Tugas Akhir Aldhan Wicaksono Putra

research
  • 21 Oct
  • 2025

Tugas Akhir Aldhan Wicaksono Putra

Perkembangan teknologi informasi menuntut perusahaan untuk menyediakan layanan digital yang efisien dan ramah pengguna. PT. Ridho Makmur Sentosa, sebagai perusahaan jasa logistik, mengalami kendala dalam penyampaian informasi pengiriman barang melalui website yang masih kurang optimal dari segi antarmuka dan pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang ulang desain UI/UX website Ridho Logistics menggunakan metode Design Thinking yang berfokus pada kebutuhan dan pengalaman pengguna. Metodologi Design Thinking diterapkan melalui lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Evaluasi kegunaan antarmuka dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata usability meningkat dari 52,4 (kategori Marginal–Low) sebelum desain ulang menjadi 80,8 (kategori Excellent) setelah desain ulang. Dengan peningkatan signifikan tersebut, ini menunjukkan bahwa penerapan metode Design Thinking mampu meningkatkan kualitas desain antarmuka website secara efektif dan berdampak positif terhadap kepuasan pengguna.

Unduhan

  • File_5 BAB IV.pdf

    File_5 BAB IV

    •   diunduh 22x | Ukuran 1,188 KB
  • File_6 BAB V.pdf

    File_6 BAB V

    •   diunduh 14x | Ukuran 69 KB
  • File_4 BAB III.pdf

    File_4 BAB III

    •   diunduh 18x | Ukuran 382 KB
  • File_2 BAB I.pdf

    File_2 BAB I

    •   diunduh 14x | Ukuran 73 KB
  • File_3 BAB II.pdf

    File_3 BAB II

    •   diunduh 22x | Ukuran 217 KB

 

REFERENSI

[1]      D. A. Rabbani, “Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Kehidupan dan Interaksi Sosial Masyarakat Indonesia.” [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/375525102

[2]      R. W. Purwitasari, P. D. Y. Nainggolan, N. Rahmawati, F. D. Adhinata, and N. G. Ramadhan, “Perancangan UI/UX Webinar Booking Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 8, no. 6, p. 350, Dec. 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3700.

[3]      S. R. Cholil, Berkembang dengan Desain Digital: Memahami UI, UX, Dan Figma Secara Komprehensif. Deepublish, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=vUA9EQAAQBAJ

[4]      D. Susanti and P. Adab, Desain User Interface (UI)/User Experience (UX) Menggunakan Figma. Penerbit Adab. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=y6c4EQAAQBAJ

[5]      A. S. Hussein, Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis. Universitas Brawijaya Press, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=nNWFDwAAQBAJ

[6]      J. Digital, Desain UI/UX dengan Figma dari Nol (Update 2025): Merancang User Interface dan User Experience Semudah Membalik Telapak Tangan. in Desain Grafis. Jubilee Digital. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=SVJSEAAAQBAJ

[7]      N. Nirsal et al., Buku ajar Analisis dan Perancangan Sistem. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2025. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=5UBcEQAAQBAJ

[8]      M. I. Sa`ad, Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. Elex Media Komputindo, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=I73NDwAAQBAJ

[9]      S. T. Z. Furqon and D. J. Pramono, Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Otomotif. Kompetensi Keahlian Teknik Bodi Otomotif. Penerbit Andi, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=HKMqEAAAQBAJ

[10]    T. Wahyuningrum, Buku Referensi Kuesioner dalam Pengukuran Usability. Deepublish, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=E-NMEQAAQBAJ

[11]    E. M. Putri et al., Rahasia Jago Figma Dari Nol! SIEGA Publisher, 2025. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=bXlcEQAAQBAJ

[12]    A. A. Chairunnisa, S. Widodo, N. Wachid, A. Majid, and K. Kunci, “PERANCANGAN DESAIN UI/UX SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING.”

[13]    P. Aplikasi, M.-P. Khoirunnisa, and I. Faqihuddin Hanif, “BULLETIN OF COMPUTER SCIENCE RESEARCH Perancangan Ulang UI/UX Dengan Penerapan Metode Design Thinking,” Media Online), vol. 5, no. 4, pp. 503–512, 2025, doi: 10.47065/bulletincsr.v5i4.596.

[14]    R. A. Wijaya and Y. A. Susetyo, “Redesign UI/UX Sistem Informasi Akademik Satya Wacana Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, vol. 7, no. 4, pp. 1591–1597, Oct. 2024, doi: 10.32493/jtsi.v7i4.45098.

[15]    I. Kadek Tribuana Tungga Wibowo and dan I. Putu Agus Eka Pratama, “EVALUASI DAN RANCANG ULANG TAMPILAN ANTARMUKA WEBSITE MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE DAN DESIGN THINKING (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gianyar),” Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 271, no. 2, pp. 271–278, 2023, doi: 10.35508/jicon.v11.i2.12654.

[16]    A. K. Ferdiantoro, R. I. Rokhmawati, and L. Fanani, “Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggunakan Metode Human Centered Design,” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

[17]    F. Fariyono and W. Sanjaya, “Penerapan Metode System Usability Scale untuk Analisis UI/UX Website UMKM Lancar Jaya Food,” JITU : Journal Informatic Technology And Communication, vol. 7, no. 1, pp. 59–71, May 2023, doi: 10.36596/jitu.v7i1.1020.

[18]    Y. Yuliani, S. Maarif, and L. M. Baga, “Efektivitas Struktur Organisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia,” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, vol. 8, no. 5, pp. 1357–1368, Sep. 2021, doi: 10.15408/sjsbs.v8i5.22603.

[19]    A. G. Pangestu and P. H. Purnama, “Peran Struktur Organisasi dalam Kunci Sukses Kinerja dan Efisiensi karyawan Koperasi Laboratorium Bisnis Politeknik Negeri Bandung,” Indonesian Journal of Public Administration Review, vol. 1, no. 3, p. 9, Jun. 2024, doi: 10.47134/par.v1i3.2605.

[20]    D. Raihan Batara et al., “Langkah-langkah Menentukan Populasi dan Sampel yang Tepat dalam Penelitian.” [Online]. Available: https://jpion.org/index.php/jpi682Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi

[21]    A. Asrulla, “Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis.” [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/386875018

[22]    I. Salamah, “EVALUASI USABILITY WEBSITE POLSRI DENGAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE.” [Online]. Available: www.polsri.ac.id.

[23]    S. Tifani and R. Amalia, “Implementasi Sistem Usability Scale dalam Evaluasi Usability Tiktok 1,” JSAI: Journal Scientific and Applied Informatics, vol. 8, no. 1, 2025, doi: 10.36085.

[24]    I. Septi, L. 1*, P. Susongko, D. A. Nafiati, ) Pedagogi, and U. P. Tegal, “Desain Instrumen Tes Capaian Pembelajaran Matematika Dengan Uji Validitas Pearson Correlation,” 2024.

[25]    Rizky Fatmawati Pudjo Wita and Minto Waluyo, “Analisis Kepuasan Pelayanan PT. SAK Dengan Metode Uji Validitas dan Reliabilitas,” Jupiter: Publikasi Ilmu Keteknikan Industri, Teknik Elektro dan Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 253–261, Jan. 2024, doi: 10.61132/jupiter.v2i1.80.