Perusahaan ritel harus selalu mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Namun demikian, toko Pedro di Margo City Depok belum mampu memenuhi target yang diharapkan, berdasarkan data penjualan di periode Januari hingga April 2024 dan 2025 menunjukkan bahwa terjadi masalah pada keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer dipergunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan 245 responden konsumen Pedro di Margo City Depok. Pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan harga berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Secara bersama-sama, kedua variabel memberikan kontribusi sebesar 91,4% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Rekomendasi kepada manajemen PT. Kurnia Ciptamoda Gemilang meliputi peningkatan daya tahan produk melalui pengawasan mutu dan uji ketahanan material, memastikan kesesuaian bahan dengan deskripsi produk, memperkuat strategi komunikasi nilai dan keunggulan produk, menyesuaikan strategi harga agar lebih bersaing, menambah testimoni dan ulasan konsumen, serta menggandeng reviewer lokal untuk membangun kepercayaan dan menonjolkan keunggulan dibanding kompetitor.
File 6 - Lampiran
Full Tugas Akhir
File 7 - Jurnal
Amalina, F. N., Apriliani, M. P., Putri, T. N., Masruroh, U., & Anwar, R. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju “Klambiku.Kids” di Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, Vol. 12 No, 11.
Aprianti, I., & Putri Krismawati, J. (2020). Pengaruh Citra Merk Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mayoutfit Bandung Melalui Instagram. JEMPER(Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan), 2(1), 1–8. Retrieved from http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/jemper
Aprilia, N., & Tukidi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Senayan City. Jurnal Manajemen Universitas Satya Negara Indonesia, Vol 6 No 1, 13.
Astiti, V. D., & Diponegoro, P. W. A. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Sophie Martin Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, Vol.19 No., 5.
Aulia, U., Junaidi, H., Setiawan, D. I., PS., D. K., Meidatuzzahra, D., Nirmala, I. R., … Larasati, R. D. (2024). Statistik Parametrik (Teori dan Aplikasi dengan SPSS). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Bella Elvina. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Di D.I.Yogyakarta. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, Volume 7, 14.
Cahaya, Y. F., Narwastu, C. I., & Winarti, C. E. (2023). Keputusan Pembelian: Tinjauan Endorsement Influencer Dan Daya Tarik Melalui Hubungan Parasosial. Serang: CV. AA. Rizky.
Charles & Keith Group. (2023). Charles & Keith Group. Retrieved June 17, 2025, from https://www.charleskeithgroup.com/about-us/
Dewi, J. S., & Fariza, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Fashion Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Merek Nevada Di Matahari Grage Mall Cirebon. Jurnal Witana, 01(02), 1–7. Retrieved from http://jurnalwitana.com/
Faizani, R. D., & Prihatini, A. E. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baju Merek The Executive PT Delami Garment Industries. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 157–168. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26234
Firmansyah, C., Rachma., N., & Primanto, A. B. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Toko Tas Kawipack Di Kota Malang). Riset, Jurnal Prodi, Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 12(01), 510–518. https://doi.org/2302-7061
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Badan Penerbit - Undip.
Hafizh, M., & Tarigan, C. Y. (2024). Pengaruh Brand Awareness Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen Pedro Grand Indonesia. Journal Of Social Science Research, Volume 4 N, 15.
Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk Dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Insania.
Hayyan, M. J., Latifatussafitri, Aulia, K. E., A, M. B. nur, Hidayah, N., & Hayati, C. (2025). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tas Themithtry Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda. Ekonodinamika Jurnal Ekonomi Dinamis, Vol. 7 No., 7.
Ilham Alamsyah. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 14.
Imam Machali. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif; Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Prodi Manajemen Pendidikan Islam bekerjasama dengan Perkumpulan Program Studi Managemen Pendidikan Islam (PPMPI).
Indartini, M., & Mutmainah. (2024). Analisis data kuantitatif Uji instrumen, uji asumsi klasik, uji korelasi dan regresi linier berganda. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Jawa, A. A. (2025). Margo City: Lebih Dari Sekadar Mal, Ikon Gaya Hidup di Tengah Kota Depok. Retrieved October 4, 2025, from https://jabarland.id/margo-city-lebih-dari-sekadar-mal-ikon-gaya-hidup-di-tengah-kota-depok/
Jholanda, & Anwar, A. (2025). Sustainable Fashion: Fenomena Thrifting Dan Peran Subsektor Fashion Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), Vol. 6, No, 7.
Kusaeri, A., Quddus, A., & Zayadi. (2021). Statistik Penelitian. Mataram: Sanabil.
Kusuma, S. S., Wijayanto, A., & Listyorini, S. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merek Uniqlo (Studi Pada Konsumen Uniqlo Dp Mall Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 1–7. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.35892
Lelet, P. S., Lumanauw, B., & Lintong, D. C. A. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Manzone Di Matahari Megamall Manado). Jurnal EMBA, 10(1), 1592.
Lestari, R. W., & Wahyuati, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Conversepada Mahasiswa Stiesia Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 18.
Lubis, A. S. (2021). Manual Book Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Ilmu Manajemen. Banten: CV. AA. Rizky.
Mahfudi, Salim, M. A., & Slamet, A. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Aerostreet (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(2), 333–344.
Manglo, B. S., Saleh, M. Y., & Suriani, S. (2021). Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja. Sulawesi Selatan: CV. Berkah Utami.
Maskur, A., & Lestaringingsih, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Word Of Mouth Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol 11 No, 20.
Muhid, A. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik Dengan SPSS For Windows. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–20.
Noviana, Qoyyimah, & Lestari, U. P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Eiger Di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15–27.
Noviyanti, I., & Rosalina, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ponsumen Pada UD. Pleximo Penjual Sepatu Di Kota Tangerang. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(3), 11. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i3.2670
Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, … Beribe, M. F. B. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Octavianita, R., & Darmawan, E. D. (2021). Pengaruh Personal Selling Terhadap Pencapaian Target Penjualan (Studi Kasus PT. Setiawan sedjati). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 8 No., 10.
Parasari, N. S. M., Mandira, I. M. C., & Yanti, N. P. M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sneakers Brand Lokal. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 21, 3(1), 14. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jdeb.v21i1.4389
Pedro. (2025). Pedro Shoes. Retrieved January 7, 2025, from https://www.pedroshoes.co.id/id/about-us.html
Purwaningrum, C. (2023). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Smiggle Pada Pengguna Instagram Jabodetabek. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, Vol. 4, No(Vol. 4 No. 6 (2024)), 12.
Rozak, A., & Hidayati, W. S. (2019). Pengolahan Data dengan SPSS. Yogyakarta: Erhaka Utama.
Saputri, L. E., & Utomo, A. (2021). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse Di Surakarta. Excellent : Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, Vol 8, No, 12.
Setiawan, R. A., Askolan, A., & Pauzy, D. M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen Erigo Official Shop Shopee.Co.Id Di Kota Tasikmalaya). Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 6(2), 16. https://doi.org/10.22441/jdm.v6i2.21900
Silalahi, R. M. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse” (Kasus Pada Mahasiswa Ykpn Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 18.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Research and Development (R&D),. Bandung: CV. Alfabeta.
Tawe, A., & Bado, B. (2022). Analisis Statistik Parametrik. In Yayasan Khalifah Cendekia Mandiri. Makassar: Yayasan Khalifah Cendekia Mandiri. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/32291/1/Buku penelitian dan statistik 20123 Final Editing.pdf
Tegowati, Winata, G., Martoatmodjo, Amiruddin, Kalbuadi, Ismail, K., … Fatima, S. (2021). Pengembangan Produk. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Vikaliana, R., Pujianto, A., Mulyati, A., Fika, R., Ronaldo, R., Reza, H. K., … Ulfa, L. (2022). Ragam Penelitian Dengan SPSS. Sukoharjo: Cv Tahta Media Group.
Vivi Alifiyah. (2024). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Jims Honey Di Sampit. E-Jurnal Surplus (Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan), Vol. 4/No., 10.
Wijaya, D. O. P., Rakhma, C., & Yusnita, R. T. (2022). Pengaruh Desain Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Toko Busana Muslim Rizar Collection). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, 17, 19–27.