Mukti Lestari (11161545), “ Animasi Interaktif Pengenalan dan Pembelajaran Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Iqro Untuk Siswa Paud Al-Yusufiah Jakarta Barat ”
Sehubungan dengan pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi anak, maka belajar membaca Al-Qur’an pada anak usia dini merupakan tingkat mempelajari Al-Qur’an tahap dasar mengenal huruf hijaiyah dari “Alif” sampai “Ya” hingga hal membaca dan melafalkan huruf hijaiyah dengan fasih dan lancar, sesuai dengan kaidah – kaidah yang berlaku. Pentingnya pembelajaran Al-Qur’an bagi anak dalam proses perubahan tingkah laku anak didik melalui proses belajar yang berdasarkan pada nilai – nilai Al-Qur’an. Dimana orangtua menjadi peranan penting dalam pendidikan anak dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan tahap dasar pengenalan huruf – huruf hijaiyah pada anak usia dini salah satunya dengan metode iqro. Anak- anak usia PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ) diantara usia 3 - 6 tahun lebih tertarik untuk belajar menggunakan sebuah sistem dan media baru serta lebih menarik. Agar anak – anak lebih tertarik belajar maka perlu cara atau sarana sesuai dengan tingkat usianya. Namun, dengan keterbatasan penggunaan media pembelajaran berperan membatasi kreativitas anak didiknya yang tentunya sudah tidak menarik lagi bagi anak – anak.
Kata kunci : Huruf Hijaiyah, metode iqro
Lembar Konsultasi
Ika Purwanti. 2013. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berplatform Android Untuk Madrasah Baca Tulis Al Quran Al-Fattah Desa Widodaren Kabupaten Ngawi. ISSN:2302-1136. Ngawi: Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013 Vol. 2, No. 1 Maret 2013.
Nabila Hizky. 2016. Animasi Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada TK/TPA Islam Ar–Rahmah.ISSN:2442-2444.Tangerang: Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa Vol. II, No. 1 Februari 2016.
Rosa, AS. & M, Salahuddin. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Obejek). Modula, Bandung.
Vaughan, Tay. 2011. Multimedia:Making It Work. 8th Edition. New York:McGraw-Hill.
Wanda Ramansyah. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Tema Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. ISSN:2407-4489. Bangkalan: Jurnal Ilmiah Edutic Vol. 3, No. 1 November 2016.