Kelayakan penggunaan atau pengimplementasian teknologi sistem informasi dapat dilihat dari kemudahan pemakai dalam mengidentifikasi data, mengakses data dan menginterpretasikan data tersebut. Evaluasi kelayakan aplikasi web SDIT Tunas Mandiri Karawang akan memberikan pemahaman tentang keberhasilan, tantangan, dan dampak dari sistem tersebut terhadap website informasi berbasis pendidikan. Dengan demikian, diperlukan adanya pengujian sistem informasi perpustakaan sehingga dapat diketahui tingkat keberhasilan atau kegagalan dalam proses implementasi sistem informasi dengan pengukuran berdasarkan indikator kepuasan pengguna dan pengelola. Metode PIECES secara spesifik melakukan pengkajian terhadap fungsi, operasional dan atribut organisasi yang diperlukan agar tata kelola operasional dapat dioptimalisasi secara penuh kedalam 5 kategori, yaitu Kinerja (Performance), Informasi (Information), Ekonomi (Economic), Kontrol (Control), Efisiensi (Efficiency), dan Pelayanan (Services). Hasil temuan yang didapat adalah terdapat tiga pandangan kelayakan terkait aplikasi website SDIT Tunas Mandiri Karawang di antaranya, kategori kurang layak berdasarkan penilaian perspektif wakil kepala sekolah, kategori layak berdasarkan pihak sekolah yang mengelola langsung website tersebut serta layak dari sisi orang tua siswa selaku pengguna.
File_1 : Cover dan Lain-Lain
File_7 : Lampiran
File_8 : Artikel Ilmiah
Full Tugas Akhira_11230355_Dede Rianto
[1] M. Ridho, “Penerapan Teknologi Informasi untuk Mendorong Kemandirian Desa di Era Digital,” Merkurius J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 6, 2024.
[2] N. Lubis and M. I. P. Nasution, “Optimalisasi Efesiensi Bisnis Organisasi Melalui Pemanfaatan Sistem Dan Teknologi Informasi,” J. Tek. Mesin, Ind. Elektro dan Inform., vol. 2, no. 4, pp. 264–271, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jtmei/article/view/3130%0Ahttps://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jtmei/article/download/3130/2942.
[3] H. S. Barasa, I. Ishak, and M. Zunaidi, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Kelayakan Nasabah dalam Menerima Pinjaman di PT. Bina Artha Ventura Menggunakan Metode Weighted Product,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 2, no. 4, p. 489, 2023, doi: 10.53513/jursi.v2i4.4957.
[4] W. M. Wijaya and D. Risdiansyah, “Dampak Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan pada Kegiatan Akademik di Sekolah,” J. Penelit. Pendidik., vol. 20, no. 1, pp. 129–135, 2020, doi: 10.17509/jpp.v20i1.24564.
[5] R. Prayogi, K. Ramanda, C. Budihartanti, and A. Rusman, “Penerapan Metode PIECES Framework Dalam Analisis dan Evaluasi Aplikasi M-BCA,” J. Infortech, vol. 3, no. 1, pp. 7–12, 2021, doi: 10.31294/infortech.v3i1.10122.
[6] S. Dewa and N. Azizah, “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web Menggunakan Metode SDLC,” Indones. J. Appl. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 1–15, 2024.
[7] K. Ningsih and S. Adhi, “Analisis Kelayakan Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit Berbasis Web,” J. Kesehat. Vokasional, vol. 5, no. 4, 2020.
[8] M. Lestari, E. Hryani, and T. Wahyono, “Analisis Kelayakan Sistem Informasi Akademik Universitas Menggunakan PIECES dan TELOS,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 373–380, 2021.
[9] M. Putri and Riki, “Analisis Kelayakan Investasi Teknologi Informasi Pada Sektor Pendidikan,” AKSELERATOR J. Sains Terap. dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 120–130, 2023.
[10] Safri, “Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Sistem Informasi Akuntasi,” J. Bisnis dan Akunt. Unsurya, vol. 10, no. 1, pp. 78–92, 2025.
[11] Rusli and R. Firdaus, “Analisis Penggunaan Sistem Infomrasi Akuntasi dalam Mengoptimalkan Pengendalian Biaya Operasional Pada PT. Asafa Global Wisata,” JICN J. Intelek dan Cendekiawan Nusant., vol. 1, no. 6, pp. 9396–9407, 2025.
[12] M. Hafizh, N. Rangkuti, R. Azyura, and T. Lestari, “Aspek Teknis dan Operasional,” J. Ilm. Ekon. dan Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2025.
[13] S. T. MANDIRI, “SD Islam Terpadu TUNAS MANDIRI,” SDIT TUNAS MANDIRI, 2025. https://tunasmandiri.com/.
[14] D. Septiani, S. Ruhama, and I. Astuti, “Implementasi Metode Pieces Untuk Menganalisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Peduli Lindungi,” JIKI (Jurnal Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 53–64, 2023.
[15] S. Nurhayati, N. Sucahyo, and Selawati, “Penerapan Metode Pieces Dalam Pengembangan Sistem E-Commerce Penjualan Produk Komputer,” JRIS J. Rekayasa Inf. Swadharma, vol. 1, no. 1, pp. 34–39, 2021, doi: 10.56486/jris.vol1no1.63.
[16] A. Kora and Suharyadi, “Penerapan Metode PIECES Framework Pada Website Simkatmawa Sebagai Evaluasi Kepuasan Pengguna,” Progresif J. Ilm. Komput., vol. 21, no. 1, pp. 87–99, 2025.
[17] V. Aruperes and K. Hartomo, “Evaluasi Sistem Informasi menggunakan PIECES Framework ( Studi Kasus : Sistem Informasi Administrasi Persediaan ( SIAP ) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara,” Sist. J. Sist. Inf., vol. 14, no. 2, pp. 726–739, 2025.
[18] N. Putri and A. Indriyanti, “Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 2, no. 2, pp. 78–84, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/39730%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id.
[19] A. S. Lestari and S. Hamka, “Analisis PIECES dalam Implementasi Kebijakan E-Learning di IAIN Kendari,” Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 103–125, 2019, doi: 10.14421/manageria.2019.41-07.
[20] A. Mulyono and Y. Nataliani, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap System Application and Product Menggunakan Metode SUS dan PIECES Framework,” J. Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 818–832, 2024.
[21] M. Darwi, Islamiyah, and M. L. Jundillah, “Penerapan Metode PIECES Framework Sebagai Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik,” Adopsi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 59–70, 2023.
[22] R. Ginting, “Studi Kelayakan Aplikasi Kubuku E-resources Berdasarkan Model Analisis PIECES Pada Perpustakaan Digital APMD Yogyakarta,” Media Pustak., vol. 27, no. 1, pp. 36–47, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/683.
[23] M. Fairuzabadi, “Pengembangan Project Based E-Learning dengan Analisis PIECES dan Desain UML,” J. Din. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 39–50, 2021, [Online]. Available: https://jdi.upy.ac.id/index.php/jdi/article/view/93%0Ahttps://jdi.upy.ac.id/index.php/jdi/article/download/93/43.
[24] Adi and Maria, “Evaluasi Sistem Informasi Akademik Satya Wacana Menggunakan Pieces Framework,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 258–271, 2023, doi: 10.37792/jukanti.v6i2.1028.
[25] S. A. Haay and A. R. Tanaamah, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Rumah Sakit Menggunakan Pieces Dan Telos,” Sebatik, vol. 00, no. 0, pp. 1–6, 2021, doi: 10.46984/sebatik.v00i0.0000.
[26] Mustaqim, “Metode Penelitian Gabungan Kuantitatif Kualitatif/Mixed Methods Suatu Pendekatan Alternatif,” J. Intelegensia, vol. 04, no. 1, pp. 1–9, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/view/1351.
[27] Creswell, Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods. Los Angeles: SAGE, 2018.
[28] P. G. Subhaktiyasa, “Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, no. 4, pp. 2721–2731, 2024.
[29] L. A. Palinkas et al., “Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implementation research,” HHS Public Access, vol. 44, no. 12, p. 73, 2015, doi: 10.1007/s10488-013-0528-y.Purposeful.
[30] A. Moser and I. Korstjens, “Series: Practical guidance to qualitative research. Part 3: Sampling, data collection and analysis,” Eur. J. Gen. Pract., vol. 24, no. 1, pp. 9–18, 2018, doi: 10.1080/13814788.2017.1375091.
[31] D. S. Young and E. A. Casey, “An Examination of the Sufficiency of Small Qualitative Samples,” Soc. Work Crim. Justice, vol. 43, no. 1, pp. 53–58, 2018, doi: 10.1093/swr/svy026.
[32] S. Dawadi, S. Shrestha, and R. A. Giri, “Mixed-Methods Research: A Discussion on its Types, Challenges, and Criticisms,” J. Pract. Stud. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 25–36, 2021, doi: 10.46809/jpse.v2i2.20.
[33] J. A. Smith and M. Osborn, “Interpretative phenomenological analysis as a useful methodology for research on the lived experience of pain,” Br. J. Pain, vol. 9, no. 1, pp. 41–42, 2015, doi: 10.1177/2049463714541642.
[34] N. Ariyanti, Marleni, and M. Prasrihamni, “Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SD Negeri 10 Palembang,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 1450–1455, 2022, [Online]. Available: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5462.
[35] Puspitasari, Yamin, and Hairansyah, “Pemberdayaan Masyarakat Perum Deppen, Klodokan, Depok, Sleman, Yogyakarta Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” Cakrawala J. Pengabdi. Masy. Glob., vol. 2, no. 2, pp. 160–168, 2023, doi: 10.30640/cakrawala.v2i2.1088.
[36] Wandi, Nurharsono, and Raharjo, “Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang,” J. Phys. Educ. Sport. Heal. Recreat., vol. 2, no. 8, pp. 524–535, 2017.
[37] A. D. Prasetyo, “Pemanfaatan Model Belajar Window Shopping Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar,” Pedagogika, vol. 12, no. 2, pp. 184–193, 2021, doi: 10.37411/pedagogika.v12i2.782.
[38] N. B. Putri, R. Rosdiana, and A. Ekowati, “ANALISIS LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS CERITA INSPIRATIF KELAS IX SMP DI KABUPATEN BOGOR UTARA,” Triangulasi J. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 39–45, 2023, [Online]. Available: http://journal.unpak.ac.id/index.php/triangulasi.
[39] N. Peña-García, M. Losada-Otálora, D. P. Auza, and M. P. Cruz, “Reviews, trust, and customer experience in online marketplaces: the case of Mercado Libre Colombia,” Front. Commun., vol. 9, no. September, pp. 1–14, 2024, doi: 10.3389/fcomm.2024.1460321.
[40] N. Aini and M. Nasution, “Akurasi Kualitas Data Informasi Pada Sistem Manajemen,” J. Rumpun Manaj. Dan Ekon., vol. 2, no. 1, pp. 40–50, 2025, doi: 10.61722/jrme.v2i1.3259.
[41] N. Wijayanti and M. Isa, “Pengaruh Consumer Engagement Dalam Memediasi Interactivity dan Vividness Konten Marketing Tiktok terhadap Purchase Intention,” EKOMA J. Ekon. Manajemen, Akunt., vol. 4, no. 2, pp. 3511–3522, 2025, doi: 10.56799/ekoma.v4i2.6516.
[42] N. Haryati et al., “Pelatihan Pembuatan Konten Komunikasi Visual Untuk Mengembangkan Digital Branding Pada Usaha Minuman Tradisional,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 8, no. 2, p. 2154, 2024, doi: 10.31764/jmm.v8i2.21913.
[43] Polumulo and Purnomo, “Bahasa Sebagai Jembatan Komunikasi Antara Pengembang dan Pengguna Sistem Informasi,” J. Pendidik. Mosikolah, vol. 4, no. 2, pp. 522–528, 2025.
[44] H. Hasan, “Pengembangan sistem informasi dokumentasi terpusat pada stmik tidore mandiri,” JURASIK (Jurnal Sist. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 23–29, 2022.
[45] M. Pangri, S. Sunardi, and R. Umar, “Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong,” Bina Insa. Ict J., vol. 8, no. 1, p. 63, 2021, doi: 10.51211/biict.v8i1.1499.
[46] M. P. N. Selcha, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN PELAYANAN PUBLIK,” J. Intelek dan Cendikiawan Nusant., vol. 1, no. 3, pp. 4736–4744, 2024, [Online]. Available: https://jicnusantara.com/index.php/jicn.