PENENTUAN PEMBERIAN KPR PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

research
  • 11 Sep
  • 2020

PENENTUAN PEMBERIAN KPR PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Adam Bris (11160298), PENENTUAN PEMBERIAN  KPR PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK MENGGUNAKAN METODE ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS (AHP).


Pemberian kredit memiliki menimbulkan resiko yang sangat besar yang mungkin ditanggung bank terhadap ketidakpastian pengembalian pinjaman dari debitur. Timbulnya kredit bermasalah selanjutnya dapat kesulitan dari bank tersebut. Bank BTN berperan penting dalam pemberian kredit kpr pada nasabah. Dalam pemberian kredit kpr pihak bank harus melakukan penelitian dan perhitungan yang tepat terhadap calon debitur. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika mengambil keputusan dalam pemberian kredit kpr kepada nasabah, agar tidak terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan yang dapat mengakibatkan kerugian pada bank yaitu kemungkinan terjadinya kredit macet. Melihat sering terjadinya resiko kredit macet yang ditanggung Bank BTN dikarenakan ketidakpastian pengembalian pinjaman debitur, dan dimana kredit bermasalah tentunya dapat mempengaruhi kesehatan suatu Bank.  Adapun perumusan masalah yang dihadapi yaitu Bagaimana cara mempermudah bank dalam menentukan debitur yang tepat.Tetapi semua itu dapat dilakukan dengan membandingkan beberapa kriteria dan beberapa alternative dapat menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP). Dengan menggunakan Analitycal Hierarchy Process, permasalahan yang ada didekomposisi berdasarkan kriteria yang lebih spesifik menggunakan sistem hirarki, kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menemukan alternatif solusi yang optimal. Selain itu metode Analitycal Hierarchy Process memiliki kelebihan dalam mengambil suatu keputusan dengan cara membandingkan secara berpasangan setiap kriteria yang dimiliki oleh suatu permasalahan sehingga didapat suatu bobot nilai dari kepentingan tiap kriteria-kriteria yang ada.


Unduhan

  • File_8 Abstrak.pdf

    SKRIPSI_File_8 Abstrak.pdf

    •   diunduh 99x | Ukuran 1,533 KB
  • File_9 Daftar Isi.pdf

    SKRIPSI_File_9 Daftar Isi.pdf

    •   diunduh 241x | Ukuran 1,526 KB

 

REFERENSI

Dian Eka Permatavitri, I Ketut Gunarta, Udisubakti Ciptomulyono. 27 Juli 2013. Perancangan Model Pengambilan keputusan Pemberian Kredit. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya


Fitria. 2013. ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS Metode Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Pada Koperasi Mandiri Utama. Jurnal Informatika Lampung: Vol. 13 No.1,Juni 2013


 Hamidi. 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press.


Hersatoto Listiyono, Sunardi, dan Teguh Khristianto 2011 Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit (Studi Kasus pada BPR Argo Dana Semarang) . ISSN: 0854-9524. Universitas Stikubank Semarang: Vol.16 No.1 November 2011: 123-132.


Saduldyn Pato. 2013. Analisis Pemberian Kredit Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. ISSN: 2303-1174. Manado: Vol.1 No.4 Desember 2013: 875-885.


Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi, Amikom. Yogyakarta.


Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.


Kasmir. 2011.Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.