ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN GERAKAN TATA CARA BERWUDHU DAN SHALAT

research
  • 17 Jun
  • 2020

ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN GERAKAN TATA CARA BERWUDHU DAN SHALAT

ABSTRAKSI 

FAJAR AGUNG NURDIANSYAH (11152948), Animasi Interaktif Pengenalan Gerakan Tata Cara Berwudhu dan Shalat 

Shalat bukanlah hal yang baru dalam sejarah islam, bahkan ibadah ini sudah ada semenjak zaman Jahiliah. Kata “shalat” atau “shalawat” mengandung arti do’a, maksudnya Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa kepada Rasulullah SAW. Umat muslim wajib melaksanakan ibadah shalat wajib lima waktu, hukum shalat wajib lima waktu adalah fardu ‘ain yang artinya jika tidak dikerjakan maka dia akan mendapatkan dosa, jika dia mengerjakannya dia akan mendapatkan pahala, shalat juga diisyaratkan sebagai tiang agama Islam, yang mana jika dia meninggalkan shalat dia seperti merobohkan agamanya sendiri, tentu ini menjadi perhatian bagi orang tua untuk mengenalkan tata cara shalat sejak anak-anak, supaya jika kelak anak sudah mencapai usia baligh anak biasa mengerjakan shalat wajib lima waktu tepat waktu. Media pembelajaran mengenai tata cara shalat beserta wudhu saat ini banyak ditemui dipasaran, seperti buku. Namun pada buku penyampaian gerakan shalat dan wudhu hanya berupa teks atau gambar diam saja  Selain buku, media pembelajaran lain seperti audio tape recorder dan CD interaktif. Keduanya sudah berbasis multimedia, namun masing-masing media pembelajaran tersebut masih memiliki kekurangan. Maka dari itu dibuatlah aplikasi untuk menyelesaikan permasalahan diatas dengan memanfaatkan teknologi komputer yang akan digunakan untuk membuat suatu metode pembelajaran yang menarik serta interaktif untuk anak-anak dalam belajar tata cara wudhu dan shalat pada anak-anak 

Kata 

Unduhan

  • SKRIPSI.pdf

    FAJAR AGUNG NURDIANSYAH _SKRIPSI.pdf

    •   diunduh 690x | Ukuran 1,539 KB

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA  

Amrulloh, & Mulyoto, A. (2016). Animasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak 4-5 Tahun Berbasis Android. 1(2), 38–42. Andriansyah, D., & Bayzuri, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Tata Cara Shalat Untuk Anak Berbasis Android. 7(4), 1–5. Christian, A., Ariani, F., & Rizal, K. (2014). Animasi Interaktif Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Untuk Anak Usia Dini. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK), 179–183. Fadzilatunnisa, I., & Tresnawati, D. (2015). Pengembangan aplikasi tata cara wudhu dan shalat untuk anak menggunakan sistem multimedia. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 7(1), 1–7. Fitria, Dinar , Septiana, A. (2016). Perancangan animasi interaktif pengenalan tata surya untuk siswa sekolah berbasis android. Sniptek 2016 Isbn : 978-602-728503-3, 303–308. Retrieved from https://konferensi.nusamandiri.ac.id/proceeding/index.php/sniptek/article/view/ 113/113. Julfaisal, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Tata Cara Wudhu Dan Shalat Berbasis Animasi 3 Dimensi. 7. Mahardika, A., & Destiana, H. (2014). Animasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Hewan Dan Alat Transportasi Untuk Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 10(1), 100–111. Merlina, N., & Informasi, J. S. (2016). ANIMASI INTERAKTIF OLAHRAGA PERMAINAN BOLA BESAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SMP MAZRO ’ ATUL. 275–282. Rahayu, S., & Denenty, P. (2017). Pengembangan Aplikasi Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, 14(2), 148. Retrieved from http://journals.sttgarut.ac.id/index.php/algoritma/article/view/107 Setiadi, D., Nugroho, R., Muklish, M., Aulia, R., & Handoko, T. D. (2019). Analisis Efektifitas Animasi Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Tuna Aksara Menggunakan Flash. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 4(1), 9–13. Sirumapea, A., Budiman, A., & Fadil, M. A. (2018). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Nama Alat Transportasi Dua Bahasa Berbasis Android di TK Islam Husni. 8(2). Syafril, U. M. (2018). Panduan Salat Lengkap. Utomo, Y. B., Herlawati, & Sihombing, E. G. (2015). Animasi Interaktif Pengenalan Pakaian Adat Tradisional Pada Smp Pgri 1 Bekasi. Teknik Komputer Amik Bsi, 1(1), 114–122. Wahyudin, D. A., & Rahim, A. (n.d.). BERDASARKAN AL- QUR ’ AN DAN AS SUNNAH. 10(1), 395–405. Wardan, R., & Kurniadi, D. (2017). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 14(2), 1–8. Wijayanto, R. (2014). PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS 2 PADA MI NURUL FALAH CIATER. II(1), 1