Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat interaksi audiens terhadap konten Instagram @minisoindo, meskipun akun tersebut memiliki jumlah pengikut yang tinggi. Rendahnya engagement rate menunjukkan adanya tantangan dalam memanfaatkan media sosial secara optimal untuk membangun brand awareness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh content marketing terhadap customer engagement dan brand awareness, serta mengidentifikasi elemen-elemen strategi konten yang paling efektif dalam mendukung kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Data dikumpulkan melalui survei online terhadap 100 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @minisoindo. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer engagement dengan kontribusi sebesar 77,9%. Selain itu, content marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness dengan pengaruh sebesar 57,3%. Penelitian ini juga menemukan bahwa tiga elemen strategi konten yang paling efektif dalam membangun customer engagement dan brand awareness adalah konten yang mudah dipahami, mudah ditemukan, dan akurat. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan praktis bagi pelaku bisnis dalam menyusun strategi konten media sosial yang lebih efektif serta menjadi referensi akademik dalam pengembangan studi pemasaran digital di era media sosial.
Full Tugas Akhir
File 8_Bukti Submit Jurnal
Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa’, E. (2022). Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271
Ashari, R. M. H., & Sitorus, O. F. (2023). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement Kopi Kenangan. Jurnal EMT KITA, 7(1), 38–46. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.726
Baranova, E. A. (2025). Content Marketing as a Tool for Promoting Mass Media Brand. Litera, 1, 145–155. https://doi.org/10.25136/2409-8698.2025.1.69694
Cahyani, A. P. P., Hakam, F., & Nurbaya, F. (2020). EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS (SIMPUS) DENGAN METODE HOT-FIT DI PUSKESMAS GATAK. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan (JMIAK), 3(2). https://doi.org/10.32585/jmiak.v3i2.1003
Cahyaningtyas, R., & Indra Wijaksana, T. (2021). THE INFLUENCE OF PRODUCT REVIEWS AND MARKETING CONTENT ON TIKTOK ON SCARLETT WHITENING BY FELICYA ANGELISTA PURCHASING DECISIONS. E-Proceeding of Management.
Claudya, M., Suryani, W., & Parulian, T. (2020). PENGARUH SISTEM PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN INOVASI PADA UKM KULINER KOTA MEDAN. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 1(2). https://doi.org/10.31289/jimbi.v1i2.397
Comiche, A. C. F. C., & Gonçalves, B. M. F. (2024). The strategic role of integrated marketing communication in building brand value. Insight - News Media, 7(1), 669. https://doi.org/10.18282/inm669
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Cui, X., & Fan, J. (2024). Don Schultz: Integrated Marketing Communication Theory and the Internationalization Path of Chinese Enterprises. Journal of Applied Economics and Policy Studies, 8(1), 6–8. https://doi.org/10.54254/2977-5701/8/2024081
Databoks. (2024). Ini 10 Negara dengan Jumlah Penduduk Terbanyak di Dunia Awal 2024. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/3e6b918954ef191/ini-10-negara-dengan-jumlah-penduduk-terbanyak-di-dunia-awal-2024
Evi, T., & Rachbini, W. (2022). PARTIAL LEAST SQUARES (TEORI DAN PRAKTEK) (Dr. M. Surur M.Pd, Ed.; 1st ed.). TAHTA MEDIA GROUP.
Fadel, A., Wasesa, A., Utami, A. F., & Nisa, F. L. (2024). Analisis Minat Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim Jurusan Ekonomi Pembangunan Semester 7 Tentang Perencanaan Setelah Lulus. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(19), 64–73.
Fadhilah, & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh Content Marketing dan E-WoM pada Media Sosial TikTok terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. INOVASI, 17(3), 505–512.
Fahimah, M., & Ningsih, L. A. (2022). Strategi Content Marketing dalam Membangun Customer Engagement. Benchmark, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.46821/benchmark.v3i1.283
Febriani, N. S., Nugraha, C. N., Sutrisno, N. A. S., & Aulina, L. (2024). Pengaruh Strategi Content Marketing Terhadap Brand Awareness di Sosial Media Tiktok @rucas.official. SURPLUS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS, 3(1), 310–318.
Fowler, F. J. (2020). Survey Research Methods (6th ed.). SAGE Publications.
Ghozahdi, M. H., & Suharyati. (2024). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CONTENT MARKETING PADA YOUTUBE TERHADAP BRAND AWARENESS GOJEK. Journal of Young Entrepreneurs, 3(2), 19–33.
Ghozali, I. (2016). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling with R. Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2021). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.
Irfan, A. A. F. N. (2024, November 18). Simak Komposisi Pengeluaran Masyarakat Indonesia 2024. Good Stats. https://data.goodstats.id/statistic/simak-komposisi-pengeluaran-masyarakat-indonesia-2024-nUPWs
Jain, P., Kaur, N., & Saihjpal, A. (2023). Integrated Marketing Communication: A Developing Theory. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 11(2).
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th ed., Vol. 624). Pearson Education.
Kemp, S. (2024, February 21). Digital 2024: Indonesia. Data Reportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Kitchen, P. J., & Tourky, M. E. (2022). Integrated Marketing Communications. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-76416-6
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital (Vol. 184). John Wiley & Sons, Inc..
Leon, F. M., Suryaputri, R. V., & Purmaningrum, T. K. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif: Manajemen, Keuangan, dan Akuntansi (1st ed.). Salemba Empat.
Litmanen, H. C., & Sari, W. P. (2021). Analisis Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi Pada Instagram @bloomcoffeejkt). Prologia, 5(1), 184–190.
Meliana, D., Riswati, J., & Astuti, D. (2025). Analisis Perkembangan Bisnis Ritel di Indonesia. Journal of Business Economics and Management, 01(03), 235–243.
Naser, A., & Al-Ghazali, B. (2022). Acceptable margin of error in social research: A practical guideline. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 6(1), 45–52.
Naurah, N. (2022, July 25). Daftar Negara dengan Indeks Pasar Ritel Terbesar, Indonesia Peringkat Berapa? Good Stats. https://goodstats.id/article/daftar-negara-dengan-indeks-pasar-ritel-terbesar-di-dunia-indonesia-peringkat-berapa-dJ8v7
Neuman, W. L. (2019). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Pearson.
Newberry, C. (2025, January 31). Tolok ukur dan rumus tingkat keterlibatan: pembaruan tahun 2025. Hootsuite. https://blog.hootsuite.com/calculate-engagement-rate/
Oliver, A. (2022, March 21). Engagement Rate: Apa Itu, Faktor, Manfaat, dan Cara Menghitungnya. Glints. https://glints.com/id/lowongan/engagement-rate-adalah
Percy, L. (2023). Strategic Integrated Marketing Communications (4th ed., Vol. 318). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003169635
Prasetiyo, S. M., Gustiawan, R., Farhat, & Albani, F. R. (2024). Analisis Pertumbuhan Pengguna Internet Di Indonesia. BIIKMA : Buletin Ilmiah Ilmu Komputer Dan Multimedia, 2(1), 65–71.
Rachma, S. A., & Mustikasari, A. (2022). Pengaruh Content MarketingTerhadap Customer Engagement (Studi Kasus Pada Instagram CVInspira Mulia Tahun 2022). E-Proceeding of Applied Science, 8(5), 499–499.
Rachmadhaniyati, & Sanaji. (2021). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN LOYALITAS MEREK DAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3).
Saskia, C., & Nistanto, K. R. (2023, February 14). 15 Medsos Favorit Orang Indonesia, Nomor 1 Bukan Instagram. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/14/10300097/15-medsos-favorit-orang-indonesia-nomor-1-bukan-instagram
Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2).
Slice. (2024, March 7). Berapa Engagement Rate yang Bagus di Instagram? Slice.Id. https://www.slice.id/blog/berapa-engagement-rate-yang-bagus-di-instagram
Subhaktiyasa, P. G. (2024). PLS-SEM for Multivariate Analysis: A Practical Guide to Educational Research using SmartPLS. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 4(3), 353–365. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline2861
Sugiyono, Prof. Dr. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (6th ed.). Alfabeta.
Sutariningsih, N. M. A., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2021). PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(2), 145. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i02.p03
Syah, R., Lina Auliana, & Rivani. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM @DEARMEBEAUTY (PT GARLAND CANTIK INDONESIA). JURNAL LENTERA BISNIS, 13(2), 1095–1105. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1132
Tarigan, M. A. E., Hariyana, N., Haryanto, A. E. P., & Fauzi, I. N. (2025). Pengaruh Content Marketing dan Customer Engagement Terhadap Brand Awareness Pada REDI. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5(1), 499–512.
Victor, Dr. S., & Imtiaz, Dr. M. (2024). Social Media and Content Marketing (1st ed., Vol. 310). RK Publications.
Wardhana, A. (2024). Brand Management in the Digital Era – Edisi Indonesia (M. Pradana, Ed.; 1st ed.). CV Eureka Media Aksara.
Wei, Z., Hina, H. B., Jiao, D., Yudilestari, E. P., & Hamka, H. (2024). The Effectiveness of Content Marketing in Building Brand Awareness. Journal Markcount Finance, 2(2), 229–239. https://doi.org/10.70177/jmf.v2i2.1288
Wulandari, Novita, & Wahyudi, D. (2022). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14853–14870.