Tugas Akhir Ari Putra Oktavianto

research
  • 22 Oct
  • 2025

Tugas Akhir Ari Putra Oktavianto

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT. Masterizin Solusi Indonesia, perusahaan jasa konsultan pengurusan perizinan bangunan. Fenomena persaingan industri jasa perizinan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk memberikan layanan yang unggul dan harga yang kompetitif agar mampu memenuhi ekspektasi konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif, menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Variabel independen dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dan harga (keterjangkauan, kesesuaian dengan kualitas, transparansi), sedangkan variabel dependen adalah kepuasan konsumen (kepuasan keseluruhan, kesesuaian layanan dengan harapan, kemungkinan menggunakan kembali, rekomendasi, dan kemudahan proses layanan). Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas pelayanan yang diiringi dengan strategi harga yang tepat mampu meningkatkan kepuasan serta loyalitas konsumen terhadap PT. Masterizin Solusi Indonesia.

Unduhan

  • File_2.pdf

    file_2

    •   diunduh 5x | Ukuran 153 KB
  • File_3.pdf

    file_3

    •   diunduh 4x | Ukuran 595 KB
  • Full Tugas Akhir Ari.pdf

    file Tugas Akhir

    •   diunduh 0x | Ukuran 4,745 KB
  • File_7.pdf

    file_7

    •   diunduh 2x | Ukuran 2,718 KB

 

  • File_7.pdf

    file_7

    •   diunduh 2x | Ukuran 2,783,670
  • File_8.pdf

    file_8

    •   diunduh 3x | Ukuran 707,550
  • File_1.pdf

    file_1

    •   diunduh 6x | Ukuran 592,346
  • File_4.pdf

    file_4

    •   diunduh 4x | Ukuran 1,127,511

REFERENSI

Albiansyah, & Salsyadila. (2023). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Mitsubishi Xpander Pada PT Batavia Bintang Berlian Cipondoh Kota Tangerang. MRB: Management Research and Business Journal, 1(1), 38–57.

Alma Buchari. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Amri, A. I. S., & Yuliusman. (2023). Pemberian Kualitas Pelayanan Jasa Dan Penetapan Harga Yang Dilakukan Pt. Romi Tour And Travel Dalam Mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu, 12(01), 249–262.

Ananda Dwitha Yuniar, Ichsan Rahmanto, Layung Paramesti Martha, Meidi Saputra, Safira Hasna, Astrida Fitri Nuryani, IGAK Satrya Wibawa, Luhung Achmad Perguna, Ninuk Sholikhah Akhiroh, & Prawinda Putri Anzari. (2021). Literasi Digital: Tren, Tantangan, Dan Peluang. Cipta Media Nusantara.

Atika Norma, Asnaini, & Mutaqqin, F. (2024). The Influence Of Product Price And Quality On Purchasing Decisions Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 5(2), 3826–3833. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej

Bambang Suprianto. (2023). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Pemerintahan Dan Politik, 8, 123–128.

Cahyani, E., Nururrohmah, T., & Deka, C. F. (2024). The Role Of Service Quality In Building Customer Satisfaction ( A Literarure Review ). 2(4).

Chaerunnisa, S., Syaifulloh, M., & Harini, D. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Karyawan PT Bintang Indokarya Gemilang sebagai Pengguna Shopee. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(3), 141.

Dewi Ratnasari Djou, Vevi Rahmawati Pudjiono, Sindi Ali, & Maratusaleha. (2021). Analisis Penetapan Harga Dan Penilaian Opsi Pada Perusahaaan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1, 510–527.

Dharmmesta, & Irawan. (2005). Manajemen Pemasaran Modern (2 ed.). Liberty.

 

Diah Aprilianing Tyas. (2022). Keputusan Konsumen Dalam Memilih Hotel Syariah: Ditinjau Dari Halal Lifestyle, Muslim Friendly Facilities, Dan Knowledge. Ilmiah Ekonomi, 11, 1–12.

Dr. Fatma Sarie, I Nyoman Tri Sutaguna, S,ST.Par., M. P., Dr. I Putu Suiraoka, S.ST., M. K., Darwin Damanik, S.E., M. S., Gusnita Efrina, M. P., Rahmahidayati Sari, M. P., Ayu Rahma Nengsi, M. P., Fadli Agus Triansyah, S. P., & Dr. Ir.Talitha Wenifrida Massenga, M. S. (2023). Metodologi Penelitian (Dr. Sardjana Orba Manulang (Ed.)). Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Elsi Maya Intan. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Memilih Biro Perjalanan Umroh Dan Haji Khusus. Jurnal Al-Iqtishad, 18(2), 114. Https://Doi.Org/10.24014/Jiq.V18i2.19458

Ghozali, & Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2021). Partial Lelast Squarels-Konselp, Telknik dan Aplikasi melnggunakan Program SmartPLS 3.2. 9 untuk Pelnellitian Elmpiris (3rd eld.). Badan Pelnelrbit Univelrsitas Diponelgoro

Hasan, S. (2024). The Influence Of Product Price And Quality On Purchasing Decisions Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 5(2), 3826–3833. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej

Jannah, Z., Reza Yuniar, Wiwit Fitria Asih, & Abdullah, M. (2024). Mengungkap Faktor Kunci Yang Membentuk Keputusan Pembelian Konsumen Lahap Chicken.           Jurnal Ilmu     Manajemen    (JIMMU),        9(1),    84–97. Https://Doi.Org/10.33474/Jimmu.V9i1.21359

Jelita Amalia Putri, Iswati Iswati, Siti Aisah, & Anis Fitriyasari. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Apotek Rafa Farma Surabaya. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 2(5), 186–201. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i5.1191

Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskill, 11(2), 85–98.

Khairani, R., Siregar, C. A., Hutabalian, R. H., & Karolina, I. I. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Matahari Putera Prima (Hypermart). Jurnal Manajemen, 5(2), 129–136.

Ketut Sudana, I., Luh Putu Yesy Anggreni, N., & Putu Eka Indrawan, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan. Universitas PGRI Mahadewa          Indonesia,       22(2), 555–561. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.5574445

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management, Global Edition. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=eb6GEAAAQBAJ

Krisman Damanik. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kebijakan Publik Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan     Ilmu     Sosial, 5(2),    76–85. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V5i2.1834

Levy, D. G. & M. (2016). M: Marketing (Edisi Ke-5) (5th Ed.). Mcgraw-Hill Education.

Magdalena, M., & Armansyah, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Lubuk Pandan Kec. 2x11 Enam Lingkung Kab. Padang Pariaman. Jurnal Pundi, 6(1), 219–230. Https://Doi.Org/10.31575/Jp.V6i1.415

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Dalam TOI Jurnal Ekonomi (Vol. 7, Nomor 2).

Muhammad Abdullah, Hary Mulyadi, Wahid Akbar Basudani, & Gani Wiharso. (2022). Strategi The Body Shop Indonesia Dalam Membentuk Loyalitas Konsumen. Akbar Juara, 7, 221–230.

Muhammad Alfin Kamal, R Abdul Haris, & Agustina Pujiastuti. (2023). Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Paket Umrah Pada PT. Safara Layanan Utama Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo. Management, Accounting, And Digital Business, 2(5), 621–630.

Mukhtar, A. K. (2025). Pengaruh Promosi, Citra Merek, Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Platform Shopee Di Jakarta      Selatan).          MANAJEMEN             DAN    BISNIS EKONOMI, 3. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.54066/Jmbe-Itb.V3i2.3069

Mushofa, Dina Hermina, & Nuril Huda. (2024). Memahami Populasi Dan Sampel : Pilar Utama Dalam Penelitian Kuantitatif. 5(12), 5937–5948.

Pambudi, E. R., Nurhayati, S., & Sihombing, S. (2021). Marketing Strategy In An Effort To Improve The Quality Of Cargo Services. Kjurnal Manajemen Bisnis Transportasi &         Logisti,            7(3),    199–206. Https://Journal.Itltrisakti.Ac.Id/Index.Php/Jmbtl

Parmin, Y. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA PERCETAKAN DI LINGKUNGAN SEKITAR KAMPUS STIE BHAKTI PEMBANGUNAN

Philip Kotler, & Amstrong. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Erlangga.

Philip Kotler, & Lane, K. Keller. (2021). Marketing Management (16th Ed.).

Putri, L. A., & Angraini, D. M. (2024). Pengaruh Integrated Marketing Communication (IMC) Terhadap Keputusan Pembelian Paket Umrah Pada Travel Selatour Cabang Bukittinggi. Journal Islamic Accounting Competency, 2, 1–10.

Rahmawati, D., Aulawi, H., & Kurniawati, R. (2023). Pengukuran Kualitas Layanan Berdasarkan Dimensi Service Quality (Servqual) Dengan Metode Zone Of Tolerance (Zot) Dan Kano Pada Pet World. J@Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 18(1), 21–32. Https://Doi.Org/10.14710/Jati.18.1.21-32

Ranjevi, Y., Khasanah, M., Maushal, N. F., Samiaji, D. R., Nidzar, S., & Wiharso, G. (2024). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Goceng Depok: Studi Kasus. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 3(1), 18–24. Https://Doi.Org/10.33480/Jasdim.V3i1.4991

Rasyid, & Suharyono. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi pada Konsumen Jasa Tour and Travel di Kota Malang). Administrasi Bisnis

Safitri, D. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh (Studi Kasus Pt Saudi Patria Wisata Metro) Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah. Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah, 1(2), 80–89.

Sahnaz Sea Fishabil, Unggul Purwohedi, & Tri Hesti Utaminingtyas. (2021). FaktorFaktor Yang Berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan Di Era New-Normal. Jurnal Akuntansi, Perpajakan Dan Auditing, 2(3), 679–694. Https://Doi.Org/10.21009/Japa.0203.11

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3, 104–114. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V3i1

Solihin, D., Oktavianti, F., & Manik, C. D. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Lala Studio & Salon Ciseeng Bogor. Jurnal ARASTIRMA Universitas Pamulang, 4(Agustus), 567–577

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Supriadi, S.E.I., M. E. . (2018). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam. GUEPEDIA, 2018.

Syamsuri, A. R., Anggraini, C. W., Pratiwi, D. P., Afriliana, S., & Maissy. (2021). Jurnal Bisnis Mahasiswa. Bisnis Mahasiswa, 215–224.

Teressa, B., Lukito, J. I., Aprilia, A., & Andreani, F. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Wizz Drive Thru Gelato Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 18(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.9744/Pemasaran.18.1.1-14

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Andi Offset. https://books.google.co.id/books?id=LGvvzwEACAAJ

Tjiptono, F. (2020). Marketing Strategy Principles and Applications. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tjiptono. (2019). Kepuasan Pelanggan - Konsep, Pengukuran, Dan Strategi.

Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab

Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154. Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.V1i04.266

Widiastuti, E., & Hendarti, Y. (2022). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Pt. Sahabat Tour & Travel Sukoharjo. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 52.

Wijaya, W. R., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Restoran ABC Di Pantai Indah Kapuk). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(3), 82–91.

Wilson, A., Zeithaml, V., Bitner, M. J., & Gremler, D. (2016). EBOOK: Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=GMsvEAAAQBAJ

Yulianingsih, T., Program, M., Manajemen, S., Tidar, U., Utara, M., Novitaningtyas, I., Program, D., Manajemen, S., Tidar, U., & Utara, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Berdasarkan Dimensi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12, 1–14.

Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian Tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115– 118. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V4i2.216

Zhahra Lubis, A., Lastrian Nahulae, L., Marliana Anggraini, N., Adawiyah, R., & Islam Negeri Sumatera Utara, U. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penetapan Harga. Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan          Syariah,           9(204),            2022–2025. Https://Www.Doi.Org/10.30651/Jms.V9i1.21412

Zulkarnain, M. A., Kasymir, E., Saleh, Y., Agribisnis, J., Pertanian, F., & Lampung, U. (2023). Analisis Nilai Tambah , Pendapatan , Dan Bauran Pemasaran Kopi Pada Agroindustri Kopi Bubuk Klangenan Pringsewu Analysis Of Added Value , Income , And Marketing Mix Of Coffee In The Agroindustry Coffe Powder Klangenan Pringsewu. Of Food System And Agribusiness, 7(2), 141–152.