Perkembangan teknologi digital mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi. Salah satu fitur yang banyak digunakan adalah TikTok Live, yang memungkinkan interaksi langsung antara brand dan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana UMKM Inspired Parfum 151 memanfaatkan TikTok Live dalam membangun Brand awareness di kalangan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumen, Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok Live memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan Brand awareness Inspired Parfum 151, baik dalam hal eksposur merek, interaksi dengan konsumen, maupun peningkatan penjualan. Strategi utama yang diterapkan adalah melakukan siaran langsung hampir 24 jam secara bergiliran, serta menyampaikan informasi produk secara interaktif dan personal oleh host. Konsumen cenderung merasa lebih dekat dan percaya terhadap merek setelah menyaksikan Live streaming. Kesimpulannya, pemanfaatan TikTok Live secara strategis dapat menjadi alat promosi yang efektif bagi UMKM dalam membangun Brand awareness dan menjangkau konsumen secara luas. Interaksi real-time dan pendekatan komunikatif menjadi faktor penting dalam menciptakan kedekatan emosional dan loyalitas konsumen.
Full Tugas Akhir
Aaker. (2018). Manajemen Ekuitas Merek (Terjemahan). Mitra Utama.
Abadi, T. W., & Ivoniasari, O. (2024). TikTok Live Streaming as a Digital Marketing Communication Media. The Journal of Society and Media, 8(2), 394–423. https://doi.org/10.26740/jsm.v8n2.p394-423
Aditiya Gesa Nugraha. (2018). PENGARUH BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY, PRICE, DAN DESIGN PRODUCT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HONDA VARIO 125 DI BANJARNEGARA (Studi Pada Pembeli Motor Honda Vario 125 di Banjarnegara).
Andari, D. N., Robbani, H., & Alianny, A. (2023). Overview of Tiktok Live Streaming Host Talent Engagement and Earning Commissions. FOCUS, 4(1), 59–60. https://doi.org/10.37010/fcs.v4i1.1247
Bambang Permadi, & Muhammad Ikhsan Harahap. (2023). Pemanfa’atan E-Comerce Tik - Tok Live Sebagai Sarana Dalam Pemasaran Produk pada PT. PLM. Jurnal Anestesi, 2(1), 26–40. https://doi.org/10.59680/anestesi.v2i1.728
Coates, J. F. (2016). A 21st century agenda for technology assessment. Technological Forecasting and Social Change, 113, 107–109. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techfore.2016.10.020
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Daffah, M. I., Kusumawati, A., & Wiyat, W. (n.d.). Unlocking emotional engagement: How tiktok live streaming transforms customer-brand relationships in the digital era. Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 10(2), p-ISSN. http://journal.ubm.ac.id/
Denzin, N. K. , & L. Y. S. (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). SAGE Publications.
Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (6th ed.). SAGE Publications.
Ghozi Almujaddidi. (2019). Pengaruh Social Commerce Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif dalam Instagram (dalam Konteks Pengaruh Sosial Terhadap Produk Fashion).
Gunawan Aji, Fatimah, S., Fatkhul Minan, & Muhammad Aufal Azmi. (2022). Analisis Digital Marketing Tiktok Live sebagai Strategi Memasarkan produk UMKM Anjab Store. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.35912/jbpd.v2i1.2007
Hanifa, Z., & Mas’od, A. (2024). TikTok Live Shopping Purchase Intention: A Conceptual Paper. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(1). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v14-i1/20569
Hanung Hanindita. (2017). PERSEPSI PUSTAKAWAN PADA FUNGSI HUMAS DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Diponegoro).
Herlina, Haryanto, B., Wahyudi, L., & Sugiarto, C. (2024). Achieving Sustainable Development Goals: Exploring the Influence of Live Shopping Behavior on Purchase Intentions in “Tiktok” Shop. Journal of Lifestyle and SDGs Review, 5(2), e03531. https://doi.org/10.47172/2965-730x.sdgsreview.v5.n02.pe03531
Ilyas, G. B., Ilyas, Muh. F. G. B., Ginting, Y. M., Tai, Q. M., & Irfan, A. (2025). Swipe, watch, buy: the hidden power of enjoyment, urgency, and influencers in live shopping. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 217–242. https://doi.org/10.26740/bisma.v17n2.p217-242
Keller, K. L. (2020). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (5th ed.). Pearson.
Keller, & Kotler. (2017). Manajemen Pemasaran (Bob sabran, Ed.; 1st ed.). Erlangga.
Kotler, P. , & K. K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Matthew B. Miles, & A. Michael Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications, Inc.
Miles, M. B. ; H. A. M. S. J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd updated printing). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Monicha, A., Sania, F., & Febriana, P. (2023). Live Streaming TikTok Meningkatkan Penjualan dan Keterlibatan Merek di Indonesia. In CONVERSE: Journal Communication Science (Issue 1).
Mulyani, N., & Sigit, M. (2023). Analisis Pengaruh Konten Pemasaran Tiktok terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Niat Beli Konsumen: Studi Kasus pada Produk Fashion (Vol. 02, Issue 04). https://journal.uii.ac.id/selma/index
Nadia Ayu Budiani, N., & Ferry Darmawan. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran House Of Smith Melalui Live Streaming Tiktok dalam Meningkatkan Brand Awarenes dan Penjualan di Era New Normal. Bandung Conference Series: Communication Management, 3(2), 825–828. https://doi.org/10.29313/bcscm.v3i2.8881
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483
Nur, I., & Maulani, I. (n.d.). Live Streaming TikTok sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital TMADE Artisan Souvenir.
Nur Muhamad Iskandar. (2022). BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN ISOTONIK POCARI SWEAT.
Pulu, M. R., & Firdausy, C. M. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING, CONVENIENCE PAYMENT METHODS, DAN FREE SHIPPING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN TIKTOK SHOP INDONESIA DI JABODETABEK DAN NON JABODETABEK.
Puspita, M., & Pardede, R. (2023). THE INFLUENCE OF BRAND AWARENESS AND ELECTRONIC WORD OF MOUTH ON PURCHASE DECISIONS WITH TIKTOK SOCIAL MEDIA MARKETING LIVE STREAM AS MEDIATION: A STUDY ON BRAND COSMETIC PRODUCT CONSUMERS; SKINTIFIC IN INDONESIA. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 4(11). http://jiss.publikasiindonesia.id/
Putri, T., Sembiring, B., & Setyani, A. Y. (2024). Analisis Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Penggunaan Kembali E-commerce Tik Tok Shop. 5(10).
Raeni Dwi Santy, & Putri Melia Wulandari. (2024). MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN DALAM INDUSTRI KOSMETIK: PERAN KESESUAIAN DIRI, CITRA MEREK, DAN KETERIKATAN EMOSIONAL.
Rafly Mulia Syarif. (2023). MANAJEMEN KOMUNIKASI RADIO KIS 95.1 FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL.
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Saldaña, J. (2021). The coding manual for qualitative researchers (4th ed.). SAGE Publications.
Sonda, A. S. K., & Balqiah, T. E. (2023). TIKTOK LIVE SHOPPING’S USE OF LIVE STREAMING TO INCREASE WORD OF MOUTH. Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(4). https://doi.org/10.21776/ub.jam.2023.021.04.17
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yuningsih, P., Lukita, C., & Pranata, S. (2024). LITERATURE REVIEW: SIARAN LANGSUNG TIKTOK TERHADAP KESADARAN MEREK. Bisnis Dan Industri (EBI), 06(01), 53–62. http://jurnal.cic.ac.id/53|
Zhang, K. Z. K., & Benyoucef, M. (2016). Consumer behavior in social commerce: A literature review. Decision Support Systems, 86, 95–108. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.dss.2016.04.001