Perancangan Animasi Interaktif Belajar Membaca untuk Balita

research
  • 24 Aug
  • 2018

Perancangan Animasi Interaktif Belajar Membaca untuk Balita


Wiji Lestari (11123476), Perancangan Animasi Interaktif Belajar Membaca untuk Balita


 


Media pembelajaran yang hanya mengandalkan alat-alat tulis seperti buku, kertas, pensil atau pena dalam proses belajar-mengajar menyebabkan terjadinya ketidak- lancaran komunikasi antara orang tua atau guru dengan anak atau siswa. Huruf hijaiyah merupakan huruf yang terdapat dalam Al-qur’an dan ditulis menggunakan huruf Arab. Dalam hal ini media pembelajaran harus lebih kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran guna meningkatkan minat belajar pada usia balita khususnya belajar membaca untuk anak balita guna pembekalan ilmu sebelum melanjutkan ke pendidikan yang lebih lanjut.


Dengan adanya aplikasi animasi interaktif ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi anak-anak kita. Media pembelajaran yang disajikan tentu saja belajar sambil bermain dengan tujuan menumbuhan minat belajar dan memperkenalkan teknologi informasi pada anak usia balita.


 


Kata Kunci: Animasi Interaktif , Belajar Hijaiyah, Balita


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


Unduhan

 

REFERENSI


Kadir. Abdul dan Triwahyudi. Terra Ch. 2005. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.


 


Komputer. Wahana. 2012. Adobe Flash Cs6. Yogyakarta: Andi.


 


Madcoms. 2012. Adobe Photoshop CS6. Yogyakarta: Andi.


 


Nalurita. Liya, Rusdy A Siroj dna Ratu Ilma Indra Putri. 2010. Bahan Ajaran Bangunan dan Simetri Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) menggunakan Macromedia Flash di Kelas 5 Sekolah Dasar. Volume 4. No.1 Juni 2010.


 


Sudjana, Nana. 2010. Media Pembelajaran Menganal Huruf Hijaiyah.


 


Pressman, Roger S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak-Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: ANDI.


 


Pertiwi, Wardijono. 2014. Aplikasi Belajar Membca dan Mengucapkan Huruh Hijaiyah Dengan Tajwid Berbasis Android.


 


Santi. Isma Trisna dan Sukadi. 2014. Pembuatan Game Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah di Taman Kanak-Kanak (TK) Az-Zalfa Sidoharjo Pacitan. Volume 11 No 4-2014.


 


Susila, Candra Budi dan Erlina Idola Ganis. 2012. Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi Keamatan Pacitan. Seruni FTI UNSA. Vol 1, 2012.