Erwin Saputra, 11230078, Analisa Kinerja Sistem Aplikasi Penilaian Properti di Kantor Jasa Penilai Publik Joko Suratno Menggunakan Metode PIECES
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kinerja sistem aplikasi penilaian properti berbasis web dan di gunakan dalam proses pengolahan data penilaian di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Joko Suratno, dengan menerapkan metode PIECES yang mencakup enam aspek: Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, dan Service. Aplikasi tersebut telah dimanfaatkan dalam proses pengolahan data penilaian properti, namun masih ditemukan beberapa kendala pada proses penilaian masih belum sepenuhnya optimal dalam pengolahan data. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini, dengan data yang dikumpulkan dari kuesioner yang terlibat sebanyak 32 responden. Dari hasil penelitian diketahui bahwa seluruh variabel dalam metode PIECES berpengaruh terhadap kinerja sistem aplikasi, baik secara simultan maupun parsial. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kinerja sistem aplikasi penilaian telah tergolong cukup baik, meskipun masih diperlukan pengembangan lebih lanjut, khususnya pada aspek efisiensi dan kontrol. Penelitian ini memberikan rekomendasi peningkatan sistem berbasis integrasi data untuk menunjang efektivitas, efisiensi, dan keamanan dalam proses penilaian properti.
Full Tugas Akhir
[1] N. Triana and F. S. Papilaya, “Analisis Kinerja Aplikasi Sistem Informasi Cuti Elektronik Dengan Menggunakan IT Balanced Scorecard,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 715–726, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i2.906.
[2] M. Novriani et al., “Analisis Kinerja Sistem Aplikasi SMDD (Sistem Manajemen Dokumen Digital) dalam Pengelolaan Transaksi Keuangan dan Arsip Digital pada PT. Jasa Raharja Cabang Jambi dengan menggunakan Metode Pieces,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2912–2925, 2023.
[3] Y. Asmana, “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Mandiri Persero Tbk, di Jakarta Selatan,” J. Mhs. Manaj. dan Akunt., vol. 1, no. 2, pp. 81–92, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.stieganesha.ac.id/index.php/ekmabis/article/view/54
[4] E. Setiawan and E. Hartati, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Polisiku di Kota Palembang,” Teknomatika, vol. 12, no. 01, pp. 1–5, 2022.
[5] A. R. Hidayat and N. K. Tachjar, “Sistem Informasi Terintegrasi dengan System Development Life Cycle untuk Efisiensi Pengelolaan Data Bengkel Anjany,” bit-Tech, vol. 7, no. 1, pp. 184–193, 2024, doi: 10.32877/bt.v7i1.1611.
[6] Y. S. Mulyati, Konsep Sistem Informasi, vol. 3, no. 1. PT Inovasi Pratama Internasional, 2017. doi: 10.17509/jap.v3i1.6095.
[7] L. Ahmad and M. Wali, Sistem Informasi Manajemen : Buku Referensi: Sistem Informasi Manajemen. in 0. KITA Publisher, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=Jr2XDwAAQBAJ
[8] A. Nitami, A. A. Munthe, and Masrizal, “Sistem Informasi Reservasi Hotel Rantauprapat Berbasis Web Dengan FrameworkCodeigniter,” J. Student Dev. Inf. Syst., vol. 1, no. 3, pp. 7–17, 2021.
[9] N. Nursam, Manajemen Kinerja, vol. 2, no. 2. Airlangga University Press, 2017. doi: 10.24256/kelola.v2i2.438.
[10] Kevin Septianto Waluyo, Suyoto, and Joanna Ardhyanti Mita Nugraha, “Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Transaksi Bengkel Berbasis Desktop,” J. Inform. Atma Jogja, vol. 3, no. 1, pp. 68–75, 2022, doi: 10.24002/jiaj.v3i1.5907.
[11] A. D. Kurniawan, J. Nurjaman, M. Z. Arifin, and F. Fasya, “Peran Analis Sistem Dengan Perkembangan Perangkat Lunak,” JUKANTI (Jurnal Pendidik. Teknol. informasi)pendidikan Teknol. informasi), vol. 4, pp. 1–5, 2021.
[12] F. Wahab, M. R. Katili, and A. Zakaria, “Analisis Kinerja SIM e-SPTPD Menggunakan Metode PIECES di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Gorontalo,” vol. 4, no. 1, 2024.
[13] E. Suciati, Veronica Amapoli, “Mengenal Kantor Jasa Penilai Publik,” J. Pijar Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 179–190, 2023, [Online]. Available: https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb
[14] D. A. Rahmadani, P. A. M. Suwandewi, I. W. P. A. Sudharma, and M. L. S. Hartini, “Analisa penilaian properti rumah tinggal di Perumahan Kertha Raharja Kota Denpasar,” Nusant. Hasana J., vol. 2, no. 7, pp. 185–190, 2022.
[15] V. Nugraheni et al., “Perlunya Penilaian Properti pada Kantor Jasa Penilai Publik English Title: The urgency of Property Asesment on Public Appraisal Services Office,” J. COMMUNITY Dev. Soc., vol. 1, no. June, pp. 20–33, 2019.
[16] J. Barus and Abednego Priyatama, “Analisis Pendekatan Penilaian Properti Pada Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp Ruddy Barus Yenny Dan Rekan),” J. Akunt. dan Manaj. Bisnis, vol. 3, no. 3, pp. 176–182, 2023, doi: 10.56127/jaman.v3i3.1149.
[17] M. M. Filda Agmelia, S.Kom, M. E. Noorhasanah, S.Si, M. K. Wildan Mualim, and M. P. Halimatus Mukminna, S.Pd, Buku Ajar Pengantar Teknologi Informasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=UrogEQAAQBAJ
[18] B. Huda and B. Priyatna, “Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce,” Systematics, vol. 1, no. 2, p. 81, 2019, doi: 10.35706/sys.v1i2.2076.
[19] Nawassyarif, M. Julkarnain, and K. Rizki Ananda, “Sistem Informasi Pengolahan Data Ternak Unit Pelaksana Teknis Produksi Dan Kesehatan Hewan Berbasis Web,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 32–39, 2020, doi: 10.51401/jinteks.v2i1.556.
[20] Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 26–40, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74.
[21] Novria Rahma, M. K. Budi Kurniawan, and M. K. Suryanto, “Aplikasi Pemesanan Makanan Di Bebek dan Ayam Tekaeng Menggunakan Php dan Mysql,” J. Inform. dan Komput., vol. 13, no. No. 1, pp. 15–26, 2022.
[22] E. F. Harahap, S. Adisuwiryo, and R. Fitriana, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. in Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. wawasan Ilmu. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=XqCLEAAAQBAJ
[23] C. Crystanto, Abdul Munir S, and Hendra Surasa, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Mytelkomsel Menggunakan Pieces Framework,” KHARISMA Tech, vol. 19, no. 1, pp. 26–38, 2023, doi: 10.55645/kharismatech.v19i1.453.
[24] P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D. Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.
[25] I. Klara Butar Butar, A. Yoraeni, and U. N. Mandiri, “Analisis Kualitas Website Po. Agramas Menggunakan Metode Pieces,” Ijns.org Indones. J. Netw. Secur., vol. 11, no. 2, p. 78, 2022.
[26] A. Supriyatna and V. Maria, “Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 2, pp. 88–94, 2017, doi: 10.23917/khif.v3i2.5264.
[27] E. N. Halwa and A. Marwati, “Analisis Sistem Informasi Akademik Universitas Sunan Giri Surabaya Menggunakan Metode Pieces,” J. Ilm. Manaj. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 2, pp. 1–15, 2021, doi: 10.56873/jimik.v5i2.146.
[28] W. Sulistiyowati, “Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian,” Buku Ajar Stat. Dasar, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2017, doi: 10.21070/2017/978-979-3401-73-7.
[29] M. I. Irwansyah, “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan maskapai Garuda Indonesia dikota Yogyakarta,” J. Flight Attend. Kedirgant., vol. 4, no. 1, pp. 66–74, 2022.
[30] M. Darwi, Islamiyah, and M. L. Jundillah, “Penerapan Metode PIECES Framework Sebagai Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik,” Adopsi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 59–70, 2023, doi: 10.30872/atasi.v2i1.459.
[31] F. O. Baginda and M. Potale, “Analisis Kinerja Aplikasi Siransija Menggunakan Metode PIECES,” Diffus. J. Syst. …, vol. 3, no. 2, pp. 53–63, 2023,[Online].Available:https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/diffusion/article/view/19874%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/diffusion/article/viewFile/19874/7008
[32] R. C. Dianti and A. E. Handayani, “Pengaruh Pressure, Opportunity, dan Rationalization Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Akuntansi Pada Perkuliahan Online,” Soetomo Account. Rev., vol. 2, no. 4, pp. 607–619, 2024.
[33] J. I. Joko Prambudi, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Ukm Maleo Lampung Timur,” Pharmacogn. Mag., vol. 75, no. 17, pp. 399–405, 2021.
[34] Agrasadya and Wahyudi Al Mansyah, “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Gardener Pada Pt Iss Indonesia Area Pusat Pengelolaan Gbk Jakarta,” J. Cakrawala Ilm., vol. 1, no. 8, pp. 1933–1942, 2022, doi: 10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i8.1982.