Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyyah Pada Sekolah Dasar Berbasis Android.

research
  • 25 Aug
  • 2020

Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyyah Pada Sekolah Dasar Berbasis Android.

ABSTRAK

 

 

Nurdin Fajriyanto (12145171), Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyyah Pada Sekolah Dasar Berbasis Android.

 

Dapat mengenal huruf hijaiyyah adalah dasar dari proses menghafal Al-Qur-an, untuk dapat menghafal Al-Qur’an siswa-siswa terlebih dahulu harus bisa mengenal huruf hijaiyyah. Dilihat dari karakter pembelajarannya maka materi dalam mata pelajaran huruf hijaiyyah membahas tentang bentuk dan cara menyebut huruf hijaiyyah. Permasalahan yang muncul karena waktu belajar yang sedikit di sekolah sehingga membuat target pembelajaran  mengalami kemunduran. Media pembelajaran huruf hijaiyyah ini akan menyelesaikan masalah yang terjadi. Dengan perangkat aplikasi mobile yang dapat di gunakan dimanapun sehingga siswa-siswa dapat belajar tidak hanya terbatas di sekolah. Media pembelajaran ini menyajikan visualisasi bentuk huruf diserta audio cara pelafalan huruf sehingga menjadikan pembelajaran menjadi sangat menarik dan menyenangkan.

 

 

Kata Kunci: Huruf Hijaiyyah, Media Pembelajaran, Aplikasi Android

 

 

 

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Afrizal, A. S. (2017). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN DASAR PEMROGRAMAN BERBASIS MOBILE PHONE. Jurnal Teknik

Informatika     Politeknik     Sekayu     (TIPS),    VI(1),     1–19.    Retrieved    from http://jurnal.polsky.ac.id/index.php/tips/article/view/142

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE

ANALYSIS. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, I(3), 31–36. Retrieved from jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/70/50.pdf

Noor, M., & Lutviani, R. M. (2016). Aplikasi Pintar Membaca Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Sains & Informatika, 2(2), 97–106. Retrieved from jsi.politala.ac.id/index.php/JSI/article/view/35

Pratama, N. A., & Hermawan, C. (n.d.). APLIKASI PEMBELAJARAN TES POTENSI AKADEMIK BERBASIS ANDROID. JNTETI, nn(nn), 1–6.

Retrieved from jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/11

Pratama, Y. A., & Junianto, E. (2015). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT GINJAL DAN SALURAN KEMIH DENGAN METODE BREADTH FIRST

SEARCH.      Jurnal      Informatika,       II(1),      212–221.      Retrieved      from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/69

Purwanti, I. (2013). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH BERPLATFORM ANDROID UNTUK MADRASAH BACA TULIS   AL   QURAN   AL-FATTAH   DESA   WIDODAREN KABUPATEN

NGAWI. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA      2013                PERANCANGAN,                    2(1),      123–130.      Retrieved      from

http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/734

Ramadhan, F., Tambunan, T., & Aditya, B. R. (2016). APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAHSIN ( MAQDIS ) BERBASIS ANDROID. E-

Proceeding of Applied Science, 2(1), 97–107. Retrieved from http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/107374/aplikasi-pembelajaran- ilmu-tahsin-maqdis-berbasis-android.html

Rosa A.S dan Shalahuddin,M. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Situmorang, H. (2017). Analisa algoritma pada metoda pencarian linier, biner dan interpolasi. Jurnal Mahajana Informasi, 2(2), 1–8. Retrieved from http://e- journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/7/article/view/177

Sugihartono, T., & Isnanto, B. (2016). PROTOTIPE MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TILAWATIL QURAN BERBASIS ANDROID PADA TPA

XYZ. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer Atma Luhur, 3(1), 53–60. Retrieved          from

http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/TI_atma_luhur/article/download/221/183