SURVEI POLA ASUH ORANGTUA DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA (STUDI KASUS : SMP NEGERI 1 AMBON Tahun Ajaran : 2016/2017)

research
  • 20 Jul
  • 2018

SURVEI POLA ASUH ORANGTUA DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA (STUDI KASUS : SMP NEGERI 1 AMBON Tahun Ajaran : 2016/2017)

ABSTRAK

 

 

Tiska Pattiasina (11150512), Survei Pola Asuh Orangtua dan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan Metode Regresi Linier Berganda (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Ambon, Tahun Ajaran:2016/2017)

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pola asuh orangtua dan media sosial terhadap prestasi belajar siswa pada SMP Negeri 1 Ambon. Pengumpulan data yang didapat yaitu 99 responden dari jumlah seluruh siswa yaitu 716 orang, dengan mengisi kuesioner dan  dan melakukan pengolahan data menggunakan Program SPSS 21. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pola asuh orang tua dan akses media sosial terhadap prestasi belajar siswa. Terdapat korelasi positif antara variabel pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa, yang artinya bahwa semakin baik pola asuh orang tua maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. Terdapat korelasi negatif antara variabel akses media sosial dan prestasi belajar siswa, yang artinya bahwa semakin tinggi akses media sosial maka semakin rendah prestasi belajar siswa

 

Kata Kunci : Pola Asuh Orangtua, Media Sosial, Prestasi Belajar

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA   

Badri, Muhammad. 2011. Corporate and Marketting Communication. Jakarta: Universitas Mercu Buana

 

Brogan Chris. 20100. Social Media 101 Tactic and Tips Your Business Online. Manhattan: Wiley.

 

Houtenville, A.J., & Conway, K.S. 2007. Parental effort, school resources, and student achievement. The Journal Of Human Resources. XLIII, 437-453.

 

Kurniawan, Wustga. 2014. Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. ISSN:Jurnal Ilmiah Riset Pendidikan Matematika Vol.1, No. 2, November 2014.

 

Listyanto Dwi Anggoro. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Internet, Lingkungan dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK. ISSN: Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 3, No. 3, November 2013.

 

Mahadianto, Setiawan. 2013. Analisis Parametrik Dependensi dengan Program SPSS. Depok: Rajagrafindo Persada.

 

Muhidin, Abdurahman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

 

Sangadji, Sophiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

 

Sawono Jonathan. 2013. Model – Model Linier dan Non Linier dalam IBM SPSS 21. Jakarta; Penerbit PT Elex Media Komputindo .

 

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Penerbit Alfabeta.

 

Sukiyasa Kadek, Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. ISSN: Jurnal Pendidikan Vokasi Vol.3, No. 1, Februari 2013.

 

Yusuf, Shyamsu, 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.