Tugas Akhir Tsabita Mumtaz Setiawan

research
  • 21 Oct
  • 2025

Tugas Akhir Tsabita Mumtaz Setiawan

Perpustakaan saat ini tidak hanya sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi telah berkembang menjadi pusat informasi digital dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya melalui aplikasi perpustakaan berbasis web. Aplikasi Perpustakaan Jakarta berbasis web dirancang untuk memudahkan pengunjung mengakses layanan perpustakaan secara online. Penelitian ini bertujuan menganalisis kepuasan pengguna aplikasi tersebut menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan System Usability Scale (SUS) dengan 103 responden, sekaligus mengetahui sejauh mana aplikasi memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna serta memberikan masukan bagi pengembang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan jumlah kunjungan. Hasil UEQ menunjukkan nilai positif untuk seluruh aspek, dengan aspek daya tarik (1,36), kejelasan (1,32), ketepatan (1,22), efisiensi (1,20), dan stimulasi (1,18) termasuk kategori above average, sedangkan aspek kebaruan (0,30) mendapatkan kategori below average. Aplikasi mendapat skor SUS 75,34 yang masuk kategori acceptable, dengan kualitas berada pada grade B, dan tingkat kebergunaan Good. Hasil Net Promoter Score (NPS) menunjukkan kategori Passive mendekati Promoter, yang mengindikasikan mayoritas pengguna puas, meskipun masih bisa ditingkatkan kualitas layanannya.

Unduhan

  • File_1.pdf

    File_1

    •   diunduh 4x | Ukuran 547 KB
  • File_3.pdf

    File_3

    •   diunduh 3x | Ukuran 481 KB
  • File_2.pdf

    File_2

    •   diunduh 5x | Ukuran 154 KB
  • File_4.pdf

    File_4

    •   diunduh 3x | Ukuran 456 KB
  • Full Tugas Akhir_Tsabita.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 0x | Ukuran 2,641 KB

 

  • Full Tugas Akhir_Tsabita.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 0x | Ukuran 2,704,334
  • File_6.pdf

    File_6

    •   diunduh 2x | Ukuran 144,206
  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 2x | Ukuran 875,653
  • File_7.pdf

    File_7

    •   diunduh 2x | Ukuran 744,581
  • File_8.pdf

    File_8

    •   diunduh 3x | Ukuran 742,385

REFERENSI

  1. Endarti, “Perpustakaan Sebagai Tempat Rekreasi Informasi,” ABDI PUSTAKA J. Perpust. dan Kearsipan, vol. 2, no. 1, pp. 23–28, 2022, doi: 10.24821/jap.v2i1.6990.

[2]      G. S. Mutia, “Evaluasi kualitas layanan perputakaan umum daerah provinsi DKI berdasarkan metode Libqual+Tm,” Repos. UIN Jakarta, pp. 1–126, 2017, [Online]. Available: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38186

[3]      T. Sulistyaningsih and D. Widiyanto, “Pengaruh Layanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pengguna pada Perpustakaan MTs Yayasan Pembangunan Islam Pakem,” J. Educ. Technol., 2023.

[4]      L. Hs, Kamus Kepustakawanan Indonesia Edisi 4. Calpulis, 2017.

[5]      R. Nuraini, “PENGARUH KOMUNIKASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH INSTAGRAM TERHADAP MINAT KUNJUNG DI PERPUSTAKAAN JAKARTA CIKINI,” 2024. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/78767/1/SP23089.pdf

[6]      S. Azizah, “ANALISIS TINGKAT KUALITAS LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN UMUM JAKARTA CIKINI,” no. Table 10, 2024, [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/85756/1/Siti Nur Azizah-FAH.pdf

[7]      M. Alif Kresnanto, B. Trias Hanggara, and B. Sapta Prakoso, “Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire ( UEQ ) ( Studi pada RedDoorz dan Airy ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 10, pp. 3637–3646, 2020.

[8]      P. Kusumo, Pawenang, Herdjuno, “EVALUASI USER EXPERIENCE SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TUGAS AKHIR (SEKAWAN) INFORMATIKA UN IVERSITAS ISLAM INDONESIA MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) EVALUASI USER EXPERIENCE SISTEM I N FORMASI MANAJEMEN TUGAS AKHIR (SEKAWAN),” 2022, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/53814/18523040.pdf

[9]      S. Rohmah and M. Ary, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus pada Akulaku dan Kredivo Indonesia),” JSI J. Sist. Inf., vol. 5, no. 6, pp. 2118–2124, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/15085/0

[10]    J. Brooke, SUS: A “Quick and Dirty” Usability Scale. 1986. doi: 10.1201/9781498710411-35.

[11]    Rusito, Sumaryanto, Suprapti, and J. Susatyono, BUKU AJAR USER EXPERIENCE (UX) DESIGN. Eureka Media Aksara, 2016. [Online]. Available: https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/569204-buku-ajar-user-experience-ux-design-meto-57dae389.pdf

[12]    D. Kurniawan, BELAJAR PEMROGRAMAN WEB DASAR, vol. 11, no. 1. 2023. [Online]. Available: https://digilib.stekom.ac.id/ebook/view/belajar-pemrograman-web-dasar

[13]    R. Pamungkas, Teori dan Implementasi Pemrograman Web, vol. 11, no. 1. UNIPMA Press, 2018. [Online]. Available: https://eprint.unipma.ac.id/74/

[14]    M. S. Mohammad Suryawinata, Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. UMSIDA Press, 2019. doi: 10.21070/2019/978-602-5914-81-2.

[15]    DPR, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN. 2007. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/39968/uu-no-43-tahun-2007

[16]    Y. Winoto, DASAR-DASAR PELAYANAN PERPUSTAKAAN. Intishar Publishing, 2019. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/355473220_DASAR-DASAR_PELAYANAN_PERPUSTAKAAN

[17]    M. Schrepp, “User Experience Questionnaire Handbook,” pp. 1–15, 2019, [Online]. Available: www.ueq-online.org

[18]    I. N. Y. A. Si Gede Ngurah Kerta Sanjaya Arya Jelantik, I Putu Satwika, “Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ),” 2019, doi: http://dx.doi.org/10.35889/jutisi.v8i3.382.

[19]    M. T. Dr.Tenia Wahyuningrum, S.Kom., Mengukur Usability Perangkat Lunak. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2021. [Online]. Available: https://repository.ittelkom-pwt.ac.id/7797/1/Mengukur usability perangkat lunak.pdf

[20]    J. Sauro and L. James, QUANTIFYING THE USER EXPERIENCE. Elsevier, 2012. [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10

[21]    O. A. Yoeti, Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa, 1996.

[22]    L. Dewi, M. Surjadana, and R. Demolingo, MANAJEMEN PENGUNJUNG DI DESTINASI WISATA, no. 1. Jakarta: LPU - UNAS, 2023. [Online]. Available: http://repository.unas.ac.id/6262/1/Fix_Liliana Dewi_Buku ajar_Manajemen Pengunjung Di Destinasi Wisata_Februari 2023.pdf

[23]    DPR, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. 2009. [Online]. Available: https://berkas.dpr.go.id/akd/dokumen/komisi10-RJ-20240711-015012-6368.pdf

[24]    Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013. [Online]. Available: https://digilib.stekom.ac.id/ebook/view/METODE-PENELITIAN-KUANTITATIF-KUALITATIF-DAN-RND

[25]    Ayuningtyas, Modul Pelatihan Pemanfaatan Google Form. Universitas Dinamika, 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/338523442_MODUL_PELATIHAN_PEMANFAATAN_GOOGLE_FORM

[26]    Sari Anita et al., Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Angkasa Pelangi, 2023. [Online]. Available: http://repository.uniyap.ac.id/434/1/Buku Annita sari Dkk Dasar-dasar Metodologi Penelitian.pdf

[27]    D. Danendra, N. Oktadini, P. E. Sevtiyuni, A. Meiriza, and P. Putra, “Analisis User Experience Pada Website Dicoding Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” Indones. J. Comput. Sci., vol. 12, no. 5, pp. 3103–3113, 2023, doi: 10.33022/ijcs.v12i5.3456.

[28]    D. S. Fitriansyah and R. Riwinoto, “Analisis User Experience Web halal Batam Di Pusat Kajian Halal Politeknik Negeri Batam Menggunakan User Experience,” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 5, no. 2, pp. 67–76, 2021, doi: 10.30871/jamn.v5i2.3768.

[29]    S. Sahril, R. Ardiansyah, W. Wirdayanti, D. S. Angreni, and Y. Yudhaswana, “Penggabungan Metode System Usability Scale Dan User Experience Questionnaire Untuk Evaluasi Usability Sistem Informasi Mbkm Universitas Tadulako Dengan Pendekatan User Experience,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 4, 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i4.5548.

[30]    J. Jonathan, “Pengaruh Pencahayaan Buatan sebagai Penunjang Kualitas Visual bagi Pembaca pada Perpustakaan Jakarta Cikini,” 2023, [Online]. Available: https://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/18804

[31]    “Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta (DISPUSIP).” https://dispusip.jakarta.go.id/ (accessed May 26, 2025).

[32]    H. Dina, M. Dewi, A. Faroqi, and A. Pratama, “Evaluasi Perbandingan Pengalaman Pengguna Computer Based Test Pada Test.co.id dan Quizizz Menggunakan Metode UEQ,” Media Online), vol. 3, no. 6, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.918.

[33]    P. G. Subhaktiyasa, “Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, 2024, [Online]. Available: https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/2657/1498/14505

[34]    N. Rangkuti, “Evaluasi user experience pada aplikasi AYO SRC menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” vol. 75, no. 17, 2022, [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/5772

[35]      F. D. Ridwan and Y. Budiarti, “Analisis Aplikasi Identitas Kependudukan Digital Pada Dukcapil Kelurahan Kamal Muara dengan Metode System Usability Scale (SUS),” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 8, no. 2, p. 279, 2024, doi: 10.26798/jiko.v8i2.1250.