pembelajaran-
ilmu-tahsin-maqdis-berbasis-android.html
Rosa A.S dan Shalahuddin,M. 2015. Rekayasa Perangkat
Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Situmorang, H. (2017). Analisa algoritma pada metoda
pencarian linier, biner dan interpolasi. Jurnal
Mahajana Informasi, 2(2), 1–8.
Retrieved from http://e-
journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/7/article/view/177
Sugihartono, T., & Isnanto, B. (2016). PROTOTIPE MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TILAWATIL QURAN
BERBASIS ANDROID PADA TPA
XYZ. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer Atma Luhur, 3(1), 53–60. Retrieved from
http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/TI_atma_luhur/article/download/221/183