Pemilihan Aplikasi Transportasi Jasa Ojek Online menggunakan Metode AHP pendekatan MCDM

research
  • 20 Jul
  • 2018

Pemilihan Aplikasi Transportasi Jasa Ojek Online menggunakan Metode AHP pendekatan MCDM

ABSTRAK

 

Gilang Permatasari (11160315), Pemilihan Aplikasi Transportasi Jasa Ojek Online Menggunakan Metode AHP pendekatan MCDM.

 

Kondisi lalu lintas di ibu kota yang semakin padat dan semakin banyaknya kendaraan yang tidak diimbangi dengan perkembangan jalan membuat suatu inovasi baru dalam transportasi, seiring dengan jaman yang semakin modern kini trasportas jasa ojek online menjadi solusi sementara bagi masyarakat, berangkat dari situasi ini membuat para pengusaha berlomba dalam meciptakan layanan yang menarik. Go-Jek, Grab-Bike dan UBER Motor merupakan tiga yang paling banyak digunakan masyarakat, dengan segala faktor yang bersaing sehingga membuat pengguna banyak menggunakan beberapa pertimbangan dan faktor apa saja yang membuat pengguna memilih salah satu aplikasi kepercayaannya. Dengan metode AHP pendekatan MCDM dirasa mampu dalam melakukan analisis perbandingan dari pemilihan aplikasi trasnportasi jasa ojek online yang kini banyak diminati pengguna, untuk mendapatkan hasil prioritas dari ketiga alternative tersebut.

 

Kata Kunci: Ojek Online,Perbandingan, AHP, MCDM.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Azwar, Saefudin. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Chen, Zhifeng. 2005. Consensus in Group Decision Making Under Linguistic Assessments. Dissertation, Kansas State University, Manhattan Kansas

 

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. “Manajemen Pemasaran”. Edisi 12 jilid 2. PT Indeks. Jakarta. 2007.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. “Prinsip-Prinsip Pemasaran”. Edisi 13 Jilid 1. Erlangga. Jakarta. 2012.

 

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. “Prinsip-Prinsip Pemasaran”. Edisi 12 Jilid 1. Erlangga. Jakarta. 2006.

 

Kotler, Philip. “Manajemen Pemasaran” Edisi millennium jilid 2.PT Prenhallindo.Jakarta.2007.

 

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. “Prinsip-Prinsip Pemasaran” edisi 12 jilid 2.Erlangga.Jakarta.2008.

 

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A, dan Wardoyo, R., 2005, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM), Graha Ilmu. Yogyakarta.

 

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung : Alfabeta.

 

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

Saaty, T. L. 1994, Pengambilan Keputusan bagi Para Pemimpin, PT. Pustaka Binaman Pressindo.

 

Saaty, T.L. 2001. Decision Making for Leaders, Fourth edition, University of Pittsburgh,RWS publication.

 

Santoso, Singgih dan Tjiptono, Fandy. 2001. Riset Pemasaran konsep dan  Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

 

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

 

Tjiptono, Fandy. “Prinsip-prinsip total quality service”. Andi. Yogyakarta. 2005.

Tjiptono, Fandy. “Pemasaran Jasa”. Edisi pertama. Bayumedia Publishing. Malang. 2004.

 

https://id.wikipedia.org/wiki/GO-JEK.

https://id.wikipedia.org/wiki/Grab_(aplikasi).

http://tekno.kompas.com/read/2016/04/13/08240077/Uber.Resmi.Gelar.Layanan.Ojek.Motor.di.Jakarta