Peramalan Persediaan Barang Menggunakan Metode Weighted Moving Average dan Metode Double Exponential Smoothing

Lihat/Buka

Tanggal

2018-04-30

Abstraksi

Arga Medical adalah toko yang bergerak dibidang penjualan alat kesehatan. Banyaknya transaksi penjualan akan mempengaruhi persediaan barang, sebagai usaha dibidang penjualan sering mengalami masalah dalam memprediksi jumlah produk yang harus tersedia untuk bulan berikutnya. Oleh karena itu penelitian ini membuat peramalan persediaan menggunakan metode Weighted Moving Average dan metode Double Exponential Smoothing, data yang digunakan untuk penelitian ini yaitu data penjualan selama satu tahun 2016. Metode Weighted Moving Average yaitu metode yang memberikan bobot yang berbeda untuk setiap historis sedangkan metode Double Exponential Smoothing yaitu metode yang memiliki nilai pemulusan pada waktu sebelum data sebenarnya,dari kedua metode ini menghasilkan peramalan persediaan untuk periode berikutnya 52 dengan Weighted Moving Average dan 60 dengan Double Exponential Smoothing. Kedua metode ini memiliki nilai Mean Square Error. Dimana nilai error Weighted Moving Average yaitu 0,114 dan nilai error Mean Square Error 6,12, nilai error terkecil adalah metode yang terbaik untuk peramalan persedian.

Kata Kunci: Peramalan, Persedian, Weighted Moving Average, Double Exponential Smoothing

URI
http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/676

Bidang ilmu
Sistem Informasi

References


Alfarisi, S. (2017). SISTEM PREDIKSI PENJUALAN GAMIS TOKO QITAZ MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 4(1), 80-95

Anisya, A., & Wandyra, Y. (2016). REKAYASA PERANGKAT LUNAK PENGENDALIAN INVENTORI MENGGUNAKAN METODE SMA (SINGLE MOVING AVERAGE) BERBASIS AJAX (ASYNCHRONOUS JAVASCRIPT AND XML)(STUDI KASUS: PTP NUSANTARA VI (Persero) UNIT USAHA KAYU ARO). Jurnal TeknoIf ISSN 2338-2724, 4(2).

Gofur, A. A. (2015). Sistem Peramalan Untuk Pengadaan Material Unit Injection di PT. XYZ. Komputa: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 2(2).

Hayuningtyas, Ratih Yulia. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Heizer, J., & Render, B. (2015). Manajemen operasi.

Imbar, R. V., & Andreas, Y. (2015). 10. Aplikasi Peramalan Stok Barang Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing. Jurnal Sistem Informasi, 7(2).

Margi, K., & Pendawa, S. (2015). Analisa Dan Penerapan Metode Single Exponential Smoothing Untuk Prediksi Penjualan Pada Periode Tertentu (Studi Kasus: Pt. Media Cemara Kreasi). Prosiding SNATIF, 2.

Raphella, D. A. S, Mr. Gomathi Nathan. S, Ms. Chitra. G. (2014). Inventory Management-A Case study. International Journal of Emerging Research in Management & Technology, 3.

Saputra, Andri. (2016). Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Persediaan Barang Menggunakan Metode Weihted Moving Average. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Bisnis, dan Desain.