PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HURUF DAN ANGKA UNTUK SISWA PAUD AL-HIKMAH TANGERANG

research
  • 02 Aug
  • 2018

PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN HURUF DAN ANGKA UNTUK SISWA PAUD AL-HIKMAH TANGERANG


Anik Nurkanah (11135302), Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Huruf dan Angka Untuk Siswa PAUD Al-Hikmah Tangerang


 


Usia dini khususnya pada lima tahun pertama merupakan usia yang sangat penting bagi perkembangan anak. Semakin muda umur anak, semakin besar daya serapnya terhadap informasi baru. Perbedaan daya tangkap anak terhadap mengingat huruf dan angka harus dipupuk sejak dini yang akan dijadikan sebagai bekal bagi seorang anak memasuki dunia pendidikan dan sebagai langkah awal menguasai ilmu pengetahuan. Media pembelajaran dengan menggunakan metode konservatif, dimana guru hanya menerangkan materi yang ada dibuku membuat proses belajar mengajar cepat merasa bosan. Dalam hal ini media pembelajaran harus lebih kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran guna meningkatkan kreatifitas dan minat siswa dalam belajar. Dengan adanya aplikasi animasi interaktif diharapkan dapat memberi manfaat bagi siswa.


 


 


Kata Kunci: Usia Dini, Belajar, Huruf dan Angka, Interaktif.


Unduhan

 

REFERENSI


Indriyani Fintri dan Kurniasih R Sihite. 2015. Pengenalan Huruf, Angka dan Warna Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jakarta: Paradigma Vol XVII No 1 Maret 2015: 28-35. Diambil dari: http://scholar.google.co.id/. (17 Oktober 2016).

Madcoms, 2012. Adobe Photoshop CS6. Yogyakarta: Andi.

Madcoms, 2007. Mahir Dalam 7 Hari Macromedia Flash Pro 8. Yogyakarta: Andi Offiset.

Pranowo, Galih. 2011. Kreasi Animasi Interaktif dengan Action Script3 Pada Flash CS5. Yogyakarta: ANDI.

Pressman, Roger S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak-Buku Satu, Pendekaan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: ANDI.

Sumberharjo, Putra, Yulanita Cahya Chrystanti, dan Sukadi. 2015. Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas. ISSN: 1979-9330. Surakarta: Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol. 7, No. 3 2015: 23-29. Diambil dari: http://scholar.google.co.id/. (17 Oktober 2016) 

Wahana, Komputer. 2012. Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi.

Yasin, Verdi. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Pemodelan, Arsitektur dan Perancangan (Modeling Architecture and Design). Jakarta: Mitra Wacana Media.


 


 


 


 


Yulianti, Liza, Juju Jumadi, dan Leni Natalia Zulita. 2013. Implementasi Multimedia Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). ISSN: 1858-2680. Bengkulu: Jurnal Media Infotama Vol. 9, No. 1 Februari 2013: 66-79. Diambil dari: http://scholar.google.co.id/. (17 Oktober 2016).