Dalam penerapan animasi interaktif akan
menimbulkan reaksi sikap dan perilaku pengguna yang berbeda. Perasaan yang
muncul meliputi penerimaan maupun penolakan. Kajian mengenai faktor-faktor yang
mempengaruhi tingkatan perasaanpengguna animasi interaktif dilakukan
untuk memberikan solusi dan masukan dari permasalahan penerapan animasi
interaktif dalam pembelajaran animasi di SMKN 1 Kota Sukabumi. Berdasarkan
review literatur, model penelitian menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan variabel aslinya yaitu perceived usefulness, perceived ease of use, attitudetowardusing, behavioral intention to use dan actualsystemuse. TAM
digunakan untukmenjelaskanbagaimanahubunganantarvariabel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak
50 responden berasal dari kelas X, XI dan XII. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner, data dianalisa menggunakan analisis regresi linear dengan software SPSS 20.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa
koefisien korelasi dari ease of use memiliki pengaruh positif signifikan terhadap usefulness(0,852/sangat kuat), ease
of useberpengaruh positif signifikan terhadapattitudetowardusing (0,674/kuat), usefulnessberpengaruh
positif signifikan terhadapattitude toward using (0,860/sangat kuat), usefulnessberpengaruh positif signifikan terhadapbehavioral intention to use (0,811/sangat kuat), attitude toward usingberpengaruh positif signifikan terhadapbehavioral intention to use (0,598/cukup), behavioral intention to useberpengaruh positif signifikan terhadap actual system use
(0,738/kuat).
Ahmadi,
Abu. 2004. Psikologi Belajar, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Akmaludin.
2013. Analisis Aplikasi Animasi
Interaktif Tentang Pembelajaran
Anatomi Otak Menggunakan Pengujian Logic Dan Geometrik Mean. Jakarta: Pilar Nusa Mandiri, Vol. IX, No. 2
September 2013: 195-203. Diambil dari: https://docs.google.com/a/bsi.ac.id/file/d/0B42mH4EylzG
HX2ZKSHZfMnVvZTA/edit?pli=1 (19 April 2014)
Arsyad,
Azhar. 2004. Media
Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Azwar,
Saifudin. 2011. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jakarta: Pustaka
Pelajar
Dewayanto,
Totok. 2011. Analisis Penerimaan Komputer Mikro Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Pada
Kantor Akuntan Publik (KAP) Di Jawa Tengah. Semarang: Jurnal STIE Semarang,
Vol. 3, No. 2 Edisi Juni 2011: 47-73. Diambil dari: http://
jurnal.stiesemarang.ac.id/index.php/JSS/article/view/16/16.
(03 Juni 2014)
Djalle,
Zaharudin G. 2006.The Making 3D Animation Movie. Bandung: Informatika
Fitriyah, Nurul
dan Sukarmin. 2013. Penerapan Media Animasi Untuk Mencegah Miskonsepsi Pada
Materi Pokok Asam-Basa di Kelas XI SMAN 1 Menganti Gresik. ISSN: 2252:9454.
Surabaya: Unesa Journal of Chemical Education Vol. 2 No. 3, September 2013: 78-84. Diambil dari: http://ejournal.unesa.ac.id/article/6980/36/article.pdf.
(03 Juni 2014)
Hamalik, Oesman. 2011. Kurikulum
dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hatta,Atika
Jauharia. 2011. Model Of Information System Operation Based On Technology
Acceptance Model For Micro Financial Institutions. ISSN 2087-3735. Surabaya: Journal
of Economics, Business and Accountancy VenturaVolume 14, No. 3, Desember 2011:
251 – 268. Diambil dari: http://journal.perbanas.ac.id/index.php/jebav/article/view/52/pdf.
(03 Juni 2014)
Hendratman, Hendi. 2008. The Magic Adobe After Effect. Bandung:
Informatika
Jayan.2009. AnimasiKartunUntuk Orang
Awam. Palembang: Maxicom
Kasmadi. 2013.
Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Laihad, Risal C.Y. 2013. Pengaruh Perilaku Wajib Pajak
Terhadap Penggunaan E-Filing Wajib
Pajak Di Kota Manado. ISSN: 2303-1174. Manado: Jurnal EMBAVol.1, No.3 September
2013: 44-51. Diambil dari:http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/1938/1535. (04 Juni 2014)
Munir. 2009.
PembelajaranJarakJauhBerbasis TIK. Bandung: Alfabeta
Prastowo, Andi. 2011.
PanduanKreatifMembuatBahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Pratama,
Jefri Gumilar, dkk. 2012. Analisa Sistem Informasi Entri Krs OnlinePada
Universitas Bina Darma Dengan Menggunakan Metode End-User Computing(Euc)
Satisfaction. Palembang: Jurnal
Ilmiah Fak.Ilkom Vol.1 No.1, April 2012:1 -20. Diambil dari: http://blog.binadarma.ac.id/kurniawan/wp-content/uploads/2012/10/Jurnal-Jefri.pdf.
(06 Juni 2014).
Purwaningsih,
Susanti. 2010. Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasipada Sistem
Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online(Studi Pada PT Jamsostek (PERSERO)).
ISSN 1693-9288. Semarang: Jurnal Ilmu Ekonomi ASET Vol. 12, No. 2 Februari
2010: 181-189. Diambil dari: http://jurnal.widyamanggala.ac.id/index.php/asetwm/article/view/39/32.
(07 Juni 2014)
Rahmattullah,Muhammad.
2011. Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Film Animasi Terhadap Hasil
Belajar. ISSN: 1412-565X. Bandung: Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011: 178-186.
Diambil dari: http://jurnal.upi.edu/file/17-Muhammad_Rahmattullah.pdf.
(03 Juni 2014)
Sagala,
Syaiful. 2004. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sarwono,
Sarlito Wirawan. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suyanto.
2005. Membuat Animasi Kartun Kelas Dunia. Yogyakarta: Andi
Wardiana, Wawan dan Yamin Iskandar.
2007. Perangkat Ajar Interaktif Tentang Hukum Tajwid Untuk Pembacaan Al-Qur’an.ISSN: 2302-6146.Bandung: Jurnal
INKOMVol 1, No 1 (2007): I16-I20. Diambil dari: http://jurnal.informatika.lipi.go.id/index.php/inkom/article/view/1/2.
(21 April 2014)
Yamin,
Martinis dan bansu I Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual
Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Zembry.2005. 60
EfekSpektakuler Flash 8. Jakarta: Elex Media