Analisis Usability Fitur Rekomendasi Konten AI pada Medsos Generasi Z Menggunakan Metode System Usability Scale

research
  • 20 Oct
  • 2025

Analisis Usability Fitur Rekomendasi Konten AI pada Medsos Generasi Z Menggunakan Metode System Usability Scale

Perkembangan teknologi digital, khususnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), telah menghasilkan sistem rekomendasi konten yang adaptif dan personal di media sosial. TikTok, Instagram, dan Facebook menjadi tiga platform populer yang memanfaatkan AI untuk menampilkan konten sesuai preferensi pengguna, terutama Generasi Z. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi tingkat usability fitur rekomendasi berbasis AI pada ketiga platform menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Pendekatan penelitian bersifat kuantitatif dengan survei terhadap 150 responden Generasi Z di Indonesia. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner SUS berisi 10 pernyataan, dengan analisis data melalui Microsoft Excel dan SPSS versi 25, meliputi uji validitas, reliabilitas, serta independent sample t-test untuk membandingkan skor antarplatform. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor SUS: Instagram memperoleh skor tertinggi (74,82), diikuti oleh Facebook (73,93), dan TikTok (69,52), menandakan tingkat kenyamanan dan kepuasan pengguna yang relatif lebih baik pada Instagram dan Facebook. Temuan ini berkontribusi pada bidang evaluasi interaksi manusia komputer dan dapat menjadi masukan bagi pengembang untuk meningkatkan relevansi, kemudahan penggunaan, dan transparansi sistem rekomendasi AI di media sosial, khususnya bagi Generasi Z di Indonesia.

 

 

Unduhan

  • File_4.pdf

    File_4

    •   diunduh 1x | Ukuran 1,411 KB
  • file_1.pdf

    File_1

    •   diunduh 4x | Ukuran 1,212 KB
  • File_2.pdf

    File_2

    •   diunduh 1x | Ukuran 356 KB
  • File_3.pdf

    File_3

    •   diunduh 1x | Ukuran 364 KB
  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 1x | Ukuran 808 KB

 

  • File_5.pdf

    File_5

    •   diunduh 1x | Ukuran 827,830
  • File_6.pdf

    FIle_6

    •   diunduh 1x | Ukuran 347,003
  • File_7.pdf

    File_7

    •   diunduh 3x | Ukuran 977,786
  • File_8.pdf

    File_8

    •   diunduh 3x | Ukuran 1,239,371
  • Full Laporan Tugas Akhir.pdf

    Full Tugas Akhir

    •   diunduh 2x | Ukuran 6,841,752

REFERENSI

 

[1] Ahmad Munir Al Mubarak, “ANALISIS IMPLEMENTASI TEKNOLOGI

ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SISTEM REKOMENDASI KONTEN

TIKTOK: STUDI KASUS PERSONALISASI FOR YOU PAGE,” Journal

of Social Media Marketing, vol.1 No. 01, no. 2, pp. 10–18, Jan. 2025.

[2] D. W. M. R. P. Maria Indriani Kurnia, “Analisis Peran Artifical Intelligence pada Konten Tiktok @dimulai.id Authors Maria Indriani Kurnia,” Jurnal Inovasi Komunikasi (JIKOM), vol.2, No. 2, no. Volume 2, No. 2, September2024, Jurnal Inovasi Komunikasi (JIKOM), pp. 47–55, Sep. 2024.

[3] S. M. F. M. Z. B. O. K. S. S. A. Siwitri Wulandari1, “Menguak Inspirasi dan Realitas Dunia Kerja Bagi Generasi Z: Sebuah Analisis Konten Tiktok,”Jurnal Ilmu Sosial, no. Vol. 3 No. 1 (2025): Multikultural: Jurnal Ilmu Sosial,56– 65, Mar. 2025.

[4] F. A. M. A. M. Ramdani Bur, “Pemanfaatan TikTok Sebagai Media Informasi Baru Generasi Z,” Jurnal Komunikasi Nusantara, vol. 5 No 1 (2023), no. vol 5No 1, Juli 2023,Jurnal Komunikasi Nusantara, pp. 178–188, Jul. 2023.

[5] A. A. S. M. I. F. Andreas Sang Aji Purbokusumo, “GENERASI Z DAN

INOVASI EKONOMI KREATIF MELALUI TIKTOK:SEBUAHPENDEKATAN SLR PRISMA,” Jurnal Revolusi Ekonomi dan Bisnis, vol. Vol 8 No 1, no. Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Revolusi Ekonomi dan Bisnis, pp. 66–75, Jan. 2025.

[6] Ahmad Munir Al Mubarak, “ANALISIS IMPLEMENTASI TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SISTEM REKOMENDASI KONTEN TIKTOK: STUDI KASUS PERSONALISASI FOR YOU PAGE,” Journal of Social Media Marketing, vol.1 No. 01, no. 2, pp. 10–18, Jan. 2025.

[7] A. A. S. M. I. F. Andreas Sang Aji Purbokusumo, “GENERASI Z DAN

INOVASIE KONOMIKREATIF MELALUI TIKTOK:SEBUAH PENDEKATAN SLR PRISMA,” Jurnal Revolusi Ekonomi dan Bisnis, vol. Vol 8 No 1, no. Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Revolusi Ekonomi dan Bisnis, pp. 66–75,Jan. 2025.

[8] F.H.A.S. M. I Nurul Huda,“(ANALISIS USABILITY TESTING MENGGUNAKAN METODE SUS (SYSTEM USABILITY SCALE)

TERHADAP KEPUASAN PENGGUNAAN FITUR APLIKASI TIKTOP SHOP),” Jurnal Sistem Informasi dan Sistem Komputer, vol. 8, No. 2, Jul. 2024.

[9] R. M. M. M. Qomarul Huda, “Evaluasi Usability pada Aplikasi Instagram Menggunakan Metode Usability Testing,” Jurnal Perangkat Lunak, vol. 5, No 3, pp. 259–270, Oct. 2023.

[10] Suci Ramadhani Arifin, “System Usability Scale (SUS) implementation in Ruang Baca Virtual – UT Library,” Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, vol. 14, no. 1, pp. 1–8, Apr. 2024.

[11] R. A. E. M. N. F. H. P. F. R. R. S. F. R. Novita Anggraini, “SYSTEM USABILITY SCALE VS HEURISTIC EVALUATION: A REVIEW,” Jurnal SIMETRIS, vol. 2, No. 2, no. 2, pp. 76–85, Aug. 2024.56

[12] M. Nanja, Y. Lasena, and H. Dalai, “Perancangan Sitem Uji Kebergunaan Aplikasi Berbasis Web Menggunakan System Usability Scale,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 6, no. 4, p. 2022, 2022, doi:10.35870/jti.

[13] S. Ardra Maulana Adwitiya Nugroho, “Optimalitas Perancangan Website:Pendekatan User Centered Design untuk Pengalaman Pengguna Berbagai Usia di Situs Jalan Cantik,” Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), vol. 9, No.1, no. 2, pp. 304–313, Mar. 2025.

[14] K.R.Febrianti, N. Azizah, and F. Rusadi, “PEMANFAATANKECERDASAN BUATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM MEMBANTU KINERJA PEMBELAJARAN,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), vol. 6, no. 1, pp. 210–226, Apr. 2025, doi: 10.52060/jipti.v6i1.2883.

[15] Y. Devianto and S. Dwiasnati, “Kerangka Kerja Sistem Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Indonesia,” Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, vol.10,no.1, p. 19, Apr. 2020, doi:10.22441/incomtech.v10i1.7460.

[16] Lambok Indri Nitami, “Perkembangan Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia Tahun 2000-Sekarang,” JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH, vol. 11, NO. 2, no. 1, pp. 69–74, Dec. 2023.

[17] S. S. S. Y. R. Bagus Fadlan Aulia, “Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Literasi Digital Masyarakat,” Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, vol. 2, No.2, no. 1, pp. 86–93, Jun. 2024.

[18] Oktavia Ramadhani and Khoirunisa Khoirunisa, “Generasi Z dan Teknologi :Gaya Hidup Generasi Z di Era Digital,” JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), vol. 3, no. 1, pp. 323–331, Jan.2025, doi:10.54066/jupendis.v3i1.2916.

[19] F. Awalia and Z. Zulkarnaini, “Memahami Pola Perilaku Generasi Z di Era Digital,” Jurnal Teknologi dan Sains Modern, vol. 2, no. 1, pp. 15–25, Feb.2025, doi: 10.69930/jtsm.v2i1.251.

[20] M. G. P. G. P. Teguh Lesmana, GENERASI Z DAN PERUBAHAN POLA KONSUMSI DI ERA DIGITAL. Kota Padang: GEMILANG PRESS INDONESIA , 2025.

[21] M. Y. Zaky Arganata, “PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA KOMUNIKASI GENERASI Z DALAM INTERAKSI SOSIAL,” JURNAL DINAMIKA SOSIAL DAN SAINS, vol. 2 No, 1, no. 2, pp. 122–134,Jan.2025.

[22] M. Yusuf and Y. Astuti, “System Usability Scale (SUS) Untuk Pengujian Usability Pada Pijar Career Center,” Komputika : Jurnal Sistem Komputer,vol. 9, no. 2, pp. 131–138, Oct. 2020, doi: 10.34010/komputika.v9i2.2873.

[23] M. G. P. G. P. Teguh Lesmana, GENERASI Z DAN PERUBAHAN POLA KONSUMSI DI ERA DIGITAL. Kota Padang: GEMILANG PRESSINDONESIA , 2025.

[24] S. H. W. Y. T. M. Patrick Jore Idota, “Evaluasi Aspek Usability pada Situs MyAlkes menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 7,No. 6, no. 1, pp. 2815–2824, Jun. 2023.

[25] N. Asnawi, M. Lenawati, R. Pamungkas, and D. Setiawan, “Usability Analysisof A Package Tracking System Using The System Usability Scale Method,”57 Brilliance: Research of Artificial Intelligence, vol. 4, no. 2, pp. 858–863, Jan. 2025, doi: 10.47709/brilliance.v4i2.5170.

[26] Firmansyah, “IMPLEMENTASI SYSTEM USABILITY SCALE PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ANGGARAN DAN KEGIATANDI BADAN PUSAT STATISTIK,” Technologia, vol. 12, No.3, no. 2, pp. 165–175, Jul. 2021 AD.

[27] Firmansyah, “IMPLEMENTASI SYSTEM USABILITY SCALE PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ANGGARAN DAN KEGIATAN DIMBADAN PUSAT STATISTIK,” Technologia, vol. 12, No.3, no. 2, pp. 165–175, Jul. 2021 AD.

[28] Bill Jelen; Michael Alexander, Microsoft Excel Pivot Table Data Crunching.Brett Bartow (Editor-in-Chief), Loretta Yates (Executive Editor), Charvi Arora (Sponsoring Editor): Pearson Education, Inc., 2019.

[29] M. A. Ana Zahrotun Nihayah, PROGRAM STUDI S1 PERBANKAN SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN WA.semerang : UIN Walisongo Semarang, 2019.

[30] M. M. dan Y. Walpole, Aplikasi Analisis Multivariate . New Jersey, United States: Pearson Education, 2016.

[31] Barrie Roberts, Beginner’s Guide to Google Forms, Revision 4. Seville, Spain:BazRoberts Resources (self-published via Amazon Kindle/iBooks), 2017.

[32] Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo, Google Forms: The Missing Manual,Cetakan pertama. Jakata : PT Rineka Cipta , 2018.

[33] L. Rabbani Prahasta, N. L. Fikriah, and Y. N. Afifah, “The Role of Social Media Use in Shaping Trust and Purchase Intention for Generative AI                Technologies,”2025.Available:http://ejournal.uinmalang.ac.id/index.php/ekono

[34] J. W. A. Lim, D. Deli, and D. A. Adnas, “Analisis Aplikasi E-Commerce pada Generasi Z dengan Pendekatan System Usability Scale,” MALCOM:Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 5, no. 2,645–655, Apr. 2025, doi: 10.57152/malcom.v5i2.1851.

[35] F. A. F. Fenny Purwani, “ANALISA USABILITYTESTING PADA SOSIAL MEDIA PROFESIONAL DENGAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE,” Jurnal Perangkat Lunak, vol. 6, No.3, no. 2, pp. 392–399, Oct. 2024.

[36] Tifani and R. Amalia, “Implementasi Sistem Usability Scale dalam Evaluasi Usability Tiktok 1,” JSAI: Journal Scientific and Applied Informatics, vol. 8,1, 2025, doi: 10.36085.

[37] K. S. Syifa Azzahra, “Usability Testing pada Aplikasi Mobile SnapChat Menggunakan System Usability Scale,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 10 No.2, no. 1, pp. 154–163, Dec. 2024.

[38] Fahriza Abdillah, “Analisis Evaluasi Penggunaan Aplikasi TikTok dengan Menggunakan Metode S ystem Usability Scale (SUS),” Journal of Vocational Education and Information Technology, vol. 4 No. 2, no. 1, pp. 57–61,Dec.2023.

[39] J. R. Lewis and J. Sauro, “Usability and User Experience: Design and Evaluation,” in Handbook of Human Factors and Ergonomics, wiley, 2021,972–1015. doi: 10.1002/9781119636113.ch38.

[40] M. Ulfah et al., “Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Mengenai Hipertensi dan Diabetes Melitus di Desa Kayuambon Lembang Kabupaten58 Bandung Barat,” Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp.187–192, Jun. 2024, doi: 10.35311/jmpm.v5i1.294.

[41] E. Y. D. S. N. Z. S. Agus Sulistiawan, “Validity and Reliability of Organizational Commitment using Confirmatory Factor Analysis (CFA),”Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, vol. 17, No 2, no. 2, pp. 134–144, Dec.2020

[42] D. M. D. U. Putra, A. S. Kusuma, A. G. Willdahlia, and N. K. N. N. Pande,“Evaluasi Usability E-Modul Basis Data Menggunakan Metode SystemUsability Scale (SUS),” Jurnal Ilmiah Global Education, vol. 5, no. 2, pp.1800–1809, Jun. 2024, doi: 10.55681/jige.v5i2.2764.

[43] I. M. Herawati and D. Azahra, “EVALUASI USABILITY WEBSITE JASUDA.NET MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS),”JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 9, no. 2, pp.994–1000, Jun. 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i2.4328.

[44] J. W. A. Lim, D. Deli, and D. A. Adnas, “Analisis Aplikasi E-Commerce pada Generasi Z dengan Pendekatan System Usability Scale,” MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 5, no. 2, pp. 645–655, Apr. 2025, doi: 10.57152/malcom.v5i2.1851.