Toko Rizky adalah sebuah toko yang bergerak di bidang penjualan sembako. Selama ini kegiatan di toko bisa dikatakan belum maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka penulis melakukan penelitian dan merancang sebuah sistem informasi penjualan sembako. Tujuan dibangunnya sistem ini yaitu memberikan informasi kepada pelanggan, dan pelanggan juga dapat melkukan pemesanan dan juga pelanggan dapat melakukan transaksi secara online. Toko Rizky dapat membantu proses penjualan serta memudahkan pelanggan dalam melakukan proses pembelian sembako secara online. Dengan adanya sistem ini dapat mempermudah dan membantu dalam meningkatkan kinerja dalam pengelolaan data sehingga memperoleh informasi informasi dengan cepat dan akurat. Sistem yang akan dibuat berupa prototype, dengan adanya sistem informasi penjualan ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah transaksi penjualan barang pada Toko Rizky Metode yang dipakai atau digunakan dalam penerapan sistem informasi penjualan adalah Design Thinking. Metode ini memiliki 5 tahapan proses yaitu diantaranya Emphatize, Define, Ideate, Prototype, Test. Setelah melakukan 5 tahapan tersebut dengan baik, penulis kemudia melakukan Usability Testing dengan menggunakan metode system Usability Scale (SUS) yang menghasilkan skor rata-rata sebesar 74 .
111220999 - Ida Parwati
[1] A. F. Lestari and M. Hafiz, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Barbar Warehouse,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 1, p. 96, 2020, doi: 10.35314/isi.v5i1.1317.
[2] I. Engineering et al., “Perancangan Ui / Ux Aplikasi Ogan Lopian Diskominfo,” vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.
[3] M. Ahmadar, P. Perwito, and C. Taufik, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA RAHAYU PHOTO COPY DENGAN DATABASE MySQL,” Dharmakarya, vol. 10, no. 4, p. 284, 2021, doi: 10.24198/dharmakarya.v10i4.35873.
[4] A. G. Gani, P. F. Dewi, A. Sugiharto, D. Caringin, and T. Bandung, “Sistem Informasi Point of Sale Berbasis Web Pada Dapur Caringin Tilu Bandung,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 10, no. 2, 2014, doi: 10.35968/jsi.v10i2.1072.
[5] Elisabeth Yunaeni Anggraeni, pengantar sistem informasi. yogyakarta: Andi, 2017.
[6] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
[7] M. Y. F. Hidayatulah Himawan, Buku Ajar User Interface User Experience. yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat: UPN Veteran, 2020.
[8] Y. S. Jamilah and A. C. Padmasari, “Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Say.Co,” J. Desain Komun. Vis., vol. 9, no. 2, pp. 73– 78, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/tanra/article/view/29458
[9] M. T. Dr. Tenia Wahyuningrum, S.Kom., Buku Referensi Mengukur Usability Perangkat Lunak. yogyakarta: Deepublish, 2021.
[10] Izzati Mufida and Rizka Ramayanti, “Implementasi Design Thinking Dalam Menciptakan Inovasi Sign Language Translantor,” IKRA-ITH Teknol. J. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 3, pp. 13–22, 2023, doi: 10.37817/ikraithteknologi.v7i3.3229.
[11] A. S. Hussein, Metode Design Thinking Untuk Inovasi Bisnis. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2018.
[12] Armin, Farid, and Nurfidah, “Pengaruh Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Karya Baru ( Study Kasus Di Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima ) Tahun 2022,” Bus. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 10–22, 2023.
[13] S. Balafif, “Analisis Website Menggunakan Heuristic Evaluation Berbasis Severity Ratings Dan System Usability Scale,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 4, no. 3, pp. 123–130, 2022, doi: 10.51401/jinteks.v4i3.1767.
[14] R. Bagus Bambang Sumantri, R. Suryani, and R. Agus Setiawan, “Pelatihan Desain Prototipe Sistem Informasi Siswa SMK Menggunakan FIGMA,” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 3, p. 2023, 2023.
[15] R. S. Aryaputra, F. Fadilla, R. Y. Lubis, and M. K. Jefri Rahmadian, S.Kom., CARA MUDAH MEMAHAMI DESAIN UNTUK PEMULA DALAM PENGGUNAAN FIGMA. Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA, MARET 2023 ANGGOTA IKAPI JAWA TENGAH NO. 225/JTE/2021, 2023.
[16] M. J. Darmawan and R. P. Sutanto, “Penerapan Design Thinking pada Perancangan Fitur Fleet Management dalam Website Transportation Management System Waresix,” Nirmana, vol. 23, no. 2, pp. 113–122, 2023, doi: 10.9744/nirmana.23.2.113-122.
[17] B. Wiguna and D. Kurniawan, “Analisis Penerapan Design Thinking Untuk Menampilakan Brand Image Instagram Grocie. Id,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, p. 9, 2022.