Skripsi WIlliam Setiady

research
  • 22 Oct
  • 2025

Skripsi WIlliam Setiady

Sistem pengaduan masyarakat adalah alat yang sangat dibutuhkan untuk menyampaikan keluhan dan masalah yang muncul dalam komunitas. Namun, metode pengaduan yang masih dilakukan dengan cara manual sering kali menghadirkan kendala dalam pencatatan, pemantauan, dan tindak lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi pengaduan masyarakat yang berbasis web untuk mempermudah proses pelaporan dan pengelolaan secara digital. Platform ini dibangun menggunakan framework Laravel dengan arsitektur Model-View-Controller, serta didukung oleh database MySQL. Fitur utama dalam sistem ini meliputi registrasi dan login warga, membuat pengaduan, verifikasi admin, dan tanggapan kepada warga. Setiap pengaduan yang diterima akan disimpan dan ditampilkan dalam Riwayat untuk memastikan adanya akuntabilitas dan transparasi. Pengujian untuk sistem ini dilakukan melalui uji penerimaan pengguna yang melibatkan pengguna sebagai penilai secara langsung. Temuan dari pengujian memperlihatkan bahwa sistem beroprasi sebagaimana mestinya dan diakui oleh pengguna. Dengan adanya sistem ini, diharapkan bahwa proses pengaduan dalam masyarakat dapat berjalan lebih cepat, teratur, dan tercatat dengan baik, sehingga mendukung peningkatan layanan publik  yang berorientasi digital.a

Unduhan

  • File_4.pdf

    File 4_Bab 3

    •   diunduh 0x | Ukuran 918 KB
  • File_5.pdf

    File 5_Bab 4

    •   diunduh 0x | Ukuran 739 KB
  • File_1.pdf

    File 1_Cover

    •   diunduh 16x | Ukuran 2,796 KB
  • File_2.pdf

    File 2_Bab 1

    •   diunduh 0x | Ukuran 309 KB
  • File_3.pdf

    File 3_Bab 2

    •   diunduh 0x | Ukuran 247 KB

 

  • File_3.pdf

    File 3_Bab 2

    •   diunduh 0x | Ukuran 252,905
  • File_6.pdf

    File 6_Bab 5

    •   diunduh 0x | Ukuran 184,724
  • FULL SKRIPSI.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 0x | Ukuran 6,320,719
  • File_7.pdf

    File 7_Lampiran

    •   diunduh 19x | Ukuran 1,032,036
  • File_8.pdf

    File 8_Jurnal

    •   diunduh 57x | Ukuran 238,452

REFERENSI

[1]      M. Erlangga Agustriwahyu Prasetya, A. Al Kaafi, J. Kramat Raya No, K. Senen, K. Jakarta Pusat, and D. Khusus Ibukota, “Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika Volume 3 No. 2 Desember 2023 Perancangan Program Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Di RW.001 Kelurahan Sunter Jaya Jakarta,” vol. 3, no. 2, pp. 87–96, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/simpatik

[2]      I. N. Rachmawan, H. Tolle, and ..., “Pengembangan Aplikasi Web Layanan RT/RW Desa Made Kabupaten Lamongan dengan menggunakan Metode Prototipe,” … Teknol. Inf. dan …, vol. 7, no. 6, pp. 2904–2912, 2023, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13068%0Ahttps://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/13068/5855

[3]      A. Amani Bestari and A. Voutama, “Penerapan Uml Pada Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 2655–2662, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i3.9528.

[4]      I. Firaldi, I. Purnamasari, and R. Mayasari, “Perancangan Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Di Desa Limusnunggal Berbasis Web,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 4, pp. 7615–7623, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i4.10333.

[5]      M. Rifqi Irwandy, M. Rizki Al Ghifari, M. Rizky Aditia Ramadan, M. Ikhsan, and B. Oloan Lubis, “Perancangan Aplikasi Sistem Pengaduan Masyarakat Pada Kelurahan Kalibaru CilodongKota Depok Berbasis Website,” J. Regulasi Tekhnologi Digit. Di Indones., vol. 1, no. 1, pp. 35–47, 2023, [Online]. Available: https://globaldifa.com/index.php/thusscience

[6]      M. Taufik Aufa, Jasmir, and E. Rohaini, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Kelurahan Bagan Pete Kota Jambi Berbasis Website,” J. Inform. Dan Rekayasa Komputer(JAKAKOM), vol. 4, no. 1, pp. 937–945, 2024, doi: 10.33998/jakakom.2024.4.1.1673.

[7]      Y. L. Setyoadi and M. Ziveria, “Pembuatan Sistem Informasi Layanan Pengaduan pada Kelurahan Gandaria Utara Berbasis Website,” J. Mhs. Inst. Teknol. dan Bisnis Kalbis, vol. 8, no. 1, pp. 817–831, 2022.

[8]      K. Kurniasih and H. Mulyono, “Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Kantor Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 4, pp. 678–688, 2022, doi: 10.33998/jurnalmsi.2022.7.4.692.

[9]      F. Rusdhianto, R. Imanda, U. Muhamadiyah, and P. Hamka, “Perancangan Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Web dengan Terintegrasi GIS Studi Kasus Muara Baru Jakarta Utara Design of a Web-Based Public Complaint System Integrated with GIS : A Case Study in Muara Baru , North Jakarta,” vol. 14, no. 105, pp. 371–382, 2025.

[10]    D. F. Kuncoro, U. Juniarti, J. Syahputra, B. R. Sumantri, Bambang Bambang, and R. Suryani, “Rancang Bangun Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Dengan Metode Waterfall,” J. Sist. Inf. dan Teknol. Perad., vol. 3, no. 2, pp. 14–19, 2022, [Online]. Available: http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jsitp/article/view/1259

[11] Sciore, E. (2020). Database Design and Implementation (2nd Edition). Springer.

[12] Hernandez, M. J. (2021). Database Design for Mere Mortals (4th Edition). Pearson Education.

[13] Unhelkar, B. (2018). Software Engineering with UML. CRC Press.

[14] Rumpe, B. (2016). Modeling with UML: Language, Concepts, Methods. Springer.

[15] Seidl, M., Scholz, M., Huemer, C., & Kappel, G. (2015). UML @ Classroom: An Introduction to Object-Oriented Modeling. Springer.