PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF TATA CARA WUDHU DAN SHALAT WAJIB BERBSIS ANDROID PADA TQT AL-ABADIYAH

research
  • 03 Aug
  • 2018

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF TATA CARA WUDHU DAN SHALAT WAJIB BERBSIS ANDROID PADA TQT AL-ABADIYAH


Jeni (11135245), Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Wudhu dan Shalat Wajib Berbasis Android Pada TQT Al-Abadiyah.


 


Umat muslim diwajibkan mengerjakan shalat wajib dengan pemaham serta iman, shalat tidak bisa dilakukan tanpa berwudhu, maka dari itu pemahaman tata cara shalat dan wudhu harus diterapkan sejak anak-anak. Salah satu sarananya adalah di TQT Al-Abadiyah. Pembelajaran menggunakan teknik ceramah yang kurang efektif menyebabkan anak tidak focus serta mudah bosan dalam menerima pembelajaran. Dalam hal ini metode pembelajaran harus lebih kreatif dengan memanfaatkan teknologi guna meningkatkan minat anak belajar tata cara wudhu dan shalat wajib. Aplikasi animasi interaktif tata cara wudhu dan shalat wajib ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi anak-anak maupun guru di TQT Al-Abadiyah. Dalam aplikasi ini menggunakan unsur teks, gambar, animasi dan suara sehingga menarik dan memudahkan anak dalam mengingat pelajaran tata cara wudhu dan shalat.


 

Kata Kunci: Android, Interaktif, Shalat, Whudu.

Unduhan

  • CCF02182018_0005.jpg

    Lembar Konsultasi

    •   diunduh 174x | Ukuran 307 KB
  • SKRIPSI-JENI.pdf

    Jeni _ 11135245

    •   diunduh 388x | Ukuran 1,242 KB

 

REFERENSI


Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori, Yogyakarta: Andi.

Ernawati. 2010. Media Pembelajaran Shalat Bagi Anak Berbasis Multimedia. Vol 2 No 2, 2010.

Fadzilatunnisa Intan, Tresnawati Dewi. 2015. Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia. Vol 12 No 1, 2015.


Hermawan, Stephanus. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android, Andi. Salatiga.


 


Kinasih, Dwi dan Nugroho Agung Prabowo. 2013. Pembuatan Media Pembelajaran  Interaktif Sholat Fardu Lima Waktu. Vol 5 No 4, 2013.


Komputer. Wahana. 2012. Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi. Madcoms. 2012. Adobe Photoshop CS6. Yogyakarta: Andi.

Sadeli, Muhamad, 2014. Toko Buku Online Android. Palembang: Maxikom.

Sukamto    dan    Muhammad,    2013    .    Rekayasa    Perangkat    Lunak    Terstruktur     dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.