Website sebagai media informasi dan layanan pendidikan memiliki peranan penting dalam menunjang kegiatan operasional lembaga pendidikan. Namun, website Kahfi Education sebelumnya masih sangat sederhana dan kurang mearik beserta berupa landing page, sehingga tidak optimal dalam mendukung kebutuhan pengguna dan lembaga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang desain antarmuka website Kahfi Education menggunakan metode Design Thinking agar lebih interaktif, user-friendly, dan sesuai kebutuhan pengguna. Metode Design Thinking digunakan dengan melalui tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Pengujian usability dilakukan dengan menggunakan System Usability Scale (SUS) pada 30 responden sebelum dan sesudah redesign untuk memperoleh perbandingan tingkat usability. Hasil pengujian menunjukkan skor rata-rata SUS meningkat dari 53.17 pada website sebelumnya menjadi 80.25 setelah dilakukan redesign, dengan kategori “Excellent” pada interpretasi skor usability. Hal ini menunjukkan bahwa desain website yang dirancang dengan pendekatan Design Thinking berhasil meningkatkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan bagi pengguna Kahfi Education, sehingga dapat menunjang proses pembelajaran daring dengan lebih optimal.
File_8 Artikel Ilmiah
Full Tugas Akhir
File_7 Lampiran
[1] N. Tifani and S. Solehatin, “Pengembangan UI UX Landing Page Website SFV (Smart Fisheries Village) Dengan Menerapkan Metode Design Thinking,” INFORMATICS Educ. Prof. J. Informatics, vol. 9, no. 1, p. 44, 2024, doi: 10.51211/itbi.v9i1.2763.
[2] F. Risyda, Y. Gardenia, M. Awaludin, Y. Lucia, and R. Rehatalanit, “Perancangan Desain UI / UX Website Sekolah Menggunakan Metode User Centered Design,” vol. 9675, pp. 165–174, 2025.
[3] J. S. Prayogo, R. Kriswibowo, R. W. Febriana, and U. A. Medika, “PERANCANGAN DESAIN UI / UX KURSUS ONLINE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” vol. 2, no. 2, pp. 167–181, 2025.
[4] A. Rachman and J. Sutopo, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan Ui/Ux: Tinjauan Literatur,” Semant. Tek. Inf., vol. 9, no. 2, p. 139, 2023, doi: 10.55679/semantik.v9i2.45878.
[5] Interaction Design Foundation, “The Basics of User Experience Design,” Interact. Des. Found., pp. 58–64, 2018, [Online]. Available: https://riskcue.id/uploads/ebook/20220201181424-2022-02-01ebook181200.pdf
[6] Suparyanto and Rosad, “Pemrograman Web PHP Dasar Database Mysql Dengan Bootstrap,” vol. 5, no. 3. 2020.
[7] I. M. A. Setiawan, Graphical User Interface (GUI) Matlab dan Interface dengan Arduino. 2022. [Online]. Available: http://repository.polman-babel.ac.id/id/eprint/534/1/Graphical user Interface (GUI) Matlab dan Interface dengan Arduino.pdf
[8] V. Y. Alechnavicius, Get Into Ux. 2021.
[9] Barnum et al, Designing and Prototyping Interfaces with Figma, vol. 2, no. 2. 2020.
[10] R. Rusito, S. Sumaryanto, S. Suprapti, and J. D. Susatyono, Buku Ajar User Experience (UX) Design : Metodologi Konteks, Penelitian Pengguna, Prinsip-Prinsip Design Sampai Dengan Prototipe. Eureka Media Aksara, 2024.
[11] S. R. Wicaksono, Design Thinking untuk Inovasi Digital : Strategi dan Penerapan Praktis, no. January. 2025. doi: 10.5281/zenodo.14058892.
[12] R. Fahrudin and R. Ilyasa, “Perancangan Aplikasi ‘Nugas’ Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 35–44, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.714.
[13] H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, and D. H. Bangkalang, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 111–125, 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.560.
[14] S. Nurrohmah and R. Andrian, “Mendesain Ulang Tampilan UI Website Desa Sukamukti Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Teknol. dan Inf., vol. 13, no. 1, pp. 29–43, 2023, doi: 10.34010/jati.v13i1.8756.
[15] M. Raschintasofi and H. Yani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Learning Management System Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Manaj. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 343–353, 2023, doi: 10.33998/jms.2023.3.1.753.
[16] K. H. Lim and N. Setiyawati, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majuli Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inf. Technol. Ampera, vol. 3, no. 2, pp. 108–123, 2022, doi: 10.51519/journalita.volume3.isssue2.year2022.page108-123.
[17] A. Indah Pratiwi and S. Rani, “Implementasi Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Itinerary Wisata,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 3, no. 6, pp. 249–258, 2023, doi: 10.52436/1.jpti.303.
[18] R. Alamsyah, I. Maruf Nugroho, and S. Alam, “REDESIGN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI WASTU MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana 123,” Syariful Alam J. Ilm. Betrik, vol. 13, no. 02, pp. 152–159, 2022.
[19] N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, and M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i1.549.
[20] T. B. Ayu and N. Wijaya, “Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android,” MDP Student Conf., vol. 2, no. 1, pp. 68–75, 2023, doi: 10.35957/mdp-sc.v2i1.4065.
[21] J. Sauro and J. R. Lewis, “Chapter 8 - Standardized usability questionnaires,” J. Sauro and J. R. B. T.-Q. the U. E. (Second E. Lewis, Eds., Boston: Morgan Kaufmann, 2016, pp. 185–248. doi: https://doi.org/10.1016/B978-0-12-802308-2.00008-4.
[22] E. Haryono, M. Slamet, and D. Septian, “Statistika SPSS 28,” PT Elexmedia Komputindo. Jakarta., pp. 1–23, 2023.
[23] J. K. McDonald and E. Michela, “The design critique and the moral goods of studio pedagogy,” Des. Stud., vol. 62, pp. 1–35, 2019, doi: https://doi.org/10.1016/j.destud.2019.02.001.
[24] R. P. Sutanto, “Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra,” Nirmana, vol. 22, no. 1, pp. 41–51, 2022, doi: 10.9744/nirmana.22.1.41-51.
[25] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[26] A. A. Chairunnisa, S. Widodo, and N. W. A. Majid, “Perancangan Desain Ui/Ux Sistem E-Learning Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 6, no. 1, pp. 1–9, 2024, doi: 10.24076/joism.2024v6i1.1632.
[27] N. I. Assaufa and M. Arifin, “Perancangan UI / UX Aplikasi ‘ BISA ’ Dengan Pendekatan Design Thinking,” no. 2, pp. 50–61, 2023.
[28] F. C. Wardana and I. G. L. P. E. Prismana, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 3, no. 4, pp. 1–11, 2022, doi: 10.26740/jeisbi.v3i4.47740.
[29] S. Sugiyono and P. Lestari, “Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional),” 2021, Alvabeta Bandung, CV.
[30] N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian”.
[31] J. Nielsen, “Why you only need to test with 5 users,” 2000, Useit. com Alertbox.
[32] S. Widodo et al., Metodologi Penelitian. 2023.
[33] Z. I. Aditya Wardhana, Uji Validitas dan Reliabilitas pada Data Penelitian Kuantitatif, no. Juni. 2024. [Online]. Available: https://exsight.id/blog/2022/04/18/uji-validitas-realibilitas-di-kuisioner/