ABSTRAK
Irwansyah (11120736), Implementasi Data Mining Untuk Menentukan
Persediaan Stok Burger Menggunakan Metode K-Means Clustering
Istilah data mining
sudah berkembang jauh dalam mengadaptasi setiap bentuk analisa data. Pada
dasarnya data mining berhubungan dengan analisa data dan penggunaan
tenik-teknik perangkat lunak untuk mencari pola dan keteraturan dalam himpunan
data yang sifatnya tersembunyi. Manajemen stok yang dilakukan secara tidak
akurat dan asal-asalan akan menyebabkan biaya simpan yang tinggi dan tidak
ekonomis, karena bisa terjadi kekosongan atau kelebihan produk tertentu. Hal
ini tentu akan sangat merugikan semua pelaku usaha seperti halnya Burger King
MOI Jakarta. Metode k-means merupakan salah satu teknik data mining yang di
gunakan untuk membantu merancang strategi persediaan atau pemesanan stok barang
yang efektif dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang telah tersedia
di perusahaan. Teknik ini bertujuan untuk mengelompokkan produk burger yang
dijual pada Burger King MOI Jakarta menjadi beberapa cluster dari data
transaksi yang pada umumnya berukuran besar dengan menggunakan algoritma
k-means. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan algoritma k-means, data
yang diambil sebagai contoh kasus adalah data transaksi penjualan burger di
Burger King MOI Jakarta. Pencarian cluster ini menggunakan tools Rapidminer
untuk mengetahui produk mana yang paling sedikit terjual sehingga jumlah stok
harus sedikit, produk diminati untuk jumlah stok harus sedang dan produk yang
paling banyak terjual untuk jumlah stok harus banyak, diharapkan dapat membantu
pengembang dalam merancang strategi persediaan stok barang di Burger King MOI
Jakarta.
Kata Kunci: Data Mining, Manajemen Stok, Metode K-Means
DAFTAR PUSTAKA
C, Dennis Aprilla, Donny Aji Baskoro,
Lia Ambarwati dan I Wayan Simri Wicaksana.
2013. Belajar Data Mining dengan RapidMiner. Jakarta. Diambil dari: https://www.academia.edu/7712860/Belajar
Data Mining dengan Rapid Miner/. (18 Mei 2016)
Hermawati, Fajar Astuti, 2013. Data
Mining. Yogyakarta: Andi Offset
Kusrini,
2007. Konsep dan aplikasi Sistem pendukung keputusan. Yogyakarta: Andi Offset
Kusrini, Emha
Taufiq Luthfi. 2009. Algoritma data mining. Yogyakarata: Andi Offset
Metisen,
Benri Melpa dan Herlina Latipa Sari. Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan
Produk Pada Swalayan Fadhila. ISSN:
1858-2680. Jakarta: Jurnal Media Infotama Vol.
11, No. 2, September 2015: 110-118. Diambil dari: jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/download/258/237/. (18 Mei 2016)
Nasari, Fina dan Surya Darma. Penerapan K-Means Clustering
Pada Data Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi
Kasus: Universitas Potensi Utama). ISSN:
2302-3805. Yogyakarta: STMIK
AMIKOM Yogyakarta, 6-8 Februari
2015: 73-78. Diambil dari: ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/837/. (18 Mei 2016)
Ong,
Johan Oscar. Implementasi Algortima K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing President
University. ISSN: 1412-6869. Jakarta:
Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol. 12, No. 1, Juni 2013: 10-20. Diambil dari: journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/download/651/392/. (18
Mei 2016)
Santosa,
Budi. 2007. Data Mining Terapan dengan Matlab. Yogyakarta: Graha Ilmu
Santosa,
Budi. 2007. Data Mining: Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2009.
Metode Penelitian Bisinis (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D).
Bandung: Alfabeta