ABSTRAKSI
Martha
Puspitasari R.A (11150952), Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas
Pelayanan Gas LPG Industri Pada PT Jaya Gas Indonesia Dengan Menggunakan Metode
Servqual
Kondisi
persaingan antara perusahaan di era globalisasi dan informasi yang membuat
persaingan yang semakin ketat. Hal ini membuat setiap industri berusaha untuk
mempertahankan keberadaan mereka seperti yang dilakukan oleh PT Jaya Gas
Indonesia dalam upaya untuk memberikan layanan untuk kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan kepada
konsumen dengan menggunakan perhitungan diagram kartesius. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Servqual
(Service Quality). Dimensi yang digunakan yaitu tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Jumlah sampel dalam penelitian
ini adalah 35 responden pelanggan industri LPG di PT Jaya Gas Indonesia. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pelanggan PT Jaya Gas Indonesia yang merasa puas
dengan kualitas layanan yang disediakan. Analisis skor dari tingkat kepuasan
korespondensi antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan dari dimensi
responsiveness, kehandalan, empati, jaminan, tangibility yang sebesar 93.70,
93.36, 88.51, 87.63. Berdasarkan diagram kartesius, hasil analisis dengan
menggunakan metode Servqual dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa prioritas utama konsumen untuk diperbaiki
adalah atribut yang masuk pada kuadran utama (kuadran I) adalah kelengkapan
APD, merespons volume pengiriman, bau kualitas dan tekanan, serta keyakinan
bahwa karyawan tidak melakukan tindakan merugikan kecurangan pelanggan.
Kata Kunci :
Kepuasan Pelanggan, Pelayanan, Servqual,
Kartesius
DAFTAR PUSTAKA
Arianto,
Mukhamad dan Nur Mahmudah. 2014. Analisis Kepuasan Konsumen Di Jatiroso Catering Service. ISSN: 2338-4409.
Sidoarjo: Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan Vol. 1 No.2 September 2014:
102-120.
Kotler,
Philip. 2005. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan
Kontrol. Jakarta: PT. Prehallindo.
Priatno.
2014. Analisis Pengaruh Pendekatan Personal Tenaga Penjual, Kualitas Produk,
Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol.X
No.2 September 2014: 143-148.
Priyatno,
D. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Sugiyono.
2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto,
J. 2006. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Tjiptono,
F. dan A. Diana. 2000. Total Quality
Management. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono,
F. 2008. Service Management:
Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.
Yamit,
Z. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.