Bahasa Jepang menggunakan 3 jenis huruf (aksara) yaitu hiragana (ひらがな), katakana (カタカナ), dan kanji (漢字). Huruf Hiragana digunakan untuk menuliskan kata asli bahasa Jepang contohnya kata “ikan” ditulis sakana (さかな). Maraknya smartphone berbasis android semakin memacu para pengembang untuk menciptakan aplikasi – aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone. Salah satu aplikasi yang berkembang dengan perkembangan Android ini, yaitu aplikasi aame edukasi. Oleh karena itu, penulis mengambil tema aplikasi pembelajaran huruf hiragana yang dibuat untuk mobile dengan platform android. Penulis menggunakan algoritma Linear Congruent Method (LCM) yang berfungsi untuk membuat bilangan acak pada latihan soal yang berada di dalam aplikasi yang penulis buat. Hasil nya aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar pada smartphone dengan android versi 6.0.1 (Marshmallow) dan emulator NOX dengan android versi 4.4.2 (Kit Kat).
Kata Kunci: Hiragana, Linear Congruent Method, Smartphone, Android
BAB III
BAB I
Daftar Riwayat Hidup
Lembar Judul
BAB II
DAFTAR PUSTAKA
Adha, Khairul, Mesran dan Murdani. 2017. Penerapan Linear Congruent Method Pada Game Edukasi Tebak Huruf Hiragana Dan Katakana Berbasis Android. Vol VI No.1 Juni 2017.
Ayuliana. 2009. Testing dan Implementasi. Diambil dari: http://ayuliana_st.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12482/Pertemuan+06+-++_Blackbox+Testing_.pdf (06 JUNI 2017).
Japan Foundation. 2012. Survey on Japanese-Language. Diambil dari: https://www.jpf.go.jp/e/project/japanese/survey/result/survey12.html
Japanese Language Resource. 2009. What is Hiragana. Diambil dari: http//www.learn-hiragana-katakana.com/what-is-hiragana/
Juansyah, Andri. 2015. PEMBANGUNAN APLIKASI CHILD TRACKERBERBASIS ASSISTED – GLOBAL POSITIONING SYSTEM (A-GPS) DENGAN PLATFORM ANDROID. Universitas Komputer Indonesia: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol.1
Juhara, Zamrony. 2016. Panduan Lengkap Pemograman Android. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Nugroho. 2010. Pengertian Unified Modeling Language (UML) Dan Modelnya Menurut Pakar Dan Ahli. Diambil dari: http://www.bangpahmi.com/2015/04/pengertian-unified-modelling-language-uml-dan-modelnya-menurut-pakar.html.
Pangestu dan Widayati. 2016. Program Aplikasi Tentang Teori Dasar Berbasis Mobile. Vol.15 No. 2-2016.
Prayoga, Agus Gede Adi, Putu Agung Bayupati dan Agung Cahyawan W. 2015. Game Edukasi Mengenal Huruf Katakana dan Hiragana Berbasis Android. Vol.6 No.3 Desember 2015.
Safaat H. 2015. Android Programan Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika Bandung.
Sunarti, Rangga R Y dan Dedi Damhudi. 2016. Aplikasi Pembelajaran Huruf Hiragana dan Katakana Dilengkapi dengan Suara Berbasis Android. Vol.14 No.1 Desember 2016.
Suyanto, Asep. 2015. Pengenalan Java. Diambil dari: http://www.bambutechno.com. (06 JUNI 2017).
Wardani, Palupi Tria. 2015. IMPLEMENTASI LINIER CONGRUENT METHOD UNTUK PENGACAKAN SOAL UJIAN PADA APLIKASI BELAJAR HIRAGANA. Vol 2 No 2 (2015).
Widodo, P. P., & Herlawati. 2011. Menggunakan UML Informatika. Bandung: Andi.